Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengalaman Menarik Dana Asuransi CAR 3i-Network

Ini adalah pengalaman saya dalam menarik dana asuransi di CAR 3i-Network yang sudah saya lakukan dan berhasil dalam waktu singkat tanpa berbelit-belit.

Jadi jika Anda mencari cara untuk mencairkan saldo CAR 3i-Network, maka semoga tulisan sederhana ini bisa membantu. Di sini saya akan beberkan syarat, metode dan lama waktu pengambilan tabungan di Asuransi Jiwa Central Asia Raya.

Saya adalah pengguna jasa asuransi jiwa dari PT Central Asia Raya. Dengan kata lain adalah nasabah dari asuransi tersebut, khususnya unitlink.

Saya sudah menjadi nasabah CAR hampir lima tahun dengan masa iuran adalah 60 bulan atau 5 tahun. Kenapa saya menarik tabungan saya di CAR? Mungkin Anda bertanya-tanya. Baiklah saya akan perjelas. Memang benar adanya dalam kurun waktu setahun ini muncul banyak berita tidak sedap terkait unitlink.

Tidak perlu saya jelaskan di sini, Anda bisa mencari di internet atau media massa mengenai banyaknya nasabah asuransi tipe unitlink yang merasa dirugikan. 

Kasus itu berawal dari banyaknya nasabah yang merasa bahwa uang yang 'ditabungkan' di perusahaan asuransi tersebut dengan metode unitlink berkurang drastis dari seharusnya. Kenapa mereka bisa merasa demikian. Itu karena mereka membandingkan saldo investasi mereka dengan dua instrumen, yakni : 

  • Apabila uang tersebut disimpan di bank.
  • Apabila melihat ilustrasi pengembangan modal. Ilustrasi ini biasa ditunjukkan oleh para agen asuransi untuk menarik nasabah maupun calon nasabah.

Kedua hal di atas sebenarnya tidak tepat. Mengapa? Karena asuransi pada dasarnya bukanlah investasi seperti deposito, pasar uang atau saham. Keduanya sangat jauh berbeda. 

Memang dalam metode unitlink, keduanya seakan digabungkan. Namun tetap saja bukanlah investasi murni karena dalam klausul sudah terlihat adanya biaya provisi, biaya untuk agen, dll.

Dengan adanya biaya tersebut, yang tidak ada di dalam forex atau tabungan berjangka misalnya, jelas akan mengurangi dana awal. 

Sangat tepat jika dikatakan ada kemungkinan berkembang, namun itu semua juga mengikuti trend ekonomi dan keuangan yang ada. Sedang kita tahu sendiri bahwa dua tahun ke belakang dunia dipukul hebat oleh pandemi.

Meski demikian saya tidak terlalu antusias untuk menghakimi para nasabah yang protes tersebut karena mereka pasti punya situasi dan kondisi yang tidak saya ketahui.

Alasan Mengambil Dana Asuransi CAR

cara ambil tabungan di CAR unitlink
cara ambil tabungan di CAR unitlink

Jadi jelas di sini bahwa saya mengambil dana asuransi di AJ CAR bukan pada waktu yang ditetapkan, yakni minimal 5 tahun. 

Untuk Anda yang bertanya, apakah bisa dana asuransi atau tabungan 3i-Network Unitlink CAR diambil sebelum waktunya, atau sebelum 5 tahun? Jawabannya bisa. Bahkan bisa diambil kapanpun.

Tentu ada kondisi yang menyertai proses pengambilan ini. Namun saya sudah memperhitungkan sejak awal dimana setelah nyaris 5 tahun, uang yang disetorkan sudah melampaui dana untuk asuransi jiwa dan tinggal memenuhi kuota untuk investasi.

Adapun alasan saya mengambil dana tabungan CAR unitlink adalah : 

  • Ingin mencoba instrumen investasi yang lain.
  • Saya sudah bergabung dengan asuransi yang lain dalam 3 tahun belakangan ini.
  • Ekonomi adik-adik sudah mapan.

Itulah beberapa alasan saya mengambil uang tabungan di asuransi unitlink dari PT AJ Central Asia Raya. 

Cara Mengambil Uang Tabungan CAR 3i-Network

Pengalaman Menarik Dana Asuransi CAR 3i-Network
Pengalaman Menarik Dana Asuransi CAR 3i-Network

Di sini saya menggunakan istilah tabungan karena dalam konsep unitlink ini, ada 3 jenis instrumen, yakni insurance, investment dan income

Langkah untuk melakukannya sangat mudah : 

  1. Pergi ke kantor cabang PT Central Asia Raya
  2. Membawa dokumen yang dibutuhkan, yakni polis asli, fotocopy KTP dan fotocopy buku bank.
  3. Mengisi formulir yang dibutuhkan. Formulir berisi data pribadi nasabah, alasan kenapa dana diambil dan no rekening bank sebagai tujuan transfer.

