Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Kebiasaan yang Membuat Kamu Jadi Hemat

Hai sobat, kali ini aku akan bercerita sedikit tentang hal-hal yang membuat menjadi lebih hemat secara keuangan. Perlu diketahui ya, ini adalah pengalaman pribadiku. Meski mungkin berbeda tapi bisa saja jadi pertimbangan untuk kalian.

Jadi ceritanya aku semakin heran paska WFO ini kenapa keuanganku seret. Bahkan beberapa kali aku harus mengambil dana cadangan. 

Usut punya usut ternyata ada beberapa hal yang sebenarnya bisa dirubah. Hal-hal itu menjadikan pengeluaranku membengkak tanpa terasa.

Nah di artikel ini aku akan bagikan beberapa hal yang sudah aku lakukan dan terbukti mampu membantuku menjadi lebih hemat sehingga dompet jadi tambah tebal. 

Pakai Aplikasi Pembayaran Digital

Oke, ini adalah komitmenku yang sudah aku lakukan dalam sebulan terakhir. Aku mencoba menggunakan aplikasi pembayaran digital, baik itu Ovo, Gopay ataupun mobile banking.

Ada beberapa alasan kenapa aku mulai menghindari cash money, diantaranya : 

  • Pembayaran lewat aplikasi digital membuatku tahu kemana saja uangku selama ini. Jadi selain menghindari suudzon kepada diri sendiri, juga bisa menganalisa mana saja pengeluaran yang sebenarnya bisa ditekan.
  • Banyak promo. Seperti diketahui, aplikasi berbasis e-money itu sering sekali bakar uang, khususnya dalam memberikan promo-promo. Aku mulai sering mencari tahu promo apa yang paling cocok untukku.
  • Menghindari tidak ada kembalian. Sering khan kalian beli sesuatu di Indomaret atau Alfamart atau yang lain dan ternyata ditawarkan hal lain kalau kembaliannya berupa recehan, seperti 300 atau 400 rupiah? Nah aku mulai menggunakan Ovo untuk membayar di Indomaret. Alhasil tidak pernah menemukan peristiwa serupa lagi.
  • Lebih aman. Ini karena aku tidak akan tergoda untuk mudah keluar uang. Entah kenapa kalau ada uang di dompet rasanya pengen banget be li ini itu. 
Meski demikian harus diakui ada beberapa potensi boncos juga jika pakai aplikasi uang digital. Seperti terangsang untuk beli hal tidak berguna demi mengejar promo atau justru merasa makin mudah hedon karena uangnya tidak terlihat.

Selain itu biasanya ada fitur paylater. Ingat, paylater dan pinjol adalah pisau bermata dua. Jika tidak bijak memanfaatkannya maka akan sengsara. 

Meski begitu, sampai saat ini yang aku dapatkan adalah sisi positifnya. Mungkin kalian bisa juga mencobanya. 

Bawa Bekal Makanan dari Rumah

Sudah pasti ini akan sangat membantu berhemat. Dengan bawa bekal dari rumah, aku bisa menghilangkan anggaran untuk beli makan siang.

Terlebih selama ini aku jajan menggunakan aplikasi daring, sehingga harganya naik gila-gilaan. Nasi padang yang biasanya 17.000, bisa jadi 32.000 karena ada ongkos kirim, biaya aplikasi dan jasa bungkus. 

Kalau kamu selama ini selalu pesan makanan secara online, cobalah buat bekal sendiri. Bisa bangun sedikit lebih pagi dan memasak. Lakukan selama seminggu saja. Dijamin kondisi finansialmu akan jauh lebih baik lagi. 

Baca juga cara menjadi lebih produktif dan efisien.

Memakai WiFi Kantor

Satu hal yang aku sesali selama ini adalah menggunakan paket data pribadi ketika sedang di kantor. Padahal kantorku punya fasilitas wi-fi alias hotspot.

Nah mulai sebulan ini aku coba beli paket data yang lebih kecil. Selain itu aku kombinasikan dengan layanan hotspot dari kantor. Hasilnya cukup baik, meski cuma berhemat 50.000, lumayan buat beli bensin. 

Bikin Kopi Sendiri 

Aku bukanlah pecinta kopi garis keras, tetapi kalau kerja tanpa ngopi rasa-rasanya loyo juga. Asupan energi jadi berkurang. 

Namun aku sadar selama ini beli kopi di kafe atau kedai. Selain porsinya sedikit, harganya juga cukup menguras kantong kalau dilakukan dari Senin-Jum'at. Walhasil aku coba beli bubuk kopi sendiri dan menyeduhnya sendiri. 

Nah, hasilnya sungguh diluar dugaan. Aku bisa berhemat hingga 200.000an kurang dari satu bulan. Kalian bisa mencobanya juga. 

Ambil Rute Terpendek

Aku mencoba lebih bijak dalam berkendara. Selain mengurangi rem mendadak dan makin rutin cek oli, aku juga periksa ban. Tekanan angin di ban sangat mempengaruhi laju motor. Ban gembos akan membuat laju motor melambat sehingga berpotensi bikin bensin cepat habis.

Ohya, aku juga pernah merangkum cara merawat sepeda motor agar performanya tetap terjaga. Kalian bisa baca-baca tips di sana.

Selain itu aku coba ambil rute terpendek dan yang tidak macet. Jika ada yang pendek tapi macet, aku pilih yang agak jauh tapi bisa sedikit lega. Maklum di jalanan macet bisa bikin emosi.

jadi lebih hemat
kebiasaan berhemat

Itulah yang aku lakukan dan terbukti membuat keuangan makin sehat. Nanti akan aku update jika menemukan tips lainnya. Kalau kalian, apa tips untuk lebih hemat yang kalian lakukan?

Ohya, baca juga artikel lainnya yang mungkin bermanfaat : 

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

2 komentar untuk "5 Kebiasaan yang Membuat Kamu Jadi Hemat"

  1. Sekedar blogwalking, semagat terus menebar manfaatšŸ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Mas Daluang, terima kasih sudah berkunjung. Sudah saya Blogwalking balik ya, tetapi tidak menemukan kolom komentar.

      Hapus