9 Usaha Sampingan Potensial Untuk Ibu Rumah Tangga


Catatan Adi - Menjadi ibu rumah tangga tentu adalah sebuah kesempatan yang mulia. Anda bukan hanya harus mengurus rumah namun juga bertanggung jawab penuh menjaga anak-anak.

Lalu bagaimana jika para ibu rumah tangga ingin mendapat penghasilan tambahan tanpa harus meninggalkan kesibukan mereka?

Tentu bisa. Berikut Catatan Adi berbagai tentang 9 usaha sampingan potensial untuk Anda para ibu rumah tangga. Selain tetap bisa beraktifitas juga berpotensi menambah pundi-pundi rupiah.

Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga
Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga

9 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Yang Harus Anda Coba 

1. Online Shop

Usaha online shop sangat mudah namun menantang. Kemajuan teknologi memang memungkinkan Anda terjun ke dunia jual-beli tanpa tatap muka seperti ini.

Apalagi sekarang ada banyak marketplace yang tersedia dan siap digunakan tanpa perlu mengeluarkan biaya sewa lapak. Hanya mengandalkan smartphone, Anda sudah bisa menjadi pedagang online.

Tips Jitu Menekuni Usaha Online Shop

Semua terlihat mudah bukan? Namun jusru di situ tantangannya. Anda harus memikirkan setidaknya tiga hal :

A. Produk yang baik, dibutuhkan banyak orang serta harga bersaing.

Carilah produk yang baik dan pastikan tanpa cacat. Ini sulit jika Anda bermain sebagai seorang dropshipper. Tentu Anda tidak punya kesempatan mengecek kualitas barang dagangan Anda, bukan?
Ada tips yang mungkin bisa Anda pikirkan :

- Ambil barang dari supplier yang sudah memiliki rekam jejak bagus.

- Usahakan mencari sumber barang dari tangan pertama.

- Jaga nama baik Anda dengan cara memastikan barang yang Anda jual memang baik. Jangan ragu untuk meminta ulasan dari kustomer.

B. Pikirkan cara untuk memperkenalkan toko online Anda.

Tidak hanya terbatas pada marketplace, Anda wajib memperkenalkan toko Anda pada banyak orang. Buatlah postingan di media sosial, bekerja sama dengan blogger untuk mengulas toko Anda dan beriklanlah di Google jika memungkinkan.

C. Pelayanan prima yang berbeda dari online shop biasa.

Selalu layani setiap pertanyaan dengan ramah. Responsiflah pada tiap orderan yang datang. Bungkus paket dengan baik. Beri pesan singkat untuk kembali bertransaksi. Hal-hal ini akan menentukan bisnis Anda secara keseluruhan.

2. Jualan Pulsa

Jualan pulsa tetap menjadi salah satu primadona bagi sebagian orang. Hanya bermodalkan smartphone, Anda sudah bisa menjalani usaha ini.

Namun semakin hari nampaknya saingan Anda semakin berat. Beberapa platform terang-terangan masuk ke bisnis ini. Mengapa? Karena mereka tahu pangsa pasarnya besar.

Oleh karena itu, Anda tak boleh ragu, takut apalagi minder. Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan :

Tips Jitu Sukses Berjualan Pulsa

Layani para kustomer Anda dengan ramah. Hal inilah yang tidak bisa dilakukan robot atau mesin yang menjadi andalan beberapa platform penjual pulsa.

Siapkan modal lebih untuk tetangga atau teman Anda yang suka membayar / menghutang. Berhutang tidak apa-apa asal Anda memiliki pembukuan yang baik.

Jangan pernah campurkan modal dengan uang untuk kebutuhan sehari-hari.

Kembangkan usaha Anda dengan menjual kartu perdana atau beberapa aksesoris handphone.

3. Katering Makanan

Makin hari bisnis katering makin legit. Kesadaran masyarakat untuk menikmati makanan lezat namun sehat menjadi alasannya. Di ranah ini Anda sebagai ibu rumah tangga harus bermain.
Tawarkan produk yang enak, harga terjangkau namun sehat. Tiga kriteria itulah yang menjadi kesukaan orang-orang jaman now.

Tips Jitu Sukses Usaha Katering Makanan

Buat grup WA, LINE, atau Facebook. Postinglah menu yang akan Anda buat keesokan harinya.
Kemas makanan dengan menarik dan rapi. Perhatikan kotak makan Anda. Hal sepele seperti ini yang justru menentukan penilaian kustomer.

