Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Jurus Silat Paling Berbahaya

Silat adalah budaya warisan leluhur yang sangat besar pengaruhnya hingga saat ini. Banyak orang masih memaknai silat sebagai sebuah jalan hidup yang kaya dengan makna-makna luhur. Sedang yang lain menggunakan silat untuk berjaga-jaga dari orang jahat.

Seiring dengan kemajuan jaman, silat juga berkembang dengan pesat. Ilmu-ilmu baru tercipta dan banyak perguruan didirikan. Bahkan kini silat sudah merambah ke mancanegara.

Dalam literatur orang Jawa, ada banyak jurus pencak silat yang mengagumkan. Beberapa diantaranya akan membuat Anda tercengang.

jurus silat paling kuat
Jurus Pencak Silat


1. Rawa Ronteg. 

Ini adalah jurus yang luar biasa dan bahkan akan membuat banyak orang ingin menguasainya. Rawa Ronteg, sebuah jurus tanah Jawa yang membuat pemiliknya tidak bisa mati. Ketika dalam pertempuran, sang pemilik jurus akan tak gentar menghadapi musuh siapapun, karena dia tahu dirinya tak akan mati.

Jika ia ditusuk, bahkan sampai tembus, ia akan tetap hidup dan sembuh seketika. Ketika ia dimutilasi, dipenggal kaki tangan dan kepala, semua itu akan kembali menyatu. Kekuatan dari jurus ini adalah tanah. Maka satu-satunya cara 'membunuh' pemilik jurus ini adalah dijauhkan dari tanah. Bisa digantung, dibakar sampai jadi abu atau dilumat sampai jadi potongan kecil.

2. Pancasona. 

Tak kalah dengan Rawa Ronteq, Pancasona juga tak akan membiarkan pemiliknya mati. Ia akan terus hidup, sebuah keuntungan yang membuat gentar semua musuhnya. Pemilik Pancasona dikatakan tidak bisa ditembus pedang, keris, tombak atau senjata apapun. Ini adalah ilmu kebal tingkat tinggi dan sangat kuno.

Ada dua versi cara mengalahkannya. Yang pertama dikubur hidup-hidup. Yang kedua, meminta sang pemilik jurus untuk mengikhlaskan diri menyambut kematiannya.

3. Pukulan Hawa Murni. 

Sebuah jurus yang bukan main-main bahayanya. Dalam pertarungan jarak dekat, jurus ini serasa kurang berguna, namun begitu ada jarak antar petarung, maka sang musuh dipastikan kalah. Sang pemilik jurus ini mampu memukul musuhnya walau tanpa menyentuhnya. Bahkan lebih dari itu, tanpa sang musuh sadar.

4. Ajian Seipi Angin. 

Ini merupakan sebuah jurus kuno yang memungkinkan penggunanya untuk bergerak dengan lincah seperti angin. Bahkan kabarnya, pemilik jurus seipi angin mampu meloncat tinggi dan terbang seperti burung. Tentu memiliki jurus yang membuat gerakan menjadi luwes dan lincah adalah keuntungan tersendiri. Para pemilik jurus ini akan mampu menghindari serangan dan sebaliknya, akan punya
potensi untuk melakukan serangan dengan efektif.

5. Ngrogoh Sukma. 

Jurus yang membuat sang pemilik bukan hanya sakti namun juga berbahaya. Sang pemilik jurus akan bersemedi sementara itu rohnya akan meninggalkan tubuhnya, melayang-layang dan pergi ke tempat manapun yang ia suka. Jurus ini beresiko karena ketika tahap meditasi, sang musuh bisa saja membakar tubuhnya. Akhirnya pemilik Ngrogoh Sukma akan mati karena rohnya melayang-layang
dan tidak mampu menemukan tempat atau raganya kembali.

6. Pukulan Tenaga Dalam. 

Ini juga merupaan sebuah jurus rahasia yang mampu membuat lawan terpental. Pengguna jurus tenaga dalam bukan hanya mengandalkan kekuatan fisik namun kekuatan misterius yang sangat hebat dan mengerikan.

Lalu bagaimana cara menguasai jurus-jurus tersebut? Tidak ada yang tahu. Saya sendiri hanya mendengarnya dari sesama pecinta silat. Apakah semuanya itu hanya fiksi dan merupakan ciri khas kerinduan nenek moyang kita untuk menjadi sekuat alam, tetap abadi dan tak terkalahkan? Mungkin saja.

Mengingat betapa jahatnya umat manusia jika sudah memiliki kekuasaan, mungkin jurus-jurus di atas lebih baik tidak pernah ada.
Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "6 Jurus Silat Paling Berbahaya"

Berlangganan via Email