Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perbedaan Utama Media Sosial dan Instant Messaging

Apa perbedaan mendasar antara media sosial dengan instant messaging? Ternyata meski nampak sama, dua hal tersebut memiliki beberapa hal yang berbeda.

Meski begitu, karena semakin dinamisnya perkembangan teknologi, algoritma serta fitur yang menyertai aplikasi-aplikasi dengan label media sosial ataupun instant messaging, lambat laun keduanya terlihat serupa dan bahkan identik alias sama persis.

Jadi, setidak-tidaknya ada tiga pendapat yang beredar mengenai social media dan instant messaging app. Ketiganya yaitu : 

  1. Pendapat pertama mengatakan bahwa instant messaging app dan social media sama persis sehingga tidak bisa dibedakan berdasarkan apapun. Hal ini cukup wajar jika kita melihat misalnya, Instagram yang juga bisa digunakan sebagai sarana mengirim pesan. 
  2. Pendapat kedua mengungkapkan jika instant messaging adalah bagian dari media sosial dan kedua aplikasi itu pada akhirnya berbeda namun tetap sama. Bingung? Jangan bingung. Intinya, instant messaging adalah fitur dari media sosial. Misalkan Twitter yang adalah platform medsos berbasis mikroblogging, yang ternyata juga bisa menjadi sarana saling pesan lewat DM. 
  3. Pendapat ketiga menyatakan bahwa media sosial berbeda dengan aplikasi instant messaging. Keduanya punya fungsi utama yang berlainan, meskipun pada hakikatnya, semakin ke sini semakin saling melengkapi. 

Nah, pendapat ketiga adalah pendapat yang selaras dengan pemikiran dari Catatan Adi, karena memang selain fungsi, fitur antara aplikasi pesan instan dengan platform media sosial adalah berbeda.

Persamaan Social Media dan Instant Messaging

  • Sama-sama bisa digunakan sebagai alat komunikasi.
  • Pada umumnya bisa diakses dari berbagai jenis gadget.
  • Memiliki fitur update status. 

Perbedaan Media Sosial dan Instant Messaging Apps

  • Di media sosial, seseorang bisa mengomentari status dari pengguna, dan komentar itu bisa dilihat banyak orang.
  • Di media sosial pada umumnya bisa mencari teman berdasarkan nama pengguna atau email. 
  • Bisa membuat group (seperti di Facebook atau Quora).
  • Mampu mengunggah konten tulisan yang panjang. Termasuk dalam bentuk caption.
  • Membutuhkan email untuk mendaftar.
beda medsos dan aplikasi pengirim pesan
Photo by Jeremy Bezanger on Unsplash

Jenis-Jenis Media Sosial

Berikut adalah beberapa jenis media sosial yang cukup populer di Indonesia maupun dunia beserta ciri khasnya. 

Media SosialCiri Khas
FacebookFacebook atau Fb bisa dikatakan sebagai pioner social media di dunia, setelah tumbangnya Friendster. Sebagai sebuah medsos, saat ini Facebook sangatlah lengkap. Selain memiliki fitur standard seperti berbagi foto, video, tulisan dan stiker, beberapa kelebihan fitur lainnya adalah : 
  • Marketplace sehingga bisa berjualan di Facebook
  • Instant article
  • Group 
  • Fanspage
  • Monetisasi
  • Channel berbayar
  • Facebook Developer Apps
  • Reels
Semua fitur itu nampaknya justru membuat Facebook terlewat lengkap dan kompleks, sehingga banyak orang yang mulai berangsur-angsur meninggalkannya. 
TwitterTwitter dikenal karena banyak hal : 
  • Platform medsos berbasis mikroblogging
  • Membatasi kiriman sehingga maksimal hanya 280 karakter
  • Mudah dipakai dan digunakan
Kultur anak Twitter bagi banyak orang sangat seru. Di Twitter pula muncul banyak istilah baru yang cenderung ekslusif namun kemudian menyebar dengan cepat ke luar Twitter, seperti alter, menfess, tubir, spill the tea, utas, TS, dll. 

Twitter menjadi salah satu media sosial ternama karena di dalamnya berisi banyak sekali politikus, pesohor, hingga akun perusahaan yang memberikan opini atau pernyataan kepada masyarakat melalui medsos ini. 
InstagramJenis medsos selanjutnya adalah Instagram atau yang disingkat Ig. Sebelumnya Ig sangatlah simpel, namun setelah diakuisisi oleh Meta/Facebook, ia menjadi sedikit rumit juga. 

