Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Karakter Di Naruto Berlatar Belakang Menyedihkan

Setidaknya ada enam tokoh dalam serial Naruto Shippuden yang punya masa lalu dan latar belakang menyedihkan. Keberadaan mereka semua membuat alur cerita anime Jepang ini justru menjadi lebih menarik.

Inilah memang salah satu kelebihan dari anime Naruto dibanding yang lain, yaitu kaya akan karakter yang unik serta penuh konflik dan intrik yang menguras emosi.

Meski demikian, pada akhirnya semua berakhir dengan baik alias happy ending. Tentu ini cukup melegakan mengingat banyak film dan cerita yang mulai mengambil tren ending nggantung ataupun sad ending. 

Konflik-konflik yang terjadi, baik antara tokoh protagonis maupun antagonisnya membuat kisah Naruto menjadi sangat manusiawi. Ini seakan mendukung premis bahwa tidak selamanya orang jahat itu jahat. Bahkan dari beberapa karakter di Naruto, para fans bisa belajar bahwa terkadang orang jahat terbentuk dari kondisi lingkungan yang toksik.

Uchiha Madara

Madara bisa dibilang sebagai salah satu karakter dengan latar belakang menyedihkan. Merupakan seorang ninja yang kuat dan hanya bisa dikalahkan oleh Hashirama Senju, nyatanya Madara harus melihat klan Uchiha hidup dalam tekanan. 

Uchiha Sasuke

Kehidupan masa kecil Sasuke tidaklah mudah. Ia tercatat sebagai satu-satunya anggota klan Uchiha yang masih hidup, atau lebih tepatnya sengaja disisakan. Semua klan Uchiha termasuk kerabat dekat dan keluarganya mati dibantai. Lebih pahit lagi, ternyata sang pelaku pembantaian adalah kakak kandungnya sendiri, Uchiha Itachi.

Obsesi Sasuke untuk mencari tahu alasan klannya dibantai serta niat balas dendam yang besar membuatnya mengambil jalan yang salah. Ia menjadi musuh dari Konoha, desanya sendiri, sekaligus tak ragu bergabung dengan kelompok kriminal bernama Akatsuki. 

Bersama dengan timnya, ia menjadi anggota kelompok kriminal Akatsuki yang cukup disegani. Selain punya berbagai jutsu mengerikan, Uchiha Satsuke juga punya tekat yang kuat untuk menyingkirkan siapapun yang berani menghalangi misinya.

Uchiha Itachi

Itachi adalah kakak kandung Sasuke sekaligus pelaku tunggal pembantaian klan Uchiha. Itu berarti Itachi membunuh sanak saudara dan kerabatnya sendiri.

Namun siapa menyangka, ternyata perbuatan Itachi didasarkan atas loyalitasnya pada Konoha. Seperti diketahui, intelejen Konohagakure mendapat info bahwa dalam waktu dekat klan Uchiha sebagi keturunan dari Madhara akan memberontak. Tentu hal ini tidak bisa dibiarkan karena nanti Konoha terancam akan jatuh ke dalam pertempuran yang mengerikan sekaligus melelahkan.

Demi mencegah hal tersebut, para petinggi Konoha meminta Itachi membantai semua klannya sendiri. Tidak hanya itu, Itachi juga bergabung dengan Akatsuki untuk mematai-matai pergerakan dari kelompok tersebut. 

Gaara

Gaara memiliki masa lalu yang menyedihkan. Dia dijauhi oleh masyarakat dan harus menanggung beban yang berat sedari kecil yaitu sebagai Jinchuriki. Inilah yang membuat dirinya menjadi seorang yang pemurung, mudah marah dan cenderung kejam.

Namun setelah bertemu dengan Naruto dan kena jurus bacot no jutsu, Gaara berubah. Ia kemudian menjadi sosok yang ramah dan hangat. 

Pain Akatsuki

Pain Akatsuki sebenarnya adalah sebutan untuk sekelompok mayat ninja yang dikendalikan oleh Nagato. Dengan jurus yang mengerikan dan jutsu yang nyaris tidak ada bandingnya, Pain mampu menghancurkan Konoha, membunuh banyak orang, mengancam nyawa Hokage Tsunade dan hendak mengakhiri zaman ninja. Namun lagi-lagi, dengan bacot no jutsu, Naruto berhasil menghentikannya. 

uzumaki naruto dan karakter yang menyedihkan
Naruto Uzumaki, Hokage Konoha


Uzumaki Naruto

Inilah tokoh utama dalam serial ini, Uzumaki Naruto. Sejak kecil hidupnya sungguh mengenaskan. Ia mirip dengan Gaara, yakni terpilih untuk menjadi Jinchuriki. Kyubi atau rubah ekor sembilan disegel di dalam dirinya. 

Bukannya mendapat pujian dari masyarakat Konoha, orang-orang justru menjauhinya. Ia juga adalah yatim piatu sejak kecil. Hanya sedikit orang yang awalnya benar-benar mengasihinya, yakni Hokage ketiga dan Guru Kakashi.

Meski demikian, sifat pantang menyerah dari Naruto membuatnya tumbuh menjadi ninja yang kuat. Ia memiliki banyak jutsu hebat seperti kagebunshin no jutsu, rasengan dan yang paling ampuh, bacot no jutsu. Selain itu Naruto merupakan salah satu pengguna taijutsu terkuat di samping Guru Guy. 

_____

Itulah enam tokoh di serial Naruto dengan latar belakang yang menyedihkan. Meski demikian melalui amereka ada banyak nilai berharga yang bisa dipetik dari serial Naruto. Akankah Boruto juga mampu menyamai kesuksesan Naruto Shippuden? 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "6 Karakter Di Naruto Berlatar Belakang Menyedihkan"

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pilihan Hari Ini