Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Awas! 11 Hal Yang Membuat Blog Anda Sepi!

Tutorial Blogging - Hai manusia yang menyambi jadi blogger, salam dari Catatan Adi yang selalu dinanti. Untuk topik kali ini, kita akan membahas mengenai 11 hal yang membuat blog Anda sepi. Tujuannya supaya blog rame, mendapatkan banyak pemasukan dari Google Adsense dan Anda bahagia. Anda bahagia kami turut sukacita.


faktor yang membuat blog sepi
11 Faktor yang Membuat Blog Sepi


Yuk langsung aja....

Apakah blog Anda sepi? Atau blog Anda rame tapi pingin jadi sepi? Jika iya, Maka lakukan hal-hal berikut, dijamin bikin blog sepi dan Anda sebagai blogger bakalan merana :

1. Artikel Tidak Menarik

Ini adalah hal yang perlu Anda lakukan biar blog menjadi sepi ; bikin artikel yang tidak menarik. Dijamin bakal lebih sepi dari kuburan. Apa itu artikel yang tidak menarik.
Artikel yang tidak menarik adalah yang seperti ini :

  • Blog sepi karena gramatika artikelnya kacau jadi ga enak dibaca.
  • Banyak typo.
  • Topiknya ga jelas, awalnya bahas sepatu cewek, di tengah bahas sejarah mobil terus terakhir malah ngebahas sepakbola. Ga jelas khan? Ini juga bikin blog sepi.
  • Blog sepi karena kata kuncinya aneh dan jarang dicari. Kalau yang ini emang agak rumit. Mau ga mau harus belajar namanya keyword atau kalau males belajar, atau blog sepi seperti kuburan.
  • Artikel yang ga ada intinya.
  • Blog sepi karena artikel yang terlalu bertele-tele.
  • Ga ada foto sama sekali. Blog sepi juga karena miskin foto. Harus kasih foto ya....
  • Jangankan manusia, robot Google, Yahoo dan Bing juga ga bakal nge-crawl. Atau udah dirayapin tapi diindex dan ditampilin di halaman 23 no urut 7 dari atas. Dan hasilnya blog sepi pengunjung.
Selain menulis artikel, pastikan juga niche yang Anda dalami juga ramai. Apa saja topik blog yang ramai dicari di internet? Silahkan cari sendiri di 10 niche blog yang selalu ramai sepanjang masa.

 2. Artikel Tidak Original

Ini juga bakalan bikin blog sepi. Bukan cuma sepi tapi kalau ketahuan bakalan di DMCA trus ilang deh blog Anda. Rugi kan?

Daripada copas, lebih baik belajar namanya copywriting. Itu lebih baik. Tapi yang paling baik ya ngetik dan bikin artikel yang ori.

Biar blog rame, Anda harus bisa bikin artikel ori yang menarik. Baca aja cara mudah bikin artikel mantul.

3. Artikel AGC

Kecanggihan teknologi sering digunakan tidak seperti seharusnya. Contohnya ya blog AGC. Apaan itu? Itu loh, yang suka nyolong artikel persis sejudul-judulnya dan ga kira-kira. Bisa ratusan artikel yang dicolong.

Ga capek copasnya? Ini pake tools, jadi ya auto gitu.

Apa akibatnya? Tergantung, kalau owner yang asli ga terima, Anda bisa diseret ke pengadilan. Kalau baik hati ya cuma di take-down aja. Jadi bahaya banget kan, bukan cuma blog sepi tapi lenyap tak berbekas.

Sepengalaman saya, kadang yang ga terima bukan cuma si owner, tapi pengikut garis kerasnya. Mereka akan menyatakan perang terbuka sama si pelaku AGC.

4. Cara Penulisan Tidak Baik

Ini beda sama yang no 1. Jadi, pada dasarnya tata bahasa baik, ga ada typo, Cuma kenapa blog rasanya sepi terus. Nah bisa jadi karena artikelnya amburadul, khususnya di bagian teknik penulisannya sama SEO nya aja, jadi kurang maksimal di mata search engine.

Satu-satunya cara ya marketing manual kaya share-share gitu ke medsos. Kalau memang mau blog rame ya harus belajar SEO, minimal paham keywords density. Kalau gau mau blog sepi sih.

5. Template rusak

Ini sayangnya jarang disadari logh! Harus bener-bener cek template Anda. Atau lima tahun ngeblog tapi blog sepi terus.

Apa sih template rusak itu?

