Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menabung yang Benar Ala Milenial

Catatan Adi - Halo sobat milenial yang selalu ingin maju dan pantang menyerah, kali ini kita akan memberikan sebuah tips jitu menabung agar masa depan kalian terus terjaga. 

Tentu sobat milenial ingin memiliki masa depan cerah, bukan? Nah, salah satu cara mewujudkannya adalah dengan rajin menabung dan paham bentuk-bentuk tabungan yang tepat sehingga ada dana yang cukup untuk kebutuhan di masa depan. 

Manfaat Menabung

TIPS MENABUNG
TIPS MENABUNG UNTUK MILENIAL

Menabung adalah salah satu hal yang wajib dilakukan. Mengapa? Karena ini adalah bentuk persiapan untuk masa depan. Tentu tidak ada satu orangpun yang bisa memprediksi masa depan. Meski demikian, akan jauh lebih tenang jika kita punya dana cadangan khusus daripada tidak sama sekali.

Jadi itulah fungsi utama menabung, yakni sebagai dana darurat jika terjadi suatu hal di masa depan. Namun kenapa tidak menyimpan dalam bentu lain, misal investasi saham ataupun emas? Alasannya adalah karena jika uang disimpan dalam bentuk tabungan, maka bisa ditarik sewaktu-waktu. Berbeda jika kalian menyimpannya dalam bentuk obligasi, emas ataupun saham. Setidaknya butuh waktu untuk mengkonversinya menjadi dana segar yang langsung siap pakai.

Menabung juga adalah suatu bentuk perencanaan bagi masa depan. Siapa yang tidak ingin punya rumah, mobil ataupun biaya pendidikan untuk anak-anak kelak? Nah untuk mempersiapkannya, kalian bisa menabung. Sekali lagi, memang selain menabung ada juga bentuk lain, misal membeli polis asuransi ataupun jadi anggota dana pensiun. Dua hal itu bisa juga dilakukan, namun alangkah lebih baiknya jika selain ikut asuransi dan dana pensiun juga tetap memiliki tabungan masa depan, sekecil apapun itu.

Menabung sebenarnya juga punya benefit lainnya, misalkan bunga. Itu jika Anda menabung di bank, koperasi atau lembaga keuangan sejenis. Bunga ini nantinya bisa digunakan untuk menutup biaya administrasi atau bahkan menambah saldo tabungan. Nah, nanti kita akan belajar dimana saja kita bisa menabung, sehingga tidak rugi karena terus terpotong biaya administrasi.

Sebelum kita nanti membahas bentuk-bentuk tabungan ala milenial yang bisa kalian coba, terlebih dahulu kita akan bahas dua kunci sukses menabung, yakni konsisten dan diversifikasi. 

Konsisten Menabung

Berapapun gajimu, maka usahakan untuk memiliki komitmen menganggarkan sebagian untuk ditabung. Apalagi jika gaji kalian tergolong besar. 

Satu hal yang harus dipelajari adalah membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Setelah kalian benar-benar bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan, maka cobalah untuk menekan keinginan dan mengalihkannya menjadi menabung. 

Pun sama dengan kebutuhan, cobalah untuk meneliti kembali dengan menyusun skala prioritas yakni urutan mana kebutuhan yang paling penting. 

Jangan sampai menabung karena ada sisa uang, melainkan sedari awal buatlah komitmen untuk menganggarkan uang untuk disimpan dalam tabungan. 

Diversifikasi

Sekarang saatnya kita membahas bentuk-bentuk tabungan. Ada beberapa macam tabungan yang ada, antara lain adalah : 

  • Tabungan konvensional
  • Tabungan berjangka / deposito
  • Tabungan sekaligus investasi

Pada dasarnya, sobat milenial harus punya tabungan yang bisa dicairkan sewaktu-waktu. Jadi, anggarkan biaya khusus untuk disimpan dalam bentuk tabungan konvensional. Cobalah cari bank yang biaya adminnya rendah, punya banyak cabang, memiliki prestise yang baik serta mesin ATM-nya mudah ditemukan. 

Selain itu, jika memang memungkinkan, anggarkan juga tabungan deposito, karena nantinya akan ada bunga yang bisa menambah saldo tabungan kalian. Silahkan cek di sini untuk membandingkan besaran bunga deposito masing-masing bank yang ada di Indonesia. 

Selain tabungan dalam bentuk simpanan berbunga, ada baiknya juga sobat milenial mencoba berinvestasi. Terlebih lagi, di jaman serba digital ini investasi menjadi sesuatu yang mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja. 

Tips Menabung Ala Milenial 

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kalian coba terkait kegiatan menabung yang memang sangat penting untuk dilakukan : 

  1. Sadarilah bahwa di masa depan, akan sangat mungkin terjadi banyak hal yang memerlukan biaya. Jadi mulai dari sekarang, hal itu harus disiapkan.
  2. Tulis keinginan jangka pendek dan panjang. Misal, memiliki rumah sendiri pada usia 30 tahun. Membeli mobil lima tahun dari sekarang. Jadikan itu motivasi untuk menabung.
  3. Bukalah tabungan konvensional di bank dengan biaya admin yang rendah.
  4. Anggarkan sebagian pendapatan untuk ditabung.
  5. Menabunglah di tempat lain selain bank, misal koperasi atau lembaga keuangan lainnya. Cari produk tabungan yang berbunga tinggi.
  6. Jika tabungan sudah cukup, ambillah sebagian untuk ditabung dalam bentuk deposito. 
  7. Anggarkan juga dana untuk berinvestasi. 
  8. Meski demikian, kalian tetap butuh simpanan uang tunai atau uang yang bisa digunakan sewaktu-waktu. Gunakan e-wallet agar lebih mudah memonitor pengeluaran. 

Selain menabung, sobat milenial juga harus berinvestasi, misal di P2P lending yang memang minim resiko tapi berpotensi punya keuntungan besar. Selain itu coba juga instrumen investasi lainnya. 

Itulah pembahasan kali ini tentang Tips Menabung untuk Milenial. Baca juga postingan menarik lainnya seputar keuangan dan finansial anak muda di rubrik Tips Milenial, misalnya perlukah untuk memiliki asuransi sejak dini? 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Cara Menabung yang Benar Ala Milenial"

Artikel Pilihan Hari Ini

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label