Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membeli Sepeda Motor Bekas Agar Tidak Rugi

Untuk Anda para pembaca setia Catatan Adi yang ingin tahu cara membeli sepeda motor bekas agar tidak tertipu, maka aku akan sedikit berbagi tipsnya untuk membantu Anda yang ingin mendapatkan motor second tetapi dengan performa bagus dan tidak mengecewakan.

Tips membeli motor bekas
Tips membeli motor bekas


Memang yang paling baik adalah beli motor baru di dealer resmi, tetapi jika cost belum ada dan ternyata pemakaian juga tidak terlalu sering, bolehlah untuk beli motor bekas. Namun resikonya cukup besar. Untuk itu silahkan baca panduan berikut ini :

Pastikan Surat-surat Lengkap

Ini adalah hal pertama yang perlu diperhatikan dalam membeli sepeda motor bekas. Pastikan semua surat-suratnya masih berlaku, tidak ada masalah hukum dan legal. Jangan sampai Anda membeli kendaran atau barang apapun yang tidak jelas asal-usulnya, khususnya second hand.

Bukankah Anda tidak ingin jika nanti mendapat masalah di kemudian hari bukan. Beberapa hal yang penting adalah pastikan semua surat yakni STNK dan BPKB(1) tidak bermasalah. Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa pajak tahunan, pajak lima tahunan dan kesesuaian antara nomor rangka(2) di badan kendaraan dengan yang tertera di surat.

Setelah transaksi selesai, segeralah mengurus proses balik nama kendaraan agar sepeda motor itu sah sepenuhnya menjadi milik Anda. Proses ini sebenarnya mudah dan tidak perlu memakai jasa orang ketiga. Silahkan baca di artikel Catatan Adi selanjutnya untuk cara dan tahapan balik nama sepeda motor.

Mesin Masih Cukup Baik

Mesin adalah nyawa dari sepeda motor. Maka percuma Anda membeli sebuah kendaraan bermotor yang bekas dengan tahun yang masih muda tetapi kondisi mesin sudah jelek. Nantinya motor itu akan sering mogok serta menguras kantong Anda.

Periksa baik-baik kondisi mesin. Perhatikan suaranya ketika dikendarai. Apakah motor itu langsung menyala? Masih berfungsikah electric starter? Bagaimana dengan pengapian? Apakah ada masalah dengan kaki-kaki, karburator, gir, knalpot atau sistem bahan bakar?

Sebelum jadi membeli, minta ijin untuk mencoba kendaraan itu secara langsung selama beberapa jam. Pastikan semua baik-baik saja.

Setelah membeli, Anda bisa juga langsung memasukkan ke bengkel sepeda motor yang tepat untuk dilakukan servis dan pemeriksaan.

Body dan Penampilan Masih Layak

Tidak hanya mesin, body dan penampilan juga sebenarnya penting. Jangan sampai ada modifikasi yang membahayakan, seperti memendekkan skok, mengganti bagian tertentu dari rangka, atau menggunakan ukuran ban yang tidak benar.

Harga Kompetitif

Tentu saja harga motor bekas tidak boleh lebih tinggi dari yang baru. Usia pemakaian dan kondisi motor akan mengurangi harga jual. Untuk itu diskusikan baik-baik dan jangan ragu menawar sebelum memutuskan membeli.

Tidak Bermasalah dengan Leasing

Pastikan latar belakang motor memang tidak ada masalah. Jika pemilik lama ternyata membeli secara kredit, mintalah bukti pelunasan dan cek ke dealer atau pusat jual beli motor resmi agar tidak ada masalah dengan leasing ataupun debt collector nantinya.

Jika membeli dari hasil lelang(3), baik itu sitaan dari Dinas Pajak, Kepolisian, Kejaksaan, maupun Bank, urus surat-suratnya hingga tuntas dan tanyakan semua yang tidak Anda mengerti.

[Kesimpulan]

Itulah panduan untuk membeli motor bekas. Telitilah sebelum beli karena sesal kemudian pasti tidak berguna. Ajak juga orang yang terpercaya dan bisa diandalkan dalam hal menilai kelayakan mesin. Ini akan sangat membantu.

Walau motor bekas, tetapi jika perawatan rutin sepeda motor yang Anda lakukan tepat, performanya juga masih bisa diandalkan.

[Catatan Kaki]

1) Fungi STNK dan BPKB

2) No Rangka Kendaraan Bermotor

3) Untuk Rugi Mengikuti lelang Motor Hasil Sitaan

[Call to Action]

Itulah tutorial yang bisa Anda terapkan jika ingin membeli sepeda motor second hand. Telitilah dan ajaklah rekan yang paham dengan urusan mesin ataupun surat-surat.

Sepeda motor bekas memang tidak sebaik yang baru, tetapi tetap saja layak untuk dipakai asal Anda mampu merawat motor dengan baik dan tepat. Dan jika panduan ini bermanfaat, silahkan share ke teman-teman Anda agar makin banyak orang yang menerima manfaatnya. (Catatan Adi)
Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Tips Membeli Sepeda Motor Bekas Agar Tidak Rugi"

Berlangganan via Email