10 Niche Yang Mendatangkan Banyak Trafik

Mendapatkan trafik tinggi adalah impian semua blogger. Ada banyak manfaat dari artikel yang bisa viral dan dibaca banyak orang, salah satunya adalah meningkatnya pendapatan melalui adsense. Caranya adalah menulis suatu niche yang dicari banyak orang.

  Cara Memilih niche Blog Yang Tepat
Cara Memilih Topik Blog Yang Tepat

Membuat blog ramai visitor dan bertrafik tinggi bukanlah sebuah kemustahilan. Namun dalam kenyataanya banyak orang merasa sangat sulit untuk dapat menulis artikel yang baik dan berpotensi viral. Padahal ada beberapa formula yang jika diikuti akan mampu membantu dalam menciptakan postingan yang dapat mendatangkan banyak pengunjung.

Beberapa tips untuk membuat artikel yang ramai dan mendatangkan trafik tinggi sudah banyak dibahas oleh para master blogger, baik dalam dan luar negeri. Catatan Adi juga sempat membaca beberapa diantaranya. Walau nampaknya berbeda, namun ternyata ada satu kesamaan penting : pemilihan topik. 

Memilih topik yang tepat adalah langkah awal untuk mendatangkan visitor. Ini juga yang harus Anda lakukan agar blog ramai dikunjungi pembaca, yaitu pilih tema yang tepat.

Ada dua macam topik, yakni current topic dan evergreen topic. Current topic adalah topik yang sedang hangat diperbincangkan oleh publik. Jika memilih topik ini dan Anda mampu mengemasnya dengan baik, dapat dipastikan blog akan langsung memiliki trafik tinggi dalam waktu dekat.

Selain topik yang sedang hangat diperbincangkan, ada pula yang namanya evergreen topic, yaitu tema-tema atau bahasan yang bersifat klasik, berumur panjang dan terus dicari oleh orang-orang kapanpun dan dimanapun. Jika mampu menguasai cara memilih topik jenis ini, maka blog akan dapat menghasilkan uang yang besar untuk jangka waktu lama.

Lalu topik-topik apa saja yang dapat dipilih agar mendatangkan visitor yang banyak? Berikut Catatan Adi akan berbagi 10 topik menulis artikel yang mampu membuat blog ramai dan kebanjiran visitor.

Politik 


Blog dengan niche politik selalu berpotensi untuk bisa mendatangkan trafik besar. Kenapa? Karena semua orang suka politik. Hampir setiap hari ada saja orang yang mencari berita skandal politikus, debat semalam suntuk namun tidak menghasilkan hingga aksi saling tuduh menuduh. Semua itu adalah makanan nikmat yang siap disantap masyarakat kita. Entah benar atau hoax.

Ada tips bagi Anda yang ingin menulis topik politik. Pertama, pastikan diri memiliki mental yang kuat. Para buzzer dan netizen garis keras tidak akan sungkan membombardir kolom komentar di bawah postingan artikel Anda. Jika jiwa dan psikis Anda sudah tangguh, semua itu justru akan menambah pundi-pundi rupiah.

Tips kedua, hindari memblow-up berita hoax yang sensitif, kecuali memang itu tujuan Anda ngeblog. Jadi jangan gentar membuat tulisan bernuansa politik karena itu memang topik yang disukai banyak orang.

Tutorial Blogging


Tutorial blogging dan cara membuat blog yang baik merupakan salah satu topik paling legit. Niche ini bisa bersifat monumental sekaligus evergreen, tergantung darimana Anda melihat.

Ada banyak sekali keuntungan untuk memilih niche tutorial blog. Beberapa diantaranya adalah banyaknya bahasan yang bisa Anda eksplorasi serta jumlah pembaca yang besar. Rata-rata mereka memang sesama blogger yang ingin menambah pengetahuan dan keterampilan ngeblog.

Tips untuk Anda yang ingin mengambil niche tutorial blog : lakukan dahulu apa yang ingin Anda bagi. Contoh cara meningkatkan pendapatan dari Google Adsense hingga 3 juta perbulan. Ini topik yang bagus tetapi akan lucu jika blog Anda sendiri belum diterima menjadi publisher Google Adsense. Jadi mulailah mencoba menulis seputar panduan blog karena ini adalah topik yang dibutuhkan banyak orang.

Motivasi 


Artikel motivasi sedang naik daun. Banyak orang mulai ingin dimotivasi atau kebalikannya, menjadi motivator. Jika Anda kebetulan bisa bahasa asing, seperti Inggris, Mandarin, India, Swahili atau Mongolia, baik juga untuk membuat aneka artikel motivasi memakai bahasa tersebut.

Sebagai sarana inspirasi, silahkan kunjungi berbagai artikel motivasi dan produktivitas yang bertebaran di jagat Medium, Quora maupun LinkedIn. Tips lainnya jika mengambil topik menulis motivasi dan inspirasi adalah lengkapi dengan gambar yang mampu mengaduk-aduk emosi.

