Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

2 Cara Mengeringkan Bunga Segar

Apakah Anda pernah mendapatkan buket bunga yang manis dari seseorang yang spesial? Rasanya sayang kan jika harus membuangnya saat layu. Alih-alih membuangnya, Anda bisa mengeringkannya agar tetap cantik dan tersimpan rapi. Cara mengeringkan bunga segar tidaklah sulit, tapi harus tetap penuh pertimbangan. Jika salah langkah, maka rangkaian bunga bisa berjamur serta berwarna kehitaman. Jadi, ikuti beberapa langkahnya yang akan dibahas di artikel ini.

Cara Mengeringkan Bunga Segar dengan Mudah

2 cara mengeringkan bunga
2 cara mengeringkan bunga

Selain mengeringkan bunga segar dari seseorang yang spesial, Anda juga bisa membuat hiasan bunga kering dengan cara mengeringkannya. Dengan begitu, maka warna dan bentuk bunga bisa bertahan. Berikut ini adalah tiga cara yang bisa Anda terapkan:

Mengeringkan dengan Buku

Ini adalah cara pertama yang cukup mudah, yaitu mengeringkan bunga dengan buku. Tapi kuncinya adalah memilih bunga segar yang baru mekar sempurna. Cara ini tepat untuk Anda yang ingin mengeringkan bunga sebagai koleksi pribadi atau hadiah. Anda disarankan untuk memetik bunga dari halaman di pagi hari.

Setelah itu, Anda bisa menerapkan beberapa langkah berikut:

  • Setelah memetik bunga, segera singkirkan daun atau bagian tanaman yang tidak diperlukan. Selanjutnya, ambil sebuah buku tebal atau atlas yang tidak terlalu berat.
  • Buka buku tersebut dan letakkan selembar kertas tisu di tengah halaman yang terbuka. Letakkan bunga secara rapi di atas kertas tisu, pastikan tidak ada bagian bunga yang saling menekan. 
  • Tutup buku dengan hati-hati sehingga bunga tertutup rapat oleh kertas tisu. Anda juga bisa menempatkan beberapa buku tambahan di atas buku yang sudah tertutup untuk memberikan tekanan yang lebih. 
  • Biarkan bunga tetap dalam posisi tertutup selama beberapa minggu, sehingga proses pengeringan dapat berlangsung dengan baik.
  • Setelah cukup waktu, buka buku dengan hati-hati dan angkat bunga yang telah kering dengan lembut.

Anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan, sebagai hadiah, kerajinan tangan, bahkan koleksi pribadi yang unik.

Mengeringkan dengan Silica Gel

Cara berikutnya adalah mengawetkan bunga dengan silica gel. Ini adalah metode yang tepat Anda terapkan ketika menerima sebuah karangan bunga yang manis dan berarti. Beberapa langkah yang bisa Anda terapkan adalah sebagai berikut:

  • Siapkan sebuah wadah kedap udara yang cukup besar untuk menampung bunga yang akan dikeringkan. Letakkan lapisan tipis silica gel di dasar wadah tersebut. 
  • Kemudian, potong tangkai bunga menjadi panjang yang diinginkan dan masukkan ke dalam wadah dengan posisi tegak. Taburi secara perlahan silica gel di sekitar bunga, pastikan seluruh bagian bunga tertutup dengan lapisan silica gel. 
  • Tutup wadah secara rapat dan biarkan bunga berada di dalamnya selama beberapa minggu. Selama proses ini, silica gel akan menyerap kelembaban dari bunga, secara perlahan mengeringkannya tanpa merusak bentuk dan warna aslinya. 
  • Setelah waktu yang cukup, keluarkan bunga dari wadah dan perlahan singkirkan sisa silica gel yang mungkin masih menempel. 
  • Bunga yang telah dikeringkan dengan metode silica gel akan tetap indah dan tahan lama, sehingga dapat digunakan untuk berbagai proyek kreatif atau sebagai hiasan yang tahan lama.

Itulah 2 cara mengeringkan bunga segar. Membahas tentang rangkaian bunga yang menawan, Anda bisa mendapatkannya dari Athaya florist melalui websitenya athaya.co.id yang sudah cukup berpengalaman di bidang ini. Athaya adalah florist terbaik yang menyediakan aneka pesanan bunga bagi pecinta bunga di Indonesia. 

Dengan pengalaman bertahun-tahun dalam industri florist, Athaya telah memperoleh reputasi yang solid dan diakui atas keahlian mereka dalam merangkai bunga yang indah dan berkualitas tinggi. Apapun bunga yang Anda butuhkan, pastikan mendapatkannya di Athaya. 

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

9 komentar untuk "2 Cara Mengeringkan Bunga Segar"

  1. Baru tau ternyata bunga bisa dikeringkan tanpa jamuran
    Soalnya saya sering ngeringin bunga yang saya anggap bagus, tapi kepaksa dibuang karena jamuran
    Praktek ah, terimakasih ya

    BalasHapus
  2. Mengeringkan bunga di buku tebal sering banget saya lakukan waktu sekolah dulu. Waktu itu cari bunganya bareng temen-temen cewek sepulang sekolah. Rame-rame lewat sawah trus metik bunga liar di sekitarnya. Seneng banget. Kalo sekarang udah gak pernah lagi karena bunganya tanam langsung di kebun sendiri. Hihi..

    BalasHapus
  3. Aku diajarin temen yang disimpan dalam buku tebal. Tapi kalau pakai silica gel aku baru tahu sih...Kebetulan di halaman ada beberapa jenis bunga. Coba ah...

    BalasHapus
  4. Unik juga cara pertama, karena lewat buku bisa memudahkan pengeringan bunga. Boleh daku coba nih tipsnya kak

    BalasHapus
  5. Saya pernah melakukan pengeringan bunga dalam buku kamus bahasa inggris saya dan walau warnanya sudah berubah tapi lucuuu deh

    BalasHapus
  6. Aku suka cara kedua untuk mengeringkan bunga dengan menggunakan silika gel yang tersedia di toko-toko kerajinan atau bunga. Silika gel adalah bahan pengering yang efektif dan cepat.

    BalasHapus
  7. Aku pernah dikasih bunga segar dulu dan kusimpan di sela buku ...wah senengnya kadang bisa dibuka lagi buat dikenang dan bunganya masih di situ. Belum pernah coba sih yang pakai silica gel

    BalasHapus
  8. Disemprot pake hormon sitokinin juga bikin bunga jadi segar. Kalo mau dikeringin pake silica gel juga bisa, atau dikeringin dengan cara herbarium kering.

    BalasHapus
  9. Info yang sangat bermanfaat untuk orang-orang pecinta tanaman atau bunga. Saya pun baru tahu kalai silica gel bisa mengeringkan bunga segar. Cocok banget nih infonya untuk teman saya yang lagi berkreasi dengan bunga

    BalasHapus