Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menangkis Ilmu Santet Secara Kristen

Santet adalah salah satu jenis ilmu hitam paling berbahaya yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, khususnya suku Jawa. Banyak orang mempercayai akan adanya ilmu sihir yang satu ini. Untuk itu mereka kemudian mencoba mencari cara mengalahkan santet secara Kristen ataupun agama yang mereka peluk.

Cara melindungi diri dari santet secara Kristen sebenarnya sudah terpampang nyata di Alkitab. Namun karena ketakutan akan santet yang  begitu tenar dan melegenda karena dipercaya mampu membuat seseorang menjadi sakit-sakitan, gila bahkan meninggal dunia sehingga banyak orang justru terperosok dengan meminta tolong orang yang dianggap pintar atau dukun. 

Daftar Isi
Melawan Ilmu Santet Secara Kristen
Ilmu Santet

Asal Usul Ilmu Santet 

Seperti apa ilmu santet itu? Lalu bagaimana cara melawannya? Santet adalah ilmu tenung yang berasal dari tanah Jawa, khususnya Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Madura. 

Walau begitu, ilmu hitam satu ini sudah kadung terkenal ke seantero nusantara. Sebenarnya santet sendiri bisa tergolong sebagai teluh atau guna-guna, namun dengan kadar resiko yang mengerikan. 

Cara Kerja Santet 

Lalu bagaimana cara kerja santet? Ada banyak kisah yang mengungkapkan bagaimana seluk beluk ilmu hitam yang satu ini bekerja melukai korbannya. Sebagai sebuah ilmu hitam, santet sangat berbahaya. 

Para pelaku santet biasanya adalah dukun berilmu tinggi yang mampu menciderai seseorang dari jarak jauh dan tanpa bertemu muka dengannya. 

Dalam banyak cerita, para dukun ini bekerja sesuai dengan pesanan dari seseorang untuk melukai atau bahkan membunuh korbannya hanya demi imbalan uang dan kekayaan. 

Media yang digunakan bermacam-macam. Ada yang dengan foto, rambut, kuku, pakaian atau barang seseorang yang akan disantet. Sebelumnya Sang Dukun akan menjelaskan beberapa pantangan bila ada termasuk menanyakan akan diserang dengan cara bagaimana si korban. Jika sudah berdiskusi dengan sang pemakai jasa, maka dukun akan mulai bekerja. Di titik ini, maka keselamatan si korban sedang di ujung tanduk. 

Silet yang Nyangkut Di Usus Hingga Tewas Mendadak 

Korban kemudian akan dilukai. Dalam beberapa versi, Sang Dukun akan mengirimkan barang-barang berbahaya ke tubuh target santet. Maka jangan heran ada korban teluh yang muntah darah bercampur silet, paku, jarum, uang koin hingga pecahan beling. 

Santet juga bisa membuat seseorang menjadi hilang kewarasannya. Sang korban akan dibuat gila alias sakit jiwa tanpa sebab apapun. Dalam level tertentu, santet juga bisa mengakibatkan kematian. Sungguh mengerikan ilmu hitam yang satu ini. Korban dibuat tidak bernyawa. 

Baca juga : 21 Universitas Kristen / Katolik TERBAIK di Indonesia.

Cara Menangkal Santet   

Lalu bagaimana cara menghadapi dan mengalahkan ilmu santet secara Kristen? Pertama-tama, kita harus yakin bahwa Tuhan Yesus adalah Raja dari segala raja. Ia berkuasa atas apapun juga. Dalam Kitab Injil, berkali-kali setan berusaha menjatuhkan dan mengganggu Yesus, tetapi Tuhan kita menghardik mereka dengan tegas. Para iblis itu akhirnya kalah. Begitupula di Perjanjian Lama, Allah memusnahkan para pelaku tenung dan teluh dan memerintahkan Israel untuk menjauhi praktik ilmu hitam. Ini menandakan Tuhan membenci kegiatan sejenis ini. 

Memiliki Iman (Yakin)

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menangkis santet maupun teluh, diantaranya : Yakin Pertama adalah yakin dan tetap tenang. Kita harus percaya bahwa kita sudah diselamatkan oleh darah Yesus melalui penebusan di kayu salib. Saat darah itu menetes ke bumi, maka praktis kuasa kegelapan dikalahkan dan kita sebagai anak-anak terang memperolah pembebasan. Jika kita yakin pada kuasa Tuhan Yesus, maka kita tidak boleh takut. Justru ketika panik dan menjadi ketakutan, hal yang demikian bisa membuka pintu bagi kuasa gelap untuk masuk. 

Berdoa 

Doa adalah nafas hidup orang percaya. Semakin sering kita berdoa dengan benar, maka Tuhan akan semakin dekat. Tentu tak dapat dipungkiri bahwa ada berbagai jenis kuasa gelap yang mungkin akan membuat kita gentar. Tetapi Tuhan sudah berjanji bahwa Roh Kudus sudah tercurah atas kita. 

Berpuasa 

Tuhan Yesus sendiri yang meminta kita untuk berpuasa jika menghadapi jenis kekuatan gelap tertentu yang memang besar kuasanya. Para Bapa Gereja jaman dulu juga akrab dengan puasa dan hidup prihatin. Hal ini dipercaya mampu menguatkan iman kita dan membuat hati menjadi lebih teduh. 

Mengadakan Kebaktian Bersama 

Adakanlah kebaktian sesering mungkin. Bisa dengan seisi rumah, keluarga terdekat ataupun mengundang jemaat yang lain. Nyanyikan puji-pujian bagi Allah dan berdoa bersama serta bersafaat diyakini mampu mempertebal keyakinan kita akan kuasa Kristus Sang Pembebas sejati. 

Meminta Bantuan Pendeta dan Majelis Gereja 

Jika memang dirasa perlu, maka berkonsultasilah dengan pihak Gereja. Ceritakan pergumulan kita pada majelis, pendeta atau gemba sidang. 

Ada beberapa hamba Tuhan yang memang mendalami hal-hal seperti cara melawan roh kegelapan, termasuk santet. Untuk itu, jika ada yang dirasa tidak beres, maka segerelah bicarakan hal ini dengan gereja. Mereka pasti akan dengan senang hati membantu Anda. 

Apakah Anda pernah memiliki pengalaman dengan ilmu santet? Pernah menjadi korban teluh dan tenung? Mari bagikan kisah Anda di kolom komentar.

Mengembalikan Santet Kepada Pengirimnya

Jika Anda pernah merasa punya keinginan untuk mengembalikan santet kepada pengirimnya, maka itu juga perbuatan tidak terpuji dan mendekati sesat.

Tuhan Yesus berkata bahwa kita harus mengikuti hukum kasih, yakni mengasihi musuh. Memang berat tetapi jika Tuhan yang meminta pasti Ia akan mengirimkan Roh Kudus untuk membantu kita melalui hal itu.

Di samping itu, usaha mengembalikan santet kepada pengirimnya bisa berarti dua hal : 

  1. Anda menjadi praktisi santet juga
  2. Anda membiarkan setan merasuki diri Anda dalam bentuk dendam kesumat

Kedua hal di atas tidak ada untungnya bagi Anda. Biarkan Roh Kudus yang bekerja. Ingat, Tuhan tidak akan membiarkan siapapun mencelakakan anak-anakNya. 

Bacaan Lebih Lanjut 

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Posting Komentar untuk "Cara Menangkis Ilmu Santet Secara Kristen"