  • Ada script-script ilegal yang menuju ke situs-situs tertentu.
  • HTML kacau jadi sering postingan numpuk-numpuk atau kepotong.
  • Loadingnya lama.
Dijamin blog sepi terus. Mending sih beli template premium. Keluar uang tapi sebanding kok. Atau nyewa jasa edit template. Kalau ga ya harus belajar sendiri masalah HTML.

6. Template Tidak Rapi

Walau sudah beli template tapi juga harus tau tata letaknya, atau bisa-bisa blog selalu sepi. Gimana editnya? Maen aja CSS atau kalo ga ya minta tolong yang bikin.

Intinya :

  • Navigasi jelas.
  • Ada judul.
  • Ada 4 page wajib : About, Disclaimer, Privacy Policy dan Contact Us.
  • Eye-catching.

7. Jarang Nulis

Anda jarang nulis artikel dan blog jadi sepi? Trus Anda heran?

Nah ini dia kuncinya. Jangan sering-sering nulis biar blog sepi. Bahkan bukan hanya sepi, tapi juga sepi banget.

Kalau ingin blog dapat banyak visitor ya harus sering membuat konten. Catatan Adi selalu rutin membuat konten, bahkan pernah menulis 200 artikel dalam waktu 6 bulan saja. Kami yakin Anda juga bisa.

Boleh sih jarang nulis, asal :

  • Nulis jarang-jarang tapi artikel Anda menarik, SEO dan evergreen.
  • Jarang nulis tapi rajin nge-share. Blog rame tapi organic visitor rendah.

Memang kadang blogger jarang nulis karena alasan writer's block. Kalau itu kendalanya, baca aja artikel tentang writer's block dan cara mengatasinya ini.

8. Jarang Share ke Sosial Media

Share artikel jaman sekarang hukumnya wajib. Atau blog menjadi sepi! Kok bisa? Karena makin banyak orang yang punya sosmed plus kompetitor Anda melakukan ini. Malah ini adalah elemen wajib yang kudu dilakuin.

Terkait kasus blog sepi ini, ada berapa hal yang bisa Anda lakuin, yakni :

  • Blogwalking.
  • Bikin Fp.
  • Bikin forum.
  • Ikutan WAG para blogger.

9. Tidak Ada Internal Link

Nah, kalau blog sepi, mungkin Anda ga ada internal link di dalam postingan. Penting ga sih kaya gini?
Penting banget. internal link ini berpotensi membuat pengunjung Anda mampir lagi ke postingan yang lain. Ada yang bilang ini juga bisa menaikkan posisi anda di SERP. 

Bahkan beberapa ahli SEO mengatakan jika internal link akan berpotensi mendatangkan banyak trafik termasuk juga membuat blog mendapatkan sitelink dari mesin pencari. 

10. Hobi nyepam

Nah, spamming atau bikin spam juga bisa Anda lakukan Apa itu spam yang dimaksud?

Spam bisa berarti :


  • Terlalu sering share ke medsos dan akibatnya Anda dibanned ga bisa share url lagi. Terus blog sepi dari pengunjung walaupun follower FB anda jutaan.
  • Komen di blog orang ngasik link hidup. Ini juga selain ga sopan, bisa dianggap spam.

Hati-hati loh, kalau Anda punya habit kaya begini, sudahilah. Banyak efek negatifnya, termasuk kemungkinan iklan Adsense hilang dari blog secara sementara atau permanen.

11. Males daftarin ke Search Engine

Jaman sekarang kalau abis posting hukumnya wajib nge-indeks ke webmaster search engine. Bisa Google, Yahoo, Bing, Weibo, dll. Beda lagi kalau Anda memang bikin blog personal yang tidak peduli sama trafik. Itu juga bisa.

Apa akibatnya kalau Anda lupa atau malas? Blog sepi!

Dan segini aja sharing kali ini tentang 11 hal yang bakal membuat blog sepi. Semua ini berdasarkan pengalaman saya sendiri. Silahkan lihat postingan kami di Ngeblog Personal Ala Catatan Adi.  Kalau ada yang kelupaan silahkan tambah via komentar ya.....
Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

4 komentar untuk "Awas! 11 Hal Yang Membuat Blog Anda Sepi!"

  1. Nice info sob..saya kadang lupa daftarin ke search engine,btw biasanya pake apa sob,,saya pake webmaster tool

    BalasHapus
  2. Mantap bner nih wkwkwk...

    BalasHapus

Berlangganan via Email