Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Lengkap Presiden Republik Indonesia dan Wakilnya

Inilah daftar lengkap Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 1945-2024. Mereka adalah orang-orang terpilih yang telah berjasa membangun bangsa dan memimpin negeri ini.

Meski tentu saja ada kelebihan dan kekurangan, namun seyogyanya seluruh elemen bangsa tetap memberikan penghormatan yang pantas pada sosok-sosok yang telah berjasa untuk Indonesia. 

Urutan Presiden RI
Lambang Presiden RI


Sukarno

Ir. Soekarno atau yang biasa disebut Bung Karno adalah Presiden pertama Republik Indonesia. Beliau memerintah dari tahun 1945 hingga kemudian lengser karena pidatonya ditolak oleh MPR pimpinan A.H Nasution pada tahun 1967. 

Wakil dari Bung Karno adalah Drs. Mohammad Hatta. Berdua mereka biasa disebut sebagai Dwitunggal Sukarno-Hatta. Untuk penghormatan atas jasa beliau, maka nama Bung Karno diabadikan menjadi stadion, bandara udara, jalan raya hingga universitas. 

Sukarno berasal dari Partai Nasional Indonesia dan sempat juga bergabung dengan Partai Indonesia (Partindo). 

Suharto

Suharto menjadi presiden kedua menggantikan Bung Karno melalui SUPERSEMAR atau surat perintah sebelas Maret yang hingga detik ini masih penuh misteri. 

Suharto memerintah selama 32 tahun. Ia didukung penuh oleh Golongan Karya, setidaknya hingga menjelang peristiwa pengunduran dirinya. 

Suharto mengundurkan diri karena tuntutan masyarakat dari Sabang-Merauke khususnya dipelopori oleh gerakan mahasiswa. Ia telah berkuasa dari tahun 1967-1998. Ada beberapa tokoh yang pernah jadi wakil presiden daripada Suharto, yakni : Hamengkubuwana IX, Adam Malik, Umar Wirahadikusuma, Sudharmono, Try Sutrisno dan B.J Habibie.

B.J Habibie

Bacharuddin Jusuf Habibi yang merupakan wakil presiden naik menggantikan Suharto menjadi Presiden RI ketiga. Ia memerintah dari 21 Mei 1998 hingga 20 Oktober 1999. B.J Habibie adalah tokoh dari Partai Golkar. 

Sebagai seorang pengganti, B.J Habibie tidak memiliki wapres. Padahal di era pemerintahannya, Indonesia nyaris hancur lebur. Selain krisis ekonomi parah dan kerusuhan dimana-mana, Timtim menyatakan kemerdekaan dan berpisah dari Indonesia lalu mengganti nama menjadi Timor Leste dan berniat masuk ASEAN

Abdurrahman Wachid

Abdurrahman Wachid atau Gus Dur terpilih sebagai Presiden Keempat menggantikan B.J Habibie meski Partai Kebangkitan Bangsa kalah suaranya dari Golongan Karya dan PDI Perjuangan. Ia mampu mengalahkan Megawati yang meski partainya menang, tetapi gagal jadi presiden karena isu gender. 

Gus Dur memiliki jutaan pendukung fanatik. Ia juga presiden yang nyentrik. Di tangannya Indonesia melakukan banyak perubahan luar biasa, seperti mengakui kembali agama Konghucu, menghapuskan diskriminasi terstruktur atas etnis orang Cina Indonesia (Tionghoa), mengembalikan nama Irian Jaya menjadi Papua, menghapuskan departemen sosial yang korup serta menaikkan gaji pegawai negeri. 

Gus Dur memerintah dengan jangka waktu yang singkat, yakni dari 20 Oktober 1999 hingga 23 Juli 2001.

Gus Dur lengser tidak dengan wajar. Ia dijatuhkan oleh MPR yang anehnya kemudian membuka jalan bagi Megawati. Asal diketahui, Megawati adalah wakil presiden Gus Dur. 

Megawati Sukarnoputri

Megawati adalah salah satu anak dari Bung Karno. Ia memerintah dari 23 Juli 2001 hingga 20 Oktober 2004. Ia merupakan Presiden perempuan pertama Indonesia. Sebagai Presiden kelima, Mega juga punya banyak sekali tantangan. Selain mewarisi masalah dari Orde Baru, banyak juga kasus yang gagal dituntaskan, termasuk peristiwa berdarah 27 Juli. 

Mega sendiri berasal dari PDI Perjuangan yakni partai yang berbagi sejarah dengan PNI. Maka tak heran dalam PDIP sendiri terdapat unsur Marhaenisme yang kental. 

Wakil dari Mega adalah Hamzah Haz, tokoh Islam dari Partai Persatuan Pembangunan. Mega ikut pemilu 2004 tapi kalah dari Susilo Bambang Yudhoyono. 

Susilo Bambang Yudhoyono

Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY atau Pak Beye adalah presiden ke 6 RI. SBY dua kali menang Pemilu Presiden serta dua kali mengalahkan Megawati. 

SBY memiliki dua orang wapres. Pada periode pertama (2004-2009), ia berpasangan dengan Muhammad Jusuf Kalla. Pada periode kedua dirinya berpasangan dengan Boediono (2009-2014). 

Joko Widodo

Joko Widodo adalah Presiden ke 7 RI dan berasal dari PDIP. Dirinya dua kali menjadi Presiden. Pertama di era (2014-2019) berpasangan dengan wapres Jusuf Kalla. Kedua pada tahun (2019-2024) berpasangan dengan Maaruf Amin. 

Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi sering mendapat sorotan publik, mulai dari penunjukkan kabinet yang unik, aksi blusukan, koalisi dengan orang-orang yang dahulu berkompetisi dengannya hingga penanganan pandemi. 

*******

Itulah daftar lengkap Presiden RI. Lantas siapa yang akan menjadi presiden selanjutnya. Dari sekarang peta kekuatan mulai terbentuk. Ada tokoh potensial yang masuk bursa calon presiden 2024. Kita lihat saja nanti. 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Daftar Lengkap Presiden Republik Indonesia dan Wakilnya"

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pilihan Hari Ini