Latih skill Anda, jangan hanya mengandalkan kemampuan sebagai ibu rumah tangga. Sering-seringlah mencari referensi menu terbaru dari berbagai sumber.

Baca Juga :

5 Cara Investasi Paling Tepat Untuk Mahasiswa

Ladies, Lakukan Ini Untuk Tahu Seberapa Besar Cinta Pasanganmu

10 Jenis Tetangga Menyebalkan

Rahasia Mengatasi Perut Buncit Dengan Makanan Tertentu

4. Toko Kelontong

Memang penetrasi minimarket makin menggila. Walau begitu, jika memungkinkan Anda bisa membuka usaha toko kelontong. Untuk bisa sukses, silahkan baca tips berikut.

Tips Jitu Sukses Membuka Toko Kelontong

Andalkan eratnya hubunga antara ibu rumah tangga. Jika tetangga nyaman berbelanja di toko Anda, mereka akan menjadi kustomer yang loyal.

Tidak perlu berjualan banyak barang. Justru juallah komoditas yang sedikit namun cepat habis. Di sinilah kejelian Anda menangkap peluang ditantang

5. Usaha ATK dan Fotokopi

Jika rumah Anda dekat dengan sekolah atau perkantoran, maka tidak perlu ragu untuk membuka usaha toko ATK dan fotokopi. Namun perhatikan beberapa tips berikut :

Tips Jitu Sukses Usaha ATK dan Fotokopi

Kenali alat fotokopi yang akan Anda gunakan. Sebagai ibu rumah tangga mungkin Anda perlu banyak belajar untuk yang satu ini.

Tidak perlu buka sepanjang hari, namun justru di pagi hari dan sore hari, Anda harus stay on. Ini karena banyak peluang terbuka pada saat-saat tersebut.

Pelajari perilaku konsumen Anda. Tidak perlu membeli aneka macam merk, cukup variasikan produk Anda. Contoh : kulakan saja bolpoin dari 4 merk ternama, tidak perlu terlalu banyak.

6. Blogger

Blogger adalah jenis usaha yang nyaris tanpa modal. Andaikan Anda tidak mau membeli hosting dan domain, pakai saja platform super gratisan dari Blogspot.

Untuk tips dan langkah-langkahnya, silahkan baca artikel lengkapnya di sini.

7. Youtuber

Ada ribuan orang sukses dengan cara menjadi Youtuber. Mungkin Anda salah satunya. Jangan minder walau Anda baru mengenal Youtube dan berprofesi sebagai ibu rumah tangga.

Tips Jitu Sukses Menjadi Youtuber

Intinya adalah : temukan hal yang unik yang bisa Anda lakukan. Rekam itu semua dan upload ke youtube. Sesimpel itu.

8. Usaha Laundry

Ini juga adalah peluang usaha kekinian yang perlu Anda coba. Memang modal cukup besar, karena Anda harus menyediakan beberapa mesin cuci. Namun jika Anda mampu, mengapa tidak?

Tips Jitu Sukses Usaha Laundry

- Pilih mesin cuci yang baik dan hemat listrik.

- Layani pelanggan dengan baik.

- Pastikan Anda tidak merusak pakaian pelanggan atau menghilangkannya.

- Maksimalkan marketing dengan menggunakan sosial media.

9. Usaha Kos dan Penginapan

Kini tersedia aplikasi yang siap menawarkan Anda kerjasama : mencarikan tamu dan Anda hanya meyiapkan rumah sebagai penginapan.

Tentu ini adalah kesempatan yang tidak boleh Anda lewatkan, khususnya jika rumah Anda memang luas dan memiliki banyak kamar.

Atau jikalau memungkinkan, buka saja jasa indekos. Pendapatannya sangat menggiurkan. Tugas utama Anda sebagai ibu rumah tangga juga tetap bisa berjalan dengan baik.

Tips Jitu Usaha Kos dan Penginapan.

- Perhatikan kenyamanan kamar atau rumah Anda.

- Pasang CCTV.

- Bersikaplah ramah.

Demikian 9 usaha sampingan yang bisa Anda jalankan sebagai ibu rumah tangga. Mana yang kira-kira akan Anda pilih?

0 Response to "9 Usaha Sampingan Potensial Untuk Ibu Rumah Tangga"

Post a Comment

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel