Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Riset Keywords Menggunakan Quora

Quora merupakan salah satu media sosial populer yang memungkinkan penggunanya untuk saling berbagi konten, khususnya melalui pertanyaan dan jawaban. Apa yang dilakukan oleh Quora ini mirip dengan Ask FM ataupun Yahoo Ask.

Seiring dengan perkembangannya yang cukup pesat, jumlah pengguna aktif Quora berbahasa Indonesia juga makin besar. Ini merupakan sebuah hal yang baik untuk Anda seorang blogger, khususnya yang ingin tahu cara mencari keywords dari Quora.

Quora berbasis pertanyaan yang dilontarkan oleh para penggunanya. Pengguna lain bisa menjawab pertanyaan tersebut. Ada banyak hal yang membuat Quora menjadi sangat berwibawa atau kredibel dibanding sosial media lainnya, antara lain :

  • Banyaknya pengguna yang memiliki kredensial yang mengagumkan.
  • Banyaknya konten berupa jawaban yang ditulis secara terstruktur, informatif serta dilandasi teori maupun tautan pendukung yang cukup lengkap. 
  • Quora memiliki tim moderasi yang rutin mengawasi perkembangan konten yang diunggah oleh para penggunannya. 
  • Adanya penghargaan berupa penulis terbaik yang membuat konten-konten di Quora secara tidak langsung memiliki kualitas yang cukup baik. 

Sekarang kita akan fokus pada cara mendapatkan kata kunci untuk menulis artikel blog dari Quora. Caranya cukup mudah namun berpotensi membantu Anda menghasilkan artikel dengan tingkat kunjungan tinggi. 

Ada baiknya sebelum Anda sekedar melakukan riset kata kunci di Quora, Anda juga membuka akun di sana dan mengembangkan personal branding yang tepat. Inilah beberapa langkah praktisnya : 

  1. Buka akun.
  2. Lengkapi profil dengan kredensial yang tepat.
  3. Pilih dan ikuti topik, pertanyaan atau ruang tertentu yang memang menarik untuk Anda ataupun berpotensi bisa memberikan keywords dalam menulis artikel.
  4. Berinteraksilah secara sehat, misal dengan rutin menjawab pertanyaan yang Anda kuasai. 
Riset Keywords Blog di Quora
Riset Keywords Blog di Quora


Pertanyaan Populer

Quora adalah tempat menambang keywords, khususnya yang berupa pertanyaan. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kata kunci yang tepat. 

  • Manfaatkan jenis-jenis pertanyaan populer dan cobalah buat jawabannya berupa postingan blog.
  • Cari kata kunci dengan related questions, yang artinya pertanyaan lain yang juga ditanyakan di Quora.
  • Carilah kata kunci dari topik yang populer atau diikuti banyak orang di Quora sehingga sudah dapat dipastikan ada cukup banyak orang yang tertarik dengan hal itu. 

Ruang / Space

Ada banyak sekali ruang atau space yang dibuat oleh para pengguna untuk mengumpulkan sesama pengguna yang memiliki kegemaran, kesukaan atau hobi yang sama. Misal ruang tentang pertanian, satwa, blogging bahkan trading. 

Silahkan jelajahi ruang yang ada di Quora dan analisa apa topik atau bahasan yang cukup populer. Analisa juga dengan menggunakan SEMrush ataupun bandingkan dengan hasil pencarian di Google. Sekiranya Anda bisa menggunakannya untuk membuat konten yang berkualitas, maka mengapa tidak. Silahkan lakukan. 

Quora Digest

Quora Digest adalah konten dari Quora yang dikirimkan melalui email kepada para penggunanya. Di dalamnya terdapat cukup banyak rekomendasi pertanyaan dan jawaban yang sedang populer maupun memiliki kualitas sangat baik. 

Anda sebagai blogger bisa memaksimalkan ini sebagai cara mencari ide menulis artikel, yakni carilah topik yang sekiranya dikuasai dan tulislah postingan blog seputar hal tersebut. 

Analisa Trafik

Anda bisa melakukan analisa trafik dengan cara mengamati pergerakan niche, topik, pertanyaan atau bahasan tertentu di Quora. Memang ini tidak mudah dan Anda harus memiliki kemampuan di atas level pemula. Namun jika dilakukan, Anda akan menemukan banyak keywords di Quora yang ternyata memiliki volume pencarian tinggi di Google. 

Apa artinya? Artinya konten tersebut berhasil mendapatkan trafik organik yang besar. Terlebih jika konten tersebut direkomendasikan dalam laman pertama dan posisi awal dari hasil pencarian mesin telusur. 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Cara Riset Keywords Menggunakan Quora"

Artikel Pilihan Hari Ini

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label