Benarkah ada monyet yang bisa terbang? Hewan apa yang pandai melompat namun tidak bisa berlari? Binatang mana yang memiliki lompatan paling tinggi? Dalam artikel kali ini, Catatan Adi akan membahas berbagai hal mengenai cara hewan bergerak dari satu tempat menuju tempat yang lain.

Bagaimana Binatang Bergerak?

Bagaimana hewan bergerak? - catatanadi.com
Seekor penyu melayang di lautan

Dunia hewan tak pernah berhenti memberikan kejutan pada manusia. Semakin diteliti, semakin menarik dan membuat siapapun berdecak kagum. Mari memulainya dengan hal yang sederhana, cara binatang bergerak.

Bagaimana mereka bergerak? Sebagian besar mamalia darat menggunakan kaki dan lengannya, sedang bangsa ular melakukannya dengan tubuh mereka.

Di air, kebanyakan terbantu dengan ekor dan sirip, namun ubur-ubur berada di persimpangan antara berenang dan melayang. Anjing laut, singat laut dan juga beruang menggunakan kaki dan tangan mereka untuk bergerak di bawah permukaan air.

Pergerakan mengagumkan juga ditunjukkan bangsa burung dengan sayapnya, atau lebih hebat lagi, lebah dan nyamuk yang lincah bermanuver layaknya pesawat tempur menggempur musuh.

Lalu bagaimana sebenarnya hewan bergerak? Ternyata mereka bergerak dengan caranya masing-masing. Sungguh sebuah kerajaan yang layak untuk diamati dan dijaga kelestariannya.

Baca juga artikel kami tentang fenomena Kuyang, fakta atau hanya isapan jempol?

Apa Hewan Paling Lambat?

sloth dari amerika selatan -catatanadi.com
Seekor sloth berpose di pohon 

Beberapa hewan berikut layak masuk nominasi : Sloth, kura-kura, siput dan keong. Mereka bergerak sangat lambat seakan hidup ratusan bahkan ribuan tahun. Bahkan seekor siput telanjang butuh waktu 15 menit untuk bisa merambat melintasi dua halaman buku.

Sedang sloth, mamalia bongsor dari Amerika Selatan, dikenal sebagai makhluk paling malas di dunia. Mereka menghabiskan waktu dengan tidur dan bengong di dahan pohon. Sayang sekali hutan-hutan di Brazil kini sedang mengalami ancaman pembalakan liar.

Ingin melihat hewan-hewan ini selamat? Maka mari bersama kita hutan untuk masa depan umat manusia dan binatang.

Siapa Hewan Paling Cepat?

siapa hewan tercepat di dunia? - catatanadi.com
Seekor cheetah di padang belantara Afrika

Tentu saja cheetah adalah binatang dengan lari paling cepat di muka bumi. Dalam keadaan optimal, seekor cheetah mampu melaju dengan kecepatan 100 kilometer per jam, sebuah rekor yang sulit disaingi hewan manapun.

Walau demikian, ternyata si kucing besar satu ini hanya mampu berlari maksimal sejauh 450 meter untuk kemudian mengambil waktu sejenak untuk beristirahat. Ada yang berani adu cepat?

Baca juga artikel menarik kami tentang ancaman kepunahan yang menderu bahasa-bahasa lokal di Indonesia. Klik tautannya di sini. 

Pandai Melompat Namun Susah Berlari?

Dunia fauna memang unik. Salah satu keunikan itu ada pada kanguru. Hewan khas Australia tersebut bukan hanya pandai bertinju, namun juga mahir melompat.

Di sisi lain, ternyata makhluk berkantong tersebut tidak terlalu suka berlari. Ia bahkan tidak terampil dalam melakukan hal tersebut. Ini bisa dimaklukmi bentuk kaki mereka yang panjang dan tubuh yang tinggi menjulang. Namun jangan ajak mereka lompat jauh.

Seekor kanguru mampu mencapai tujuh meter dalam sekali lompatan. Sungguh sebuah fakta yang mengagumkan.

kanguru dari indonesia - catatanadi.com
Mian, kanguru dari Papua Indonesia

Sebenarnya selain di Australia, kanguru juga ada di Papua dan Papua Barat (Indonesia). Seperti ini wajah lucu mereka. Penasaran mengenai kanguru asal tanah Papua? Baca artikel selengkapnya di sini.

