Cara Menangkis Ilmu Santet Secara Kristen


Catatan Adi – Santet adalah salah satu jenis ilmu hitam paling berbahaya yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, khususnya suku Jawa.

Santet begitu tenar dan melegenda karena dipercaya mampu membuat seseorang menjadi sakit-sakitan, gila bahkan meninggal dunia.

Cara Menangkis Ilmu Santet Secara Kristen
Ilmu Santet


Asal Usul Ilmu Santet


Pengertian Santet


Seperti apa ilmu santet itu? Lalu bagaimana cara melawannya?

Santet berasal dari tanah Jawa, khususnya Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Madura. Walau begitu, ilmu hitam satu ini sudah kadung terkenal ke seantero nusantara.

Sebenarnya santet sendiri bisa tergolong sebagai teluh atau guna-guna, namun dengan kadar resiko yang mengerikan.

Cara Kerja Santet


Lalu bagaimana cara kerja santet? Ada banyak kisah yang mengungkapkan bagaimana seluk beluk ilmu hitam yang satu ini bekerja melukai korbannya.

Sebagai sebuah ilmu hitam, santet sangat berbahaya. Para pelaku santet biasanya adalah dukun berilmu tinggi yang mampu menciderai seseorang dari jarak jauh dan tanpa bertemu muka dengannya.

Dalam banyak cerita, para dukun ini bekerja sesuai dengan pesanan dari seseorang untuk melukai atau bahkan membunuh korbannya hanya demi imbalan uang dan kekayaan.

Media yang digunakan bermacam-macam. Ada yang dengan foto, rambut, kuku, pakaian atau barang seseorang yang akan disantet.

Sebelumnya Sang Dukun akan menjelaskan beberapa pantangan bila ada termasuk menanyakan akan diserang dengan cara bagaimana si korban.

Jika sudah berdiskusi dengan sang pemakai jasa, maka dukun akan mulai bekerja. Di titik ini, maka keselamatan si korban sedang di ujung tanduk.

Silet Yang Nyangkut Di Usus Hingga Tewas Mendadak


Korban kemudian akan dilukai. Dalam beberapa versi, Sang Dukun akan mengirimkan barang-barang berbahaya ke tubuh target santet. Maka jangan heran ada korban teluh yang muntah darah bercampur silet, paku, jarum, uang koin hingga pecahan beling.

Santet juga bisa membuat seseorang menjadi hilang kewarasannya. Sang korban akan dibuat gila alias sakit jiwa tanpa sebab apapun.

Dalam level tertentu, santet juga bisa mengakibatkan kematian. Sungguh mengerikan ilmu hitam yang satu ini. Korban dibuat tidak bernyawa.

Cara Menghadapi Santet


Lalu bagaimana cara menghadapi ilmu santet secara Kristen? Pertama-tama, kita harus yakin bahwa Tuhan Yesus adalah Raja dari segala raja. Ia berkuasa atas apapun juga.

Dalam Kitab Injil, berkali-kali setan berusaha menjatuhkan dan mengganggu Yesus, tetapi Tuhan kita menghardik mereka dengan tegas. Para iblis itu akhirnya kalah.

Begitupula di Perjanjian Lama, Allah memusnahkan para pelaku tenung dan teluh dan memerintahkan Israel untuk menjauhi praktik ilmu hitam. Ini menandakan Tuhan membenci kegiatan sejenis ini.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menangkis santet maupun teluh, diantaranya :

Yakin


Pertama adalah yakin dan tetap tenang. Kita harus percaya bahwa kita sudah diselamatkan oleh darah Yesus melalui penebusan di kayu salib.

Saat darah itu menetes ke bumi, maka praktis kuasa kegelapan dikalahkan dan kita sebagai anak-anak terang memperolah pembebasan.

Jika kita yakin pada kuasa Tuhan Yesus, maka kita tidak boleh takut. Justru ketika panik dan menjadi ketakutan, hal yang demikian bisa membuka pintu bagi kuasa gelap untuk masuk.

Berdoa


Doa adalah nafas hidup orang percaya. Semakin sering kita berdoa dengan benar, maka Tuhan akan semakin dekat.

Tentu tak dapat dipungkiri bahwa ada berbagai jenis kuasa gelap yang mungkin akan membuat kita gentar. Tetapi Tuhan sudah berjanji bahwa Roh Kudus sudah tercurah atas kita.

Berpuasa


Tuhan Yesus sendiri yang meminta kita untuk berpuasa jika menghadapi jenis kekuatan gelap tertentu yang memang besar kuasanya.

Para Bapa Gereja jaman dulu juga akrab dengan puasa dan hidup prihatin. Hal ini dipercaya mampu menguatkan iman kita dan membuat hati menjadi lebih teduh.

Mengadakan Kebaktian Bersama


Adakanlah kebaktian sesering mungkin. Bisa dengan seisi rumah, keluarga terdekat ataupun mengundang jemaat yang lain.

Nyanyikan puji-pujian bagi Allah dan berdoa bersama serta bersafaat diyakini mampu mempertebal keyakinan kita akan kuasa Kristus Sang Pembebas sejati.

Meminta Bantuan Pendeta dan Majelis Gereja


Jika memang dirasa perlu, maka berkonsultasilah dengan pihak Gereja. Ceritakan pergumulan kita pada majelis, pendeta atau gemba sidang.

Ada beberapa hamba Tuhan yang memang mendalami hal-hal seperti cara melawan roh kegelapan, termasuk santet.

Untuk itu, jika ada yang dirasa tidak beres, maka segerelah bicarakan hal ini dengan gereja. Mereka pasti akan dengan senang hati membantu Anda.

Apakah Anda pernah memiliki pengalaman dengan ilmu santet? Pernah menjadi korban teluh dan tenung? Mari bagikan kisah Anda di kolom komentar.

0 Response to "Cara Menangkis Ilmu Santet Secara Kristen"

Post a Comment

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel