Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mendapatkan Uang Dari Tiktok

Ada dua golongan orang dalam memandang Tiktok, yakni sebagai sarana mencari hiburan atau peluang untuk memperoleh penghasilan. Jika Anda termasuk kelompok yang kedua, maka bersiaplah karena artikel ini akan memberi panduan cara mendapatkan penghasilan dari Tiktok.

Cara Dapat Uang Dari Tiktok

Apakah memang bisa? Tentu saja. Baik tanpa membuang waktu Anda yang berharga, ini dia 10 cara memperoleh penghasilan dari Tiktok. Silahkan disimak sampai habis.

Memasarkan Produk

Perusahaan masa kini benar-benar peduli pada pemasaran berbasis media sosial. Sedangkan kita semua tahu Tiktok memiliki jutaan pengguna. Tentu saja perusahaan akan membayar Anda sebagai kreator konten dengan syarat bervariasi, seperti misalnya membuat konten yang berkaitan dengan penjualan produk. 

Untuk bisa sampai ke sana, maka tentu saja Anda harus membuktikan bahwa akun Tiktok Anda berpotensi memperkenalkan produk mereka. Jadi, dapatkan trafik yang besar atau penonton loyal / pengikut sehingga akun Anda dilirik oleh korporat dalam strategi pemasaran mereka. 

Ada beberapa tips terkait hal ini : 

  1. Pastikan konten Anda tidak melanggar ketentuan. 
  2. Selalu optimasi saluran Tiktok Anda.
  3. Pilih topik untuk ditonjolkan, misal review kosmetik, mukbang atau travelling

Jangan tunggu bola. Ketika ternyata followers Anda sudah banyak, jangan ragu menawarkan diri kepada korporat atau perusahaan. 

Menjadi Brand Ambassador

Tentu ini akan jadi impian semua orang. Ketika citra yang Anda bangun selaras dengan perusahaan, maka jangan heran akan ada tawaran untuk menjadi brand ambassador atau duta produk. 

Menjual Produk Orang Lain

Jangan tunggu bola. Tingkatkan trafik dan ketika sudah mendapatkannya, segera bidik organisasi, perusahaan atau siapapun yang punya bisnis. Tawarkan bahwa Anda bisa membantu memasarkan produk mereka. Ada beberapa tips terkait hal ini :

  • Pastikan Anda paham barang yang ingin Anda pasarkan.
  • Kuasai soft selling dan hard selling.
  • Buatlah konten yang menarik secara berkelanjutan.

Menjual Produk Sendiri

Menjual produk sendiri juga ide yang bagus. Ketika Anda sadar angka followers ternyata sudah jutaan, saatnya untuk mencoba peruntungan ini. 

Menyediakan Jasa Optimasi Konten

Orang-orang berdatangan untuk memberikan like atau komentar di konten Anda. Itu bagus. Artinya strategi yang Anda terapkan membuahkan hasil.

Tahukah Anda banyak orang yang gagal untuk mendapatkan hal itu? Saatnya Anda datang kepada mereka dan menawarkan kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak, yakni sebagai pemberi jasa optimasi konten. Anda bikin konten dan memperoleh bayaran, mereka dapat trafik. 

Menjadi Manajer Sosial Media

Masih terkait poin di atas barusan, tetapi ini jauh lebih seru. Anda bisa menawarkan diri menjadi manajer media sosial Tiktok untuk badan usaha atau perorangan yang membutuhkan. Bakat Andapun akan mendatangkan keuntungan. 

Menjual Saluran

Benar sekali, ada beberapa orang yang akan menawarkan akun Anda. Tentu ini hal yang menarik. Setelah itu, Anda bisa mengulangi membuat dari awal dan menjualnya lagi. 

Partnership

Ini bukan panjat sosial atau pansos, tetapi memang sebuah upaya untuk peningkatan trafik secara profesional. Beberapa yang bisa dilakukan :

  • Membuat duet kolaborasi.
  • Membuat konten bersama. 
  • Memberi tautan ke akun Tiktok mitra Anda.

Donasi Penonton

Konten Anda bermanfaat? Penonton suka dan selalu menantikannya? Menawarkan untuk donasi bukan ide buruk. Orang-orang akan berbondong-bondong untuk memberi dukungan. Coba maksimalkan agar dukungan itu selain dalam bentuk komentar, juga dalam bentuk donasi. 

Social Media Marketing

Ini adalah langkah yang bisa dilakukan jika ternyata Anda adalah seorang Youtuber atau blogger. Intinya adalah mengundang penonton Tiktok Anda agar juga membaca blog atau melihat kanal Youtube milik Anda yang sudah dimonetisasi, khususnya melalui Google AdSense.

Jadi langkahnya :

  1. Anda sudah punya blog / Youtube yang sudah dimonetisasi.
  2. Buat konten menarik di Tiktok.
  3. Usahakan agar para penonton Tiktok tersebut juga mampir melihat blog atau channel Anda.

Jika Anda masih asing dengan hal itu, jangan khawatir. Baca artikel kami tentang Panduan Google AdSense agar Anda bisa memahaminya dengan baik. 

Baca juga : Cara Mendapatkan Uang Dari Mengirim Tulisan.

Langkah Memonetisasi Tiktok

Lalu bagaimana langkahnya? Secara umum, jika memang serius ingin dapat uang dari Tiktok, maka berikut adalah tahapannya : 

  1. Buat akun tiktok.
  2. Tentukan strategi konten yang menarik.
  3. Dapatkan trafik yang banyak dengan konsisten membuat konten yang sudah Anda pilih.
  4. Optimasi akun Tiktok Anda dan pilih salah satu atau lebih cara di atas. 
Ingat, dapat uang dari internet seperti ini nyata. Bahkan sudah banyak orang yang merasakannya. Namun memang untuk ke sana tidak mudah. Jikalau mudah, maka semua orang pasti melakukannya. Untuk itu, jangan terburu-buru dan melangkah serampangan. Rajinlah belajar. Kuncinya adalah trafik, atau jumlah orang yang menonton konten Anda. Trafik = pendapatan. Itupun setelah Anda tahu cara optimasi yang benar. Silahkan tulis pertanyaan di kolom komentar bila masih bingung. 

10 cara dapat uang dari Tiktok
Tiktok

Jadi itu dia 10 cara mendapatkan uang dari Tiktok sebagai aplikasi penghasil uang yang menguntungkan. Semua tentu saja tidak instan. Selain kerja keras, Anda juga harus kerja dengan cerdas dan kreatif. Semoga bermanfaat. 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "10 Cara Mendapatkan Uang Dari Tiktok"

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pilihan Hari Ini