Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

TERBARU, Daftar Negara Paling Bahagia di Dunia 2021

Sebutan negara-negara paling bahagia di dunia merupakan sesuatu yang sulit dicapai. Untuk meraihnya diperlukan kerja keras, karena indikator pencapainnya tidaklah mudah.

Seperti diketahui, meski mungkin masih menyisakan banyak perdebatan, setiap tahunnya dirilis sebuah daftar berisi negara-negara dengan rakyat yang paling berbahagia. 

Indikator umumnya adalah tingkat pendapatan, pelayanan umum, infrastruktur, isu rasialisme, penindasan terhadap pemeluk agama atau keyakinan tertentu dan keamanan nasional. Dari semua faktor tadi ditambah faktor lainnya, maka muncullah nama-nama negara yang bikin iri negara lain tersebut, bahkan menjadi sebuah magnet orang-orang untuk berpikir pindah kewarganegaraan. 

Finlandia Juaranya

inilah negara paling bahagia 2021
Daftar Terbaru Negara Paling Bahaga tahun 2021

Sudah bisa ditebak bahwa negara-negara maju di kawasan Eropa atau Amerika Utara akan banyak mengisi daftar teratas. Namun siapa sangka ternyata World Happiness Report justru menempatkan Finlandia sebagai pemuncak daftar. 

Finlandia sendiri adalah sebuah negara kecil di kawasan utara, berbatasan dengan Rusia dan negara Eropa ujung lainnya. Negeri ini mengandalkan hasil hutan dan sedikit tambang, namun cukup terkenal di bidang pengembangan sumber daya manusia.

Asal diketahui, Finlandia juga merupakan negara tempat asal Nokia, sebuah merk gadget yang begitu mendominasi dunia jauh sebelum Android berkibar.

Dalam urutan 10 negara paling bahagia, setelah Finlandia, ditempat kedua ada Islandia. Disusul kemudian Denmark, Swiss, Belanda, Swedia, Jerman, Norwegia, Selandia Baru dan Austria. 

Faktor Respon Terhadap Pandemi

Dalam situasi dunia yang serba tidak menentu karena adanya pandemi yang menyerang seluruh penduduk planet bumi, World Happiness Report dalam lamannya yang berjudul In a Lamentable Year, Finland Again is The Happiest Country in The World menyebutkan dengan terang-terangan bahwa faktor penanganan pandemi juga termasuk salah satu indikator yang diperhitungkan.

Tingkat kepercayaan masyarakat pada pemerintah dan bagaimana warga percaya satu sama lain merupakan bentuk penghargaan sekaligus upaya dari sebuah masyarakat yang layak disebut berbahagia. Mereka pada akhirnya menganggap sebagai sesuatu yang umum dan bisa terjadi kapanpun. Meraka fokus pada penanganan yang efisien. 

Perbandingan Data 2020 vs 2021

10 negara paling bahagia
10 negara paling bahagia 2021

Data di atas adalah daftar negara yang masuk urutan 10 besar. Sebenarnya tidak ada perubahan yang berarti, namun bila kita lihat, nampaknya negara-negara Skandinavia tetap mendominasi. Bahkan hanya ada satu negara yang berada di luar kawasan tersebut, yakni Selandia Baru. 

negara paling bahagia tahun 2020
negara paling bahagia tahun 2020

Sebuah Pembelajaran

Dari berbagai infografis di atas bisa kita simpulkan bahwa bukan negara dengan kekuatan militer terhebat, sumber daya alam paling melimpah dan kekayaan perkapita tertinggi yang jadi paling bahagia.

Indonesia harus segera belajar dari negeri semungil Finlandia. Indonesia harus mampu mengoptimalkan semua potensi yang ada dan mulai mengarahkan pembangunan secara efektif. Terlebih Indonesia punya bonus demografi yang besar.

Sumber : 

  • World Happiness Research 
  • Happiness Research Institute 
  • DW Germany 

*******

Kenapa bisa terjadi kesenjangan sosial? Kenapa ada banyak pengemis bermunculan, termasuk juga gelandangan dan orang miskin. Apakah dengan membagi kekayaan sama besar bagi seluruh penduduk bumi, kemiskinan bisa diatasi? Atau kita perlu sebuah revolusi total untuk menyelesaikannya, termasuk dengan bergeser pada teori-teori komunis? Selanjutnya silahkan baca esai tentang teori pembentukan sebuah negara beserta contoh-contohnya.

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

1 komentar untuk "TERBARU, Daftar Negara Paling Bahagia di Dunia 2021"