Ig menjadi contoh medsos yang cukup gemilang, karena terus digunakan serta dikembangkan. Ig terutama berfungsi untuk mengunggah video dan foto. Ig juga punya fitur Reels dan IGTV meski masih kalah dari Tiktok. Cara ganti profil Instagram juga mudah sehingga bisa dialihkan dengan baik. 
YoutubeAdalah platform berbagai video yang makin hari makin dilirik karena sudah terkenal sebagai sarana menjadi terkenal atau mendapatkan uang melalui Google AdSense.
TiktokMeski terbilang baru, Tiktok mampu berdiri sejajar dengan Youtube, Twitter, Facebook dan Instagram. Banyak orang sekarang tertarik dengan Tiktok karena kreator di sana mengunggah berbagai video yang menyenangkan.

Kelebihan Tiktok antara lain : 
  • Algoritma berbasis FYP yang membuat orang tidak perlu lagi mencari konten tertentu atau harus berteman dengan kreator tertentu. Apa yang sedang trend, itu yang akan ditampilkan 
  • Cara penggunaannya juga mudah
  • Tiktok gratis
  • Ada Tiktok Shop
  • Ada berbagai kampanye dari perusahaan untuk para kreator.
  • Bisa sebagai sumber penghasilan. Ada 10 cara mendapatkan uang dari Tiktok yang bisa dipilih. 
PinterestIni adalah platform media sosial yang dipenuhi konten gambar dan video yang estetik, menarik, dan indah. Banyak orang menggunakan gambar dari Pinterest untuk berbagai kepentingan. 
LineLine berada di tempat di antara messaging app dan social media. Namun semakin hari, aplikasi ini semakin memantapkan diri sebagai media sosial. Line punya basis penggunanya sendiri dengan aura yang jauh berbeda daripada Facebook atau Quora misalnya. 
QuoraCiri Khas dari Quora adalah platform tanya jawab. Jadi para pengguna bisa saling bertanya dan menjawab.

Quora bahasa Indonesia mulai meluncur beberapa tahun lalu dan langsung mendapatkan minat tinggi dari netizen tanah air. Awalya Quora terlihat mirip LinkedIn namun semakin lama bahasa yang digunakan juga makin luwes.

Beberapa fitur menarik Quora antara lain : 
  • Space atau ruang. Mirip dengan fanspage di Facebook
  • Terdapat kurasi dari pihak Quora untuk menentukan penulis terbaik setiap bulannya.
  • Terdapat Quora Partership Program yang memberikan uang kepada penanya yang jawabannya memiliki banyak views. Namun program ini nampaknya tidak seramai dulu
  • Sering ada meet-up unofficial yang diselenggarakan aktivis Quora. 
MediumSempat meroket dan menjadi salah satu media sosial blog terbaik di dunia, Medium mulai tergeser oleh Quora. 

Di Medium, pengguna biasanya adalah seorang esais, penulis, novelis, atau mereka yang suka membuat konten dalam bentuk tulisan panjang. Memang ini adalah bentuk lain dari Blog. Semua bisa membuat blog di Medium karena memang ini gratis hingga saat ini. 

Medium punya program khusus bernama Medium Partership Program dimana hanya pengguna versi premium yang bisa mengakses tulisan tertentu. Penulis pada akhirnya mendapatkan penghasilan dari sana. 
LinkedInContoh medsos lainnya adalah LinkkedIn yang memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh medsos lainnya, yaitu suasana yang formal.

LI atau LinkedIn memang medsos yang digunakan untuk mencari kerja, mencari pekerja, menawarkan jasa/profesi/keahlian hingga membuat kelas berbayar.

Mereka yang aktif di LinkedIn juga punya gaya bahasa yang jauh berbeda dengan, misalnya, Twitter. Foto yang digunakanpun biasanya dipilih agar terlihat profesional dan rapi. 
Twitch Adalah contoh media sosial berbasis game dimana penggunanya bisa streaming pertandingan game yang dimainkan. Orang lain selain menonton juga bisa memberi komentar. 

Twitch makin terkenal karena berhasil bekerja sama dengan banyak perusahaan game terkenal sehingga mampu menarik banyak orang untuk menggunakannya. 

