Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagian-Bagian Utama Komputer


Sebutkan bagian-bagian utama dari komputer! Apa Anda pernah mendapatkan soal ini? Maka jangan khawatir, karena jawabannya sungguh sangat mudah. 

Ketika ingin merakit komputer sendiri, kita perlu mengerti bagian - bagian utama komputer. Sebab agar bisa menyala dan digunakan, sebuah komputer harus disambungkan dengan beberapa perangkat. Seperti RAM, CPU, VGA, HDD, dan lain - lain.


Bagian-bagian utama komputer
Bagian-bagian utama komputer

Berbeda dengan laptop yang umumnya dijual dalam bentuk satu paket, kita bisa membeli komputer secara terpisah. Sehingga anda bisa sesuaikan kebutuhan spesifikasi dan budget yang anda inginkan untuk membuat komputer tersebut.


Dan anda juga membeli tiap perangkat atau bagian - bagian utama komputer secara terpisah. Sehingga untuk anda yang punya budget terbatas pun bisa tetap terbeli tanpa harus mengeluarkan uang banyak dalam waktu bersamaan.


Bagian - Bagian Utama Komputer

Baik laptop, notebook, PC, maupun komputer AIO ( All in One), selalu terdiri dari satu motherboard atau mainboard. Motherboard inilah yang menyambungkan semua komponen utama dalam komputer agar bisa menyala dan dioperasikan. Motherboard ini menghubungkan 4 bagian utama dalam komputer yaitu :

1. CPU (Central Processing Unit)

Gambar CPU
Gambar CPU

Bisa dibilang, CPU atau processor ini adalah otak yang membuat komputer anda bisa bekerja. Bagian ini bertugas untuk memproses data dan menterjemahkan kode yang dikirim dari perangkat lain. Untuk anda yang belum tahu, komputer ini sebenarnya seperti kalkulator.

Setiap anda menekan tombol di keyboard atau mouse, akan ada kode yang dikirimkan ke CPU. Kemudian kode tersebut diterjemahkan oleh CPU dan dikirimkan ke bagian utama komputer yang lain. Misalnya bila anda menekan huruf M di keyboard, CPU akan menterjemahkan kode berupa angka dari keyboard dan mengirimkannya ke perangkat lain untuk menampilkan huruf M tersebut.

2. RAM (Random-access Memory)

Gambar RAM
Gambar RAM

Untuk bagian utama komputer yang berikutnya mungkin beberapa dari anda sudah tidak asing lagi. Di dalam komputer, RAM ini digunakan sebagai tempat menyimpan data sementara selama data tersebut diproses. Seperti yang sudah dikatakan tadi, komputer bekerja layaknya kalkulator, dimana ada banyak angka dan data yang mengalir dari satu perangkat ke CPU.

Nah, RAM ini bertugas sebagai media yang menjadi jembatan tempat data tersebut lewat. Jadi bila ada orang yang menganggap RAM ini bagian terpenting untuk komputer gaming, mereka tidak sepenuhnya salah. Tapi, banyak orang yang mempersepsikan RAM mempengaruhi grafik gambar di dalam komputer padahal kenyataannya salah.

3. VGA (Video Graphic Array)

 Gambar VGA
Gambar VGA

Tidak hanya di PC, di laptop juga ada VGA. Di dalam komputer, VGA Card atau graphics card lah yang mempengaruhi kualitas grafis dan gambar yang tampil. Bahkan VGA inilah yang bekerja menampilkan gambar di layar monitor komputer anda nantinya.

Cara kerja VGA ini adalah dengan menerima data atau angka dari CPU. Misalnya bila anda menggerakan mouse, akan ada data yang terkirim ke CPU. Kemudian CPU menerjemahkannya dan mengirim data tersebut ke VGA. Sehingga nantinya VGA menerima data tersebut dan membuat cursor di monitor anda bergerak sesuai dengan gerak mouse.

4. Hard Drive

Gambar Hard Drive
Gambar Hard Drive

Dan bagian utama komputer yang terakhir adalah Hard Drive. Bagian ini bertugas sebagai tempat penyimpanan semua data di dalam komputer. Seperti foto, video, dokumen - dokumen, aplikasi, hingga OS yang digunakan seperti windows atau linux.

Hard Drive sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu Hard Disk dan Solid State Drive. Hard Disk bekerja dengan cara menyimpan semua data ke dalam sebuah kaset. Sedangkan Solid State Drive atau SDD menyimpan data dalam sebuah memori flash mirip seperti memory card atau flash drive.

Itulah bagian - bagian utama yang terdapat pada komputer yang membuatnya bisa menyala. Sekarang agar bisa digunakan, anda butuh bagian tambahannya seperti monitor, tetikus, keyboard, dan lain - lain. Baca juga artikel lain dari Catatan Adi mengenai topik teknologi, seperti cara mengatasi HP yang kemasukan air agat tidak rusak. 
Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Bagian-Bagian Utama Komputer"

Berlangganan via Email