Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Menarik Dana Asuransi CAR 3i-Network

Ini adalah pengalaman saya dalam menarik dana asuransi di CAR 3i-Network yang sudah saya lakukan dan berhasil dalam waktu singkat tanpa berbelit-belit.

Jadi jika Anda mencari cara untuk mencairkan saldo CAR 3i-Network, maka semoga tulisan sederhana ini bisa membantu. Di sini saya akan beberkan syarat, metode dan lama waktu pengambilan tabungan di Asuransi Jiwa Central Asia Raya.

Saya adalah pengguna jasa asuransi jiwa dari PT Central Asia Raya. Dengan kata lain adalah nasabah dari asuransi tersebut, khususnya unitlink.

Saya sudah menjadi nasabah CAR hampir lima tahun dengan masa iuran adalah 60 bulan atau 5 tahun. Kenapa saya menarik tabungan saya di CAR? Mungkin Anda bertanya-tanya. Baiklah saya akan perjelas. Memang benar adanya dalam kurun waktu setahun ini muncul banyak berita tidak sedap terkait unitlink.

Tidak perlu saya jelaskan di sini, Anda bisa mencari di internet atau media massa mengenai banyaknya nasabah asuransi tipe unitlink yang merasa dirugikan. 

Kasus itu berawal dari banyaknya nasabah yang merasa bahwa uang yang 'ditabungkan' di perusahaan asuransi tersebut dengan metode unitlink berkurang drastis dari seharusnya. Kenapa mereka bisa merasa demikian. Itu karena mereka membandingkan saldo investasi mereka dengan dua instrumen, yakni : 

  • Apabila uang tersebut disimpan di bank.
  • Apabila melihat ilustrasi pengembangan modal. Ilustrasi ini biasa ditunjukkan oleh para agen asuransi untuk menarik nasabah maupun calon nasabah.

Kedua hal di atas sebenarnya tidak tepat. Mengapa? Karena asuransi pada dasarnya bukanlah investasi seperti deposito, pasar uang atau saham. Keduanya sangat jauh berbeda. 

Memang dalam metode unitlink, keduanya seakan digabungkan. Namun tetap saja bukanlah investasi murni karena dalam klausul sudah terlihat adanya biaya provisi, biaya untuk agen, dll.

Dengan adanya biaya tersebut, yang tidak ada di dalam forex atau tabungan berjangka misalnya, jelas akan mengurangi dana awal. 

Sangat tepat jika dikatakan ada kemungkinan berkembang, namun itu semua juga mengikuti trend ekonomi dan keuangan yang ada. Sedang kita tahu sendiri bahwa dua tahun ke belakang dunia dipukul hebat oleh pandemi.

Meski demikian saya tidak terlalu antusias untuk menghakimi para nasabah yang protes tersebut karena mereka pasti punya situasi dan kondisi yang tidak saya ketahui.

Alasan Mengambil Dana Asuransi CAR

cara ambil tabungan di CAR unitlink
cara ambil tabungan di CAR unitlink

Jadi jelas di sini bahwa saya mengambil dana asuransi di AJ CAR bukan pada waktu yang ditetapkan, yakni minimal 5 tahun. 

Untuk Anda yang bertanya, apakah bisa dana asuransi atau tabungan 3i-Network Unitlink CAR diambil sebelum waktunya, atau sebelum 5 tahun? Jawabannya bisa. Bahkan bisa diambil kapanpun.

Tentu ada kondisi yang menyertai proses pengambilan ini. Namun saya sudah memperhitungkan sejak awal dimana setelah nyaris 5 tahun, uang yang disetorkan sudah melampaui dana untuk asuransi jiwa dan tinggal memenuhi kuota untuk investasi.

Adapun alasan saya mengambil dana tabungan CAR unitlink adalah : 

  • Ingin mencoba instrumen investasi yang lain.
  • Saya sudah bergabung dengan asuransi yang lain dalam 3 tahun belakangan ini.
  • Ekonomi adik-adik sudah mapan.

Itulah beberapa alasan saya mengambil uang tabungan di asuransi unitlink dari PT AJ Central Asia Raya. 

Cara Mengambil Uang Tabungan CAR 3i-Network

Pengalaman Menarik Dana Asuransi CAR 3i-Network
Pengalaman Menarik Dana Asuransi CAR 3i-Network

Di sini saya menggunakan istilah tabungan karena dalam konsep unitlink ini, ada 3 jenis instrumen, yakni insurance, investment dan income

Langkah untuk melakukannya sangat mudah : 

  1. Pergi ke kantor cabang PT Central Asia Raya
  2. Membawa dokumen yang dibutuhkan, yakni polis asli, fotocopy KTP dan fotocopy buku bank.
  3. Mengisi formulir yang dibutuhkan. Formulir berisi data pribadi nasabah, alasan kenapa dana diambil dan no rekening bank sebagai tujuan transfer.

Itulah cara untuk mengambil uang asuransi CAR 3-Network unitlink. Ternyata sangat mudah. Lalu berapa lama uang ditransfer? Jawabannya adalah 14 hari kerja. Namun di kasus saya, uang ditransfer ke rekening kurang dari 7 hari jika dipotong hari Sabtu, Minggu dan libur nasional. 

Saya mengambilnya di awal bulan Mei 2022 dan uang ditransfer ke rekening pribadi saya 8 hari kemudian. Jadi ini terhitung sangat cepat. 

Beberapa orang mengatakan bisa mengambil dana melalui pengajuan online, namun saya menyarankan untuk datang langsung saja agar bisa bertanya-tanya dengan teller jika memang diperlukan. 

Itulah pengalaman mengambil tabungan di CAR unitlink. Saya merasa cukup terbantu dengan asuransi ini meskipun hasil pengambilan di bawah ekspektasi awal pada 5 tahun yang lalu, tetapi saya ikut asuransi dengan sadar dan memahami betul fungsi dan tujuan asuransi jiwa, yakni memberikan proteksi kepada keluarga yang ditinggalkan jika sesuatu terjadi pada pemegang polis.

Sebagai seorang pekerja yang menempuh 20 kilometer untuk berangkat (belum termasuk pulang dan kerja sambilan), saya merasa perlu melindungi diri dengan asuransi. Dan sekarang setelah waktu yang saya anggap pas, saya mengambilnya untuk keperluan yang lain. 

Demikian review ini semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Jika ada pertanyaan seputar cara menarik saldo CAR unitlink ini, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar, saya akan jawab sebisanya. Salam sukses. 

Baca juga artikel menarik lainnya yang sudah saya tulis, antara lain : 

Adi
Adi Saya adalah seorang blogger yang sudah menulis di blog sejak 2010. Blog ini terbuka untuk berbagai kerjasama, seperti sewa banner, content placement ataupun review produk.

Posting Komentar untuk "Pengalaman Menarik Dana Asuransi CAR 3i-Network"