Tentu saja masih banyak sekali contoh platform social media yang ada di dunia ini, namun di atas adalah contoh platform yang cukup populer digunakan hingga saat ini. 

Jenis-Jenis Instant Messaging

Berikut adalah contoh-contoh aplikasi pesan instan yang cukup populer di dunia maupun Indonesia, baik yang masih ada maupun sudah tidak beredar lagi. 

Nama Aplikasi Instant MessagingCiri Khas
WhatsAppAdalah aplikasi pesan instan paling populer di Indonesia. Whatsapp atau biasa disebut juga WA punya banyak kelebihan yang membuatnya begitu digemari, antara lain sebagai aplikasi pesan instant pertama setelah BBM yang mudah digunakan, mampu mengirimkan file berbentuk dokumen, audio, video dan gambar kepada pengguna lainnya, gratis, serta ringan.

WA juga punya kelebihan lainnya, yakni mampu menunjukkan status dan story serta bisa terkoneksi dengan PC. 

Selain itu WA juga punya versi bisnis yang tentu saja bisa dimanfaatkan untuk para pemilik usaha. 
MessengerAwalnya Messenger adalah bagian dari Facebook. Entah karena pertimbangan apa, aplikasi ini kemudian dilepas dari FB dan berdiri sendiri. 

Kelebihan Messenger adalah : 
  • Pengguna bisa saling terhubung jika memang sudah terhubung (atau bahkan belum) di Facebook.
  • Sangat baik untuk pemilik usaha karena tertaut dengan fitur Marketplace Facebook.
  • Memungkinkan pengguna mengunggah status berupa video pendek, mirip Reels. 
TelegramInilah aplikasi paling kreatif yang menjadi pesaing utama dari WA. Telegram muncul sebagai tandingan WhatssApp, khususnya setelah merebaknya isu WA akan berbayar dan keamanan privasi.

Telegram sangat mementingkan keamanan Privasi. Selain itu, Telegram sudah bertumbuh layaknya aplikasi semi-medsos, dimana terdapat Channel dan Group. 
SnapchatSnapchat adalah aplikasi pesan berbasis multimedia. Snapchat sangat terkenal karena di awal, aplikasi inilah yang mempopulerkan filter ataupun status berupa video pendek, mirip Reels di Instagram dan Facebook. 
BBMBlackberry Messenger atau biasa disebut sebagai BBM merupakan pioner bagi aplikasi pengiriman pesan. BBM bisa digunakan di ponsel berjenis Blackberry yang cukup laris sejak 2009 - 2016. Sayang sekali seiring dengan kemunduran Blackberry, aplikasi BBM akhirnya hilang.

Meski demikian, BBM mencatatkan diri sebagai instant messaging apps pertama yang bisa digunakan semudah SMS namun mampu mengirimkan berbagai konten, seperti misalnya kontak, video, audio dan gambar. 
Nexian MessengerNampaknya ingin mengikuti jejak kepopuleran Blackberry dengan BBM-nya, ponsel Nexian meluncurkan Nexian Messenger. Sayang sekali aplikasi ini juga kalah bersaing dengan WhatsApp. 
SignalSignal adalah aplikasi pengiriman pesan dan data antar pengguna yang cukup populer di tahun 2018-2019, yakni ketika WA diterpa isu keamanan siber. 

Signal memiliki fitur proteksi pesan sehingga tidak akan ada yang tahu isi pesan pengguna jika memakai layanan ini. 

Selain itu Signal juga gratis dan mengutamakan keamanan dengan sistem enkripsi penuh. 
WeChatWeChat sangat populer karena ada fitur mencari teman sesama pengguna disekitar atau nearby friends. Dengan fitur ini, para pengguna WeChat bisa saling terhubung atau menjalin kontak. Untuk lini bisnis tertentu, hal ini sangatlah penting. 
Kakao TalkKakao Talk sangat terkenal karena dua hal : 
  1. Ini adalah aplikasi pesan pertama yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan berbasis internet, bukan pulsa, jauh sebelum WA memilikinya.
  2. Aplikasi ini sangat populer di Korea Selatan dan karena kepopuleran kultur K-Pop maupun K-Drama, aplikasi Kakao Talk juga ikut tergeret naik. 
Selebihnya, Kakao Talk mirip Line atau WeChat yang mengutamakan layanan pengiriman dengan display yang gaul dan penuh stiker lucu. 
Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Utama Media Sosial dan Instant Messaging "