Itulah cara untuk mengambil uang asuransi CAR 3-Network unitlink. Ternyata sangat mudah. Lalu berapa lama uang ditransfer? Jawabannya adalah 14 hari kerja. Namun di kasus saya, uang ditransfer ke rekening kurang dari 7 hari jika dipotong hari Sabtu, Minggu dan libur nasional. 

Saya mengambilnya di awal bulan Mei 2022 dan uang ditransfer ke rekening pribadi saya 8 hari kemudian. Jadi ini terhitung sangat cepat. 

Beberapa orang mengatakan bisa mengambil dana melalui pengajuan online, namun saya menyarankan untuk datang langsung saja agar bisa bertanya-tanya dengan teller jika memang diperlukan. 

Itulah pengalaman mengambil tabungan di CAR unitlink. Saya merasa cukup terbantu dengan asuransi ini meskipun hasil pengambilan di bawah ekspektasi awal pada 5 tahun yang lalu, tetapi saya ikut asuransi dengan sadar dan memahami betul fungsi dan tujuan asuransi jiwa, yakni memberikan proteksi kepada keluarga yang ditinggalkan jika sesuatu terjadi pada pemegang polis.

Sebagai seorang pekerja yang menempuh 20 kilometer untuk berangkat (belum termasuk pulang dan kerja sambilan), saya merasa perlu melindungi diri dengan asuransi. Dan sekarang setelah waktu yang saya anggap pas, saya mengambilnya untuk keperluan yang lain. 

Demikian review ini semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Jika ada pertanyaan seputar cara menarik saldo CAR unitlink ini, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar, saya akan jawab sebisanya. Salam sukses. 

Baca juga artikel menarik lainnya yang sudah saya tulis, antara lain : 

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

11 komentar untuk "Pengalaman Menarik Dana Asuransi CAR 3i-Network"

  1. Bener, asuransi beda banget sama deposito, pasar uang atau saham yang merupakan investasi. Kadang suka muncul thread di sosmed ada yang merasa ketipu karena mengira uang yang disetorkan setiap bulan akan dapat diambil dengan jumlah yang sama bahkan bertambah.

    Hanya memang kadang agen asuransinya tidak menjelaskan dengan baik poin-poin penting ini. Senang sih kalau CAR 3i-Network bisa memprosesnya dengan cepat (14 hari okelah).

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah lancar ya. Walau ada biaya sehingga mengurangi jumlah dana awal, setidaknya uang udah kembali. Lancar pula prosesnya

    BalasHapus
  3. Udah lama tahu bahwa dana asuransi (yang tergabung unitlink) bisa dicairkan
    Tapi baru baca tentang pengalamannya
    Ternyata lancar ya?
    Saya juga jika din posisi Mas Adi akan memilih offline karena bisa bertanya ini itu

    BalasHapus
  4. Pengalaman asuransinya sangat bagus mas, menambah wawasan saya setelah membaca ulasan sampeyan....makasih ya...

    BalasHapus
  5. Asuransi menurut saya adalah salah fondasi penting dalam keuangan. Terutama saat kita dalam kondisi darurat dan membutuhkan dana pendukung. Karena kita tidak bisa meramalkan apa yang akan terjadi di hari mendatang.

    Contoh yang paling simpel adalah asuransi kesehatan. Terasa sekali manfaatnya. Saya dan suami, meskipun terlindung oleh asuransi yang disediakan kantor suami, juga memutuskan untuk mengambil asuransi yang dibayar pribadi. Siapa tahu nilai limit yang ada terlewati dan perlu dukungan dana tambahan.

    BalasHapus
  6. Karena satu dan lain hal unitlink diambil sebelum waktunya dan ternyata mudah, cepat, pun tak sampai merugikan kita..Bagus berarti CAR...makasih sharing nya...saya juga ikut unitlink sejenis di tempat lain jadi tahu kalau mau diambil gimana caranya.

    BalasHapus
  7. Syukurlah lancar ya kak. Jadinya kalau mau invest atau tabungan sebaiknya memang menabung biasa aja ya, atau pakai asuransi yang murni

    BalasHapus
  8. Waaah akhirnya saya tahu apa itu CAR 3i-Network. Sering seliweran promonya di Facebook tapi gak paham-paham. Ternyata di sana kita bisa invest di asuransi ya kak dan bisa diambil setelab minimal 5 tahun. Proses ngambilnya juga gak ribet

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah, tetap mudah saat klaim uang asuransi CAR 3-Network unitlink.
    Dan ini meningkatkan kepercayaan nasabah untuk terus meningkatkan proteksi diri, mungkin dalam bentuk penyimpanan dana lainnya.

    BalasHapus
  10. kak. sy rencana ingin mengambil tabungan di car, tp sy masih ragu krna sy awam dng dunia bisnis sprti ini.. sy sdh menabung 5 thn dan br selesai thn ini di bulan maret ,apakah uang itu bisa di ambil semua atau tdk karena saldonya hanya asa kurang sr 20 jt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uang tersebut bisa diambil semua bu. Silahkan datangi saja kantor cabang CAR terdekat. Semoga membantu.

      Hapus