Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Negara Berpenduduk Hindu Terbesar Di Dunia

Hindu adalah salah satu agama tertua di dunia. Ajaran Hindu sangat kaya akan variasi dan mazhab, meski begitu pada umumnya mereka dipersatukan dengan beberapa hal, seperti percaya pada Trimurti, reinkarnasi, karma dan beberapa kitab suci. 

Dalam perkembangannya, Hindu tidak hanya dipeluk oleh orang India saja. Ada beberapa negara yang ternyata juga merupakan negara dengan jumlah penduduk Hindu yang besar, semisal Malaysia di Asia Tenggara dan Inggris di Eropa.

Negara Berpenduduk Hindu Terbesar Di Dunia
Agama Hindu

10 Negara Dengan Penduduk Hindu Terbesar di Dunia

Daftar berikut tidak berisi negara-negara dengan mayoritas penduduknya adalah Hindu, melainkan negara dengan jumlah pemeluk agama Hindu yang besar dibanding negara lainnya.

Daftar negara dengan penduduk Hindu terbesar di dunia
Daftar negara dengan penduduk Hindu terbesar di dunia

India 

Bukan hal yang mengejutkan bila India berada di posisi teratas dari daftar negara Hindu terbesar. Hal ini karena negeri itu adalah tempat kelahiran Hindu, selain juga Jainisme, Sikh dan Buddhisme.

Jumlah penduduk Hindu di India mencapai lebih dari 1 milyar orang dengan total persentasi dari seluruh penduduk adalah 79.8%. Selain Hindu, India juga rumah bagi jutaan orang Muslim dan Kristen. 

Nepal

Sejak peristiwa perang sipil di awal milenium ini, Nepal akhirnya meninggalkan statusnya sebagai sebuah kerajaan Hindu terakhir yang bertahan di bumi. Walau diperintah oleh partai-partai kiri dan sosialis, namun Hindu masih merupakan agama terbesar di Nepal yang dipeluk oleh 23.5 juta orang. 

Banglades

Banglades adalah pecahan Pakistan dan juga pecahan India. Meski merupakan negara muslim dengan penduduk tentu saja mayoritas adalah orang Islam, namun di sini terdapat 14 juta orang Hindu. Sebuah angka yang tentu saja masih sangat besar. 

Indonesia

Pada zaman dahulu, ada banyak kerajaan bercorak Hindu-Buddha di Indonesia, mulai dari Tarumanegara hingga Blambangan. Namun, kini basis terkuat Hindu ada di Pulau Bali. Jumlah orang Hindu di Indonesia adalah sektiar 4 juta orang. 

Pakistan 

Dahulu, Pakistan, India dan Banglades adalah satu negara. Kemudian terjadi peristiwa Partisi India, dimana akhirnya Pakistan memisahkan diri. Salah satu alasannya adalah adanya perbedaan secara budaya dan agama. Walau mayoritas orang Pakistan adalah muslim, namun ada sekitar 3 juta lebih penduduk negeri itu yang menganut Hindu. 

Srilanka

Ada dua agama terpenting di Srilanka, yakni Buddha dan Hindu. Agama Hindu biasanya dianut oleh suku Tamil. Pada periode 1990-2000an, Srilanka digoyang kerusuhan karena aktivitas dari organisasi bernama Macan Tamil. 

Amerika Serikat

Meski terpisah jauh dari India, namun Amerika Serikat adalah negara Hindu terbesar ketujuh di dunia. Ada lebih dari 2 juta orang Amerika yang menganut Hindu. Mayoritas memang imigran dan anak-anak imigran. 

Beberapa konsep dalam Hindu semakin populer di Amerika Serikat, semisal karma, yoga dan veganisme. Meski belum tentu orang-orang yang mempelajari konsep itu akhirnya beralih menjadi seorang Hindu. 

Malaysia

Dalam situs world population review dijelaskan bahwa Hindu adalah agama terbesar keempat di Malaysia. Banyak orang Hindu Malaysia yang berasal dari imigran India, meski fakta menjelaskan bahwa Hinduisme sudah mengakar kuat sejak dahulu, khususnya di semenanjung Malaya. 

Inggris Raya

Sama seperti Amerika Serikat, mayoritas Hindu di Inggris Raya adalah imigran dari Asia Selatan. Hinduisme hadir di Inggris sejak awal abad 19, yakni ketika India menjadi bagian dari jajahan Kerajaan Inggris. 

Mauritius 

Secara persentase, ada lebih dari 60% penduduk negara Mauritus yang merupakan orang Hindu. Ini menjadikan Mauritius sebagai negara mayoritas Hindu ketiga di dunia, setelah India dan Nepal, dimana agama Hindu dianut lebih dari setengah populasi. 

Hindu Secara Persentase

Ada beberapa negara yang memiliki persentase Hindu yang cukup besar, namun jumlah total populasinya sedikit. Berikut adalah urutan negara berpenduduk Hindu terbesar menurut persentase dibanding total jumlah penduduk. 

  1. Nepal (81.3%)
  2. India (79.8%)
  3. Mauritius (81.3%)
  4. Fiji (48.5%)
  5. Guyana (27.7%)
  6. Bhutan (22.6%)
  7. Trinidad dan Tobago (22.5%)
  8. Suriname (22.3%)
  9. Qatar (13.8%)
  10. Srilanka (12.6%)

Memang sangat mengejutkan, karena jika dilihat dari data di atas, Nepal berada di atas India. Fakta mengejutkan lainnya, Hindu ternyata merupakan agama yang penting di Karibia dan Pasifik Selatan. Terakhir, persentase penduduk Hindu di Qatar ternyata lebih besar dari Srilanka.

Sumber

  • World Population Review
  • The Arda
Hindu dengan populasi Hindu besar
Umat Hindu di Indonesia

Selain Hindu, India juga memiliki populasi Muslim, Kristen dan bahkan Zoroaster yang cukup signifikan. Baca artikel tentang 15 macam agama di dunia beserta sejarahnya. 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Negara Berpenduduk Hindu Terbesar Di Dunia"

Artikel Pilihan Hari Ini

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label