Agama 


Topik apa yang baik untuk menulis blog? Ada banyak, salah satunya adalah agama. Bahkan dalam waktu-waktu tertentu, pencarian mengenai artikel yang berhubungan dengan agama bisa melonjak drastis.

Pendidikan 


Apa topik yang benar-benar dibutuhkan dan dicari banyak orang? Ternyata jawabannya adalah pendidikan. Namun jika Anda tidak terampil dan bukan berlatar belakang guru, psikologi dan sejenisnya, lebih baik jangan mengambil topik ini.

Beberapa blog yang cukup sukses di niche pendidikan memang dikelola secara profesional, seperti Esai Edukasi, Ruang Guru, TED ataupun Blog English First. Tetapi jika Anda merasa mampu silahkan untuk mencoba.

Tips Suami Istri 


Ini juga adalah salah satu niche yang banyak mengundang visitor. Jika Anda bermain niche ini dan pandai menulis secara copywriter, maka jangan heran bila nanti akan banjir penawaran advertorial atau guest post.

Horror 


Belum banyak yang menyadari ini, padahal horor juga adalah niche yang sangat baik dan dicari banyak orang. Coba lihat beberapa blog seperti Mengaku Backpacker, Enigma, Indonesian Crop Circle atau Creepy Pasta Indonesia. 

Belum banyak yang tahu jika ada ratusan juta orang yang menggandrungi hal-hal mistis, menyukai fenomena misterius dan ketagihan riddle horor. Untuk itu jika Anda juga memiliki passion yang sama, silahkan coba topik yang banyak dicari orang ini.

Wirausaha


Selalu ada orang yang ingin tahu cara beternak lele, memulai usaha jual beli aki bekas atau panduan menjadi agen air mineral sukses. Ya, wirausaha adalah salah satu topik yang harus Anda coba. Ini juga niche yang sangat berpotensi meningkatkan trafik di blog Anda.

Jadi jangan ragu membuat artikel tetang wirausaha karena ini adalah topik yang dicari banyak orang.

Finansial  


Finansial atau keuangan juga merupakan salah satu niche paling populer hingga saat ini. Selalu akan ada orang yang ingin mengetahui perihal tips mengelola keuangan, cara mendapatkan penghasilan tambahan hingga panduan memilih asuransi yang tepat.

Akan lebih baik jika sebagai blogger, Anda juga memiliki latar belakang finance. Bahkan selain mendatangkan trafik tinggi, blog juga bisa dikembangkan menjadi aplikasi keuangan yang dewasa ini makin dibutuhkan orang-orang.

Ada beberapa tips jika Anda nantinya memilih niche finansial. Pertama, rajinlah membaca perkembangan dunia investasi, keuangan dan industri terbaru. Kedua, berikan contoh dan aplikasi nyata di setiap postingan. Terakhir, pastikan tips dan tutorial yang Anda berikan sudah teruji.

Humor 


Jangan salah, humor dan komedi juga merupakan niche yang menjadi primadona banyak blogger maupun internet marketer. Semua orang menyukai sesuatu yang lucu, tinggal bagaimana Anda sebagai penulis mengemasnya secara berbeda agar mampu bersaing dengan kompetitor.

Walau begitu ada beberapa hal yang wajib diwaspadai. Jangan sampai humor yang ditulis di blog menyinggung perasaan seseorang atau sekelompok orang. Alih-alih mendatangkan trafik dan mendapatkan keuntungan, blog yang Anda miliki bisa dipermasalahkan. Repot, khan?

Jika memilih topik humor atau komedi dalam menulis di blog, pastikan juga untuk membidik pangsa pasar yang tepat. Apakah humor Anda satir, ringan, atau dark joke? Ini penting agar mater yang Anda tulis tidak sia-sia. Lebih bagus lagi jika Anda menetapkan dari awal siapa-siapa saja target pembaca postingan.

Tips : Banyak-banyaklah menonton film humor, mendengarkan stand-up comedy dan mengingat semua lelucon yang pernah Anda dengar. Tuangkan itu menjadi artikel yang layak baca dan mampu menghibur pengjunjung blog Anda.

Beberapa situs dan blog humor yang pernah sukses besar antara lain : 1cak, Shittlicious dan MBDC. Baca situs-situs tersebut agar mendapat inspirasi mengenai materi-materi yang nantinya Anda tulis dalam blog. Jangan ragu memilih niche humor karena ini adalah topik yang dicari banyak orang.

topik yang bisa meningkatkan trafik
Memilih Niche Yang Tepat

Demikianlah artikel kali ini, silahkan share ke media sosial Anda jika bermanfaat. Jangan lupa baca artikel menarik dari Catatan Adi lainnya. Semoga postingan ini bermanfaat untuk Anda semua, yakni dapat  meningkatkan trafik blog.

0 Response to "10 Niche Yang Mendatangkan Banyak Trafik "

Post a Comment

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel