Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Awas! 11 Hal Yang Membuat Blog Anda Sepi!

Ada banyak faktor kenapa blog sepi dari pengunjung dan bahkan hampir tidak pernah punya page views. Beberapa hal bisa digolongkan sebagai penyebab umum namun pada kenyataannya ada banyak alasan berbeda yang melatarbelakangi hal tersebut. Dan setiap blog bisa berbeda pula permasalahannya. 

faktor yang membuat blog sepi
Kenapa blog sepi?


Untuk bisa menganalisa, mengetehui dan juga menanggulangi hal tersebut, maka diperlukan waktu dan energi yang tidak sedikit. Namun dengan mengetahui beberapa hal umum penyebab blog sepi pembaca, upaya mengatasi masalah tersebut bisa jauh lebih mudah untuk dilakukan. 

11 Faktor Penyebab Blog Sepi

Ada 11 penyebab umum kenapa blog tidak ada yang mau membaca. Namun jika hal ini terjadi pada Anda, lakukan riset yang mendalam untuk benar-benar mengetahui mana faktor yang berperan paling penting dalam masalah tersebut. 

1. Pengaturan Blog

Sebenarnya faktor yang satu ini adalah yang paling mudah dan remeh dan harusnya tidak terjadi pada mereka yang mengaku sudah ngeblog cukup lama. Jadi hal pertama yang menyebabkan tidak ada orang mengunjungi blog Anda adalah karena kesalahan Anda selaku blogger dalam melakukan setting pengaturan blog, termasuk hosting dan domain. 

Namun masih di faktor yang sama, penyebab bisa saja terjadi karena penyedia hosting ataupun domain Anda. Untuk itulah, sebagai pemiliki blog pastikan selalu mengecek secara rutin pengaturan blog dan domain. 

Pengaturan Publik

Pastikan bahwa blog Anda memang bisa dibaca oleh publik. Jangan batasi pembaca blog maupun konten. Jika Anda melakukan ini, tentu saja tidak ada yang bisa mengakses situs Anda, bahkan jika mereka sebenarnya berminat sekalipun. 

Mengijinkan untuk Ditelusuri Mesin Pencari

Selanjutnya yakinkan diri Anda bahwa telah mengatur sehingga blog bisa ditelusuri oleh search engine, khususnya Google. Jika Anda ngeblog di Blogger atau Blogspot, maka pengaturan ini ada di bagian Setting

Robot Txt

Pengaturan indeks robot txt juga penting. Ini akan mengatur bagian-bagian mana saja dalam blog yang bisa atau dapat di-crawl oleh mesin pencari. 

Jika memang Anda belum memahami masalah ini, ada baiknya untuk tidak perlu mengaktifkan sekalian sehingga sesuai dengan pengaturan awal dari Google / Blogspot. 

Domain Expired

Bisa jadi pembaca memang tidak bisa mengakses situs Anda dikarenakan Anda sebagai pemilik web lupa untuk memperbaharui sewa domain web. Hal ini bisa berakibat fatal karena dapat mengakibatkan hal-hal sebagai berikut : 

  • Domain Anda diambil orang lain.
  • Visitor loyal blog tidak bisa mengakses sehingga Anda kehilangan viewers. 
  • Calon pembaca tidak bisa mengakses sehingga Anda juga kehilangan potensi views.
  • Rank secara SERP dan SEO menjadi buruk di mata mesin pencari.  

Hosting Penuh / Kadaluarsa

Selain domain, satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan adalah hosting. Jika hosting penuh sedangkan data yang Anda unggah di blog masih banyak, maka tentu ini akan mengganggu kinerja website. 

Untuk Anda yang ngeblog di Blogspot, kabar baiknya Anda tidak perlu sewa hosting karena Google sudah menyediakannya untuk Anda. 

2. Usia Blog

Tentu saja usia blog juga berpengaruh terhadap ramai atau tidaknya pembaca. Jika blog Anda masih hitungan bulan, maka sangat wajar apabila sepi pengunjung. Anda harus benar-benar melakukan strategi peningkatan trafik sehingga pembaca bisa meningkat. 

Ingat, ada belasan juta blog di dunia maya dan Google tidak punya alasan harus mengutamakan blog Anda yang baru berusia sangat baru tersebut. 

3. Kualitas Konten

Lantas bagaimana jika Anda sudah ngeblog cukup lama tetapi pengunjung masih juga sepi? Maka faktor yang bisa dicurigai selanjutnya adalah kualitas konten. Ada beberapa hal yang menjadi alasan kenapa Anda harus selalu mempertahankan kualitas konten : 

Persaingan. Bayangkan bahwa kompetitor Anda juga selalu berusaha untuk mendapatkan posisi teratas demi memiliki banyak trafik. Nah, mereka bisa jadi juga mengintip konten Anda lalu memproduksi postingan dengan kata kunci sama namun kualitas konten yang jauh lebih baik. Alhasil posisi artikel Anda menurun dari posisi sebelumnya. Hal ini yang membuat pengunjung, khususnya tipe trafik organik menurun. 

Struktur Artikel. Pastikan bahwa struktur artikel yang Anda tulis memang sudah baik sehingga bagus bagi mesin pencari ataupun pembaca. 

Gaya Bahasa. Dalam upaya menulis ide, ada banyak orang gagal membuat kalimat dan paragraf yang baik sehingga kurang mampu dimengerti oleh pembaca. Alhasil pesan yang ingin disampaikan gagal dimaknai oleh pembaca mereka. Jangan sampai hal ini terjadi pada Anda. 

Cobalah untuk memahami cara menulis artikel blog yang baik sehingga disukai oleh pembaca dan memiliki ranking bagus bagi mesin telusur. 

4. SEO

Tahukah Anda kenapa banyak blog yang sepi pembaca? Karena mereka gagal mengaplikasikan strategi optimasi mesin pencari alias SEO, baik itu On Page ataupun Off Page. Akibatnya konten-konten Anda satupun tidak ada yang ditampilkan di rekomendasi penelusuran. 

Tentu saja tidak ada yang membaca konten Anda, karena mereka bahkan tidak tahu bahwa blog Anda ada di dunia maya. 

Untuk itu Anda wajib memahami dasar-dasar SEO On Page dan juga termasuk SEO Off Page yang di dalamnya berisi strategi promosi konten melalui media sosial. 

Sebaliknya, ada yang tidak berniat menerapkan SEO namun konten-kontennya selalu muncul di halaman pertama search engine. Kenapa? Karena tanpa disadari mereka juga melakukan optimasi. 

5. Terhubung Ke Webmaster

Ada banyak jenis traffic untuk web, namun yang paling baik tentu saja yang organik. Karena itu, supaya bisa mendapatkan trafik organik, blog Anda harus terdaftar di mesin penelusuran agar mudah diindeks. 

Seharusnya sebagai blogger ini adalah pengetahuan dasar yang wajib dimiliki. Namun jika ini hal baru untuk Anda, berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan. 

  1. Buka Google Search Console.
  2. Hubungkan Akun Blog dengan GSC.
  3. Buatlah peta situs berbentuk XML.
  4. Untuk blog baru, sebaiknya lakukan inspeksi url setiap kali sesudah membuat postingan.

Lakukan hal serupa untuk mesin pencari lainnya, misal Bing. Hal ini wajib dilakukan agar Anda lebih mudah dalam melakukan pengembangan situs. 

6. Ranking Blog

Ya benar, secara keseluruhan bisa saja ranking blog Anda masih kecil sehingga kalah bersaing dengan blog dan situs besar lainnya. Alhasil sangat sedikit pembaca yang mampir karena fundamental blog yang Anda miliki belum terlalu kuat. 

7. Niche Blog dan Niche Konten 

Faktor penyebab blog tidak ada yang membaca adalah Niche. Apa itu Niche? Baca ulasan lengkapnya di daftar niche yang paling disukai di Indonesia. Secara umum niche artinya cakupan bahasan atau topik blog.

Bisa jadi tidak ada yang mencari apa yang Anda tulis alias volume pencarian topik yang Anda ulas menjadi konten tidak ada. Di samping itu, bisa jadi volumenya kecil tapi saingannya banyak. Sehingga tentu saja web Anda tidak memiliki pembaca. 

8. Melanggar TOS 

Google dan mesin pencari lain pada umumnya punya aturan baku atau panduan kerja yang mereka taati, termasuk dalam mempromosikan atau merekomendasikan suatu artikel dalam hasil penelusuran.