Bicara tentang Australia, ada sebuah negeri kecil di kawasan Pasifik tak jauh dari Aussie. Negeri bernama Kaledonia Baru tersebut terasa spesial karena adanya komunitas Jawa yang masih mempertahankan budaya luhur nenek moyang. Baca selengkapnya di artikel berjudul Dentang Gamelan Dari Selatan Pasifik. 

Hewan Kecil Dengan Lompatan Besar?

Gambar belalang - catatanadi.com
Gambar belalang

Tahukah kamu jika ada fauna yang ukuran tubuhnya sangat kecil namun mampu membuat lompatan yang tinggi? Ya, jawabannya adalah kutu loncat.

Kutu loncat mampu meloncat setinggi 250 meter dan ia bisa melompat sepanjang 400 meter. Satu fakta yang luar biasa adalah bahwa itu semua merupakan 220 kali ukuran besar tubuhnya.

Hewan kecil lain yang nampaknya layak menemani kutu loncat adalah belalang, katak dan laba-laba peloncat. Mereka masing-masing mampu melompat dengan ukuran 100 hingga 300 kali besar tubuhnya.

Jangan khawatir, manusia tak perlu harus melompat-lompat untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Kita punya kaki yang kuat dan beragam kendaraan, salah satunya sepeda. Namun apakah Anda tahu cara bersepeda yang benar? Baca artikel lengkapnya di sini. 

Terbang Mundur

foto hummingbird - catatanadi.com
foto burung kolibri sedang beraksi

Kebanyakan para burung bisa terbang, namun ada satu yang memiliki kemampuan luar biasa. Burung kolibri mampu terbang seperti helikopter bahkan terbang mundur.

Hummingbird atau kolibri memang memiliki banyak hal istimewa. Burung mungil ini memiliki detak jantung yang sangat cepat, yakni lebih dari 1000 detak per detik.

Walau kecil ternyata kolibri sangat agresif dan pemberani. Mereka juga dikenal sangat rakus nektar. Dengan kemampuan terbang statis dan bahkan mundur, maka tak heran hummingbird sangat jago memanen nektar dari bunga-bunga.

Apakah Semua Burung Dapat Terbang?

gambar burung pinguin - catatanadi.com
Sekawanan pinguin di habitatnya

Tentu tidak. Ada banyak contoh dari burung yang tidak mampu terbang. Mari kita bahas burung unta terlebih dahulu. Sebagai anggota Aves, hewan ini justru nyaman bergerak dengan cara berlari. Mereka mengandalkan dua kaki panjang yang kuat yang mampu membawanya melaju dengan kecepatan mengagumkan.

Pinguin juga tak bisa terbang. Tetapi mereka bisa meluncur dan berenang dengan handal. Mungkin memang dua kemampuan itu yang paling dibutuhkan dalam mencari makan di kutub yang sangat dingin.

Selain burung unta dan pinguin masih ada bangsa aves lainnya yang tak mampu terbang. Kita punya kiwi, kakaktua, kasuari, emu dan takahe sebagai burung-burung yang tidak bisa terbang.

Penumpang Gelap

burung pemakan kutu - catatanadi.com
Burung jalak dan kerbau
Ada juga hewan-hewan yang memanfaatkan temannya untuk bisa bergerak. Mari kita sebut mereka para penumpang gelap. Siapa saja mereka?

Dua diantara para penumpang handal itu adalah burung jalak dan anemon. Burung pemakan kutu mendapatkan makanan dan kendaraan gratis dari para mamalia raksasa. Sedang kerbau tidak keberatan karena ia bisa terhindar dari gatal-gatal.

Sedankan anemon laut menutupi cangkang umang-umang, menumpang untuk bisa menemukan tempat baru yang lebih nyaman.

Bukan Burung Tapi Bisa Terbang

monyet terbang - catatanadi.com
Beberapa jenis monyet bisa melompat dengan sangat baik

Kelelawar adalah contoh terbaik mamalia terbang. Walau bukan termasuk bangsa burung, namun hewan satu ini bisa terbang dengan enaknya. Mereka berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk mencari mangsa dan makanan.

Baca Juga 10 jenis kamera yang harus kamu tahu.

Beberapa hewan lainnya sebenarnya hanya melompat atau terbang sesaat tetapi tidak benar-benar terbang layaknya burung atau kupu-kupu. Mereka antara lain adalah kadal terbang, beberapa jenis katak, tupai, cumi-cumi dan ikan bersayap.

Itulah bermacam-macam cara hewan bergerak. Mengagumkan bukan? Mari kita jaga kelestarian hutan dan alam agar binatang-binatang lucu itu dapat terus lestari.