Jangan-jangan web Anda melanggar aturan-aturan yang sudah ditetapkan oleh search engine. Ada banyak hal yang harus Anda waspadai, misalnya : 

  • Jangan mengulas hal-hal yang memang dilarang oleh Google.
  • Jangan melakukan keywords stuffing. 
  • Jangan suka spamming.
  • Jangan melakukan AGC.
  • Jangan melakukan copas terhadap blog orang lain.
  • Jangan melakukan spinning artikel. 

9. Tidak Rutin Menulis Konten

Tidak rajin melakukan posting artikel bisa juga berakibat buruk, misalnya menjadikan ranking situs menjadi turun. Padahal jika ingin menjadi blogger sukses, satu hal yang mutlak dilakukan adalah rajin membuat postingan. 

10. Salah Strategi

Semua pemilik situs ingin webnya berkembang dengan baik. Ada yang memilih cara berbayar ada yang mengoptimasi secara mandiri karena keterbatasan dana. Meski demikian, apapun jalan yang ditempuh pastikan semua strategi pengembangan blog itu berjalan dengan tepat dan benar. 

Ada banyak contoh strategi pengembangan blog yang salah sehingga justru ranking blog buruk dan berakibat blog jadi sepi pembaca. Sebaiknya setelah ini Anda juga membaca 31 langkah menaikkan trafik dengan tepat dan sesuai panduan Google. 

11. Blog Jelek 

Ini adalah kabar buruk. Bisa jadi sedari awal blog Anda memang jelek hingga sampai pada taraf sulit untuk diperbaiki. Satu-satunya jalan adalah dengan membuat blog baru. 

Apa saja faktor yang membuat blog jadi jelek? Tentu ada banyak namun beberapa hal di bawah ini adalah yang harus paling Anda waspadai. 

  • Loading Lama
  • Tidak Mobile Friendly
  • Breadcrumb tidak sesua update terbaru Google

ketiga faktor di atas sebenarnya bisa diatasi asal memilih template yang tepat. Di kalangan para blogger sendiri, ada beberapa template blog yang cukup populer dan memang berkualitas, salah satu diantaranya adalah Linkmagz

Selain tiga hal teknis di atas, ada satu hal lagi yang membuat blog buruk dan jelek dan yang ini paling susah untuk diatas. Apa itu? Domain blog. 

Banyak blogger lebih memilih membeli nama domain bekas dengan harapan bisa mendapatkan sekaligus DR, DA, PA dan fundamental blog tersebut di masa lalu. Namun jika tidak berhati-hati, Anda akan sial karena bisa saja domain itu di masa lalu ternyata bermasalah. Jadi lebih baik buat saja domain baru yang fresh dan unik. 

Cara Agar Blog Tidak Sepi

Tentu saja ada cara dan strategi yang bisa Anda lakukan agar blog tidak sepi. Beberapa hal berikut bisa Anda lakukan : 

Membuat konten yang baik. Semua blogger wajib melakukan hal ini. Jika tidak tahu caranya, maka silahkan baca referensi cara menulis artikel yang berpotensi disukai oleh pembaca dan SEO di mata mesin pencari. 

Memilih Domain dan Hosting yang benar. Ada banyak perusahaan yang memberikan layanan beli atau sewa domain dan hosting. Pilihlah yang paling kredibel dan memiliki pelayanan baik. 

SEO. Sambil jalan pelajarilah dasar-dasar umum dalam optimasi mesin pencari, baik itu Off Page maupun On Page, karena ini akan menunjang pengembangan blog dalam jangka panjang. 

Niche dan Keywords. Pilihlah niche maupun keywords yang memang memiliki volume pencarian. Jika kesulitan, silahkan baca jenis artikel yang paling populer bagi pembaca Indonesia

Algoritma. Ikuti perkembangan algoritma Google. Jangan sampai ketinggalan info terlalu jauh. Hindarilah cara-cara tidak terpuji dalam melakukan pengembangan dan optimasi blog. 

Demikian semoga bermanfaat untuk Anda. Sekarang selanjutnya tugas Anda adalah membaca artikel berikutnya berjudul cara menjadi blogger sukses dalam 4 langkah saja. 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

4 komentar untuk "Awas! 11 Hal Yang Membuat Blog Anda Sepi!"

  1. Nice info sob..saya kadang lupa daftarin ke search engine,btw biasanya pake apa sob,,saya pake webmaster tool

    BalasHapus
  2. Mantap bner nih wkwkwk...

    BalasHapus

Artikel Pilihan Hari Ini

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label