Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kecewa, Pengalaman Merasa Dikerjai oleh Bengkel Motor

Semoga Anda semua bisa mendapatkan pelajaran dari pengalaman pribadi yang akan saya bagikan seputar dikerjai (ditipu?) oleh oknum bengkel motor hingga habis 1 juta rupiah karena ganti kamprat motor. 

Untuk informasi saja, motor saya adalah Vixion 2014 dan memang punya masalah dalam hal mesin. Bengkel sebelumnya juga kurang cakap mendiagnosa. Mesin yang terasa bergetar dan bersuara berisik diduga memiliki masalah di bagian piston dan kampas kopling. Tapi paska keluar bengkel masalah tetap terasa. Padahal bayangkan saja sudah ganti seker dan teman-temannya, berapa juta uang yang saya keluarkan.

Alhasil beberapa bulan kemudian, tepatnya di awal Maret 2023, motor saya mogok total. Kondisi saat itu ada di jalan raya lampu merah dan saya sedang akan berangkat kerja. 

Ganti Kamprat Habis 1 Juta Pas

rantai kamprat atau rantai keteng Vixion
rantai kamprat atau rantai keteng Vixion

Memang salah satu dari sekian banyak kekurangan motor Vixion kalau sudah cukup lama pemakaiannya adalah biaya perawatan yang mahal, tetapi saya tidak mengira akan habis sebanyak itu dengan kualitas yang mengecewakan. 

Saat mogok, motor mati total. Ketika akan dihidupkan baik menggunakan electric starter maupun kick starter, suara berisik muncul dari mesin. Saya kira seker atau piston akan bermasalah lagi. Tapi ini kan baru ganti. 

Baru ketika saya amati dengan teliti, suara ada di bagian kamprat, yakni di sisi kiri depan bawah. Untung ada teman yang membantu mendorongkan sampai ke bengkel. Saya cukup senang, sepagi itu sudah ada bengkel buka.

Setelah bongkar mesin, saya diberitahu bahwa motor harus ditinggal dan baru bisa diambil sore hari. Ini karena rantai kamprat loncat dari gear yang seharusnya. 

Setelah bertanya-tanya saya diberi estimasi 800.000an untuk total biaya. Saya sanggupi dan saya tinggal ke kantor untuk bekerja.

Ngeri sekali ketika siang dapat pesan WA dari bengkel kalau ada beberapa spare parts tambahan yang harus diganti sehingga habis total 1 juta. Perasaan saya langsung ga enak. 

Ternyata cukup banyak spare-parts yang harus diganti. Okelah beres. Bagi saya yang penting motor selesai dan bisa digunakan untuk mencari nafkah.

Motor Jadi Kacau

letak rantai kamprat dan stut
letak rantai kamprat dan stut

Saat itu (saya ingat betul itu hari Kamis), hujan cukup lebat. Motor saya pacu standar karena memang takut selip kalau hujan. 

Tetapi saya yakin ada yang salah dengan motor saya. Bagian belakang seperti njedak alias ada benturan, khususnya kalau lewat lubang-lubang dan polisi tidur. Tetapi karena saat itu hujan, saya tidak masalah. Bagi saya, yang penting sampai rumah dan istirahat karena besok masih harus kerja.

Hari Jum'at, saat pulang kerja, motor mati total di jalan. Puji Tuhan saya tidak ditabrak. Saya heran sekali, tidak pernah saya mengalami hal ini. 

Kondisinya: motor mati total, tidak muncul indikator apapun (bensin, lampu indikator injeksi tidak menyala ataupun odometer) di layar display. Intinya seperti tidak ada listrik dan memang itulah masalahnya.

Tuhan masih menyayangi saya. Ada seorang tentara yang membantu mendorong motor hingga bengkel. 

Setelah menyampaikan masalah, sang bengkel seperti dugaan saya juga, langsung memvonis kelistrikan. Dan ternyata kabel dari kontak ke mesin yang berada di bawah tangki kejepit karena pemasangan yang kurang bener. 

Si abang bengkel terus menanyakan saya apakah ini kejadian pertama atau saya baru saja dari bengkel sebelumnya. Saya jawab jujur apa adanya kalau kemarin saya baru dari bengkel. Si abang berkata jika pemasangan kembali kurang benar. Jadi ketika motor berbelok, kabel yang kejepit tadi membuat kelistrikan mati total.

Oli Bocor

servis motor malah oli bocor
salah pasang, oli bocor dari mesin di sisi kiri.

Usut punya usut ternyata abang bengkel ini masih satu saudara sama teman/tetangga saya. Saya, bang bengkel dan bapaknya si abang akhirnya jadi sedikit lebih akrab.

Saat selesai dan motor saya standard miring, ternyata keluar oli dari mesin sisi kiri. Olinya mengucur deras. Ngeri!

Saya langsung lapor ke abang dan ternyata pemasangan tutup/cangkang mesin tidak benar sehingga oli keluar dari sela-sela. 

Si abang terus bertanya saya habis berapa kemaren. Saya ceritakan apa adanya sembari memberikan nota. Abang kaget. Intinya dari percakapan itu, saya mendapat pelajaran berharga bahwa saya lain kali harus hati-hati memilih bengkel motor.

bongkar mesin oli bocor
mesin dibongkar lagi untuk mengetahui kebocoran oli

Ini membuat saya malu karena sebelumnya saya pernah berbagi tips memilih bengkel motor yang baik tetapi akhirnya kena juga. 

Saya minta ganti oli baru karena memang volumenya tinggal 60% dan tetap pakai Yamalube Sport yang memang umum digunakan pemilik Vixion 1 PA. 

Hingga hari ini saya terus merenung apa yang salah dengan diri saya sampai mengalami masalah seperti ini. 

Tapi di luar itu saya percaya rencana Tuhan baik untuk saya. Dengan adanya mati motor saya tahu kalau oli saya bermasalah. /

Apakah berhenti sampai situ? Tidak. Saat dibongkar, untuk mencari kabel yang trouble, saya baru sadar tameng saya pecah, dan pecah di sisi kiri dan kanan. Itu akibat oknum bengkel kamprat menarik serampangan waktu membongkar padahal ada klep karet. Sedih. 

Selain itu dua hari kemudian saya baru sadari motor saya njedak diakibatkan salah pemasangan kembali posisi knalpot sehingga mengenai bagian lainnya. 

Saya sampaikan komplain lewat WA karena ogah berurusan dengan oknum itu lagi. Tapi tidak ada tanggapan. Setidaknya dia sudah kehilangan calon pelanggan tetap, yaitu saya dan keluarga saya. 

Puji Tuhan saya dapat teman baru yang bisa dimintai tolong masalah perbengkelan. Sungguh pengalaman yang cukup mahal dan semoga Anda semua bisa mendapatkan pelajaran dan tidak harus mengalami apa yang saya ceritakan. 

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

15 komentar untuk "Kecewa, Pengalaman Merasa Dikerjai oleh Bengkel Motor"

  1. Haduh, sebuah pertemuan dengan orang baik yang sangat mahal bayarannya.

    Kalau saya diposisi Pak Adi, saya juga gak bakal ambil pusing motor di taro dibengkel gadungan atau tidak. Karena memang posisinya sedang buru-buru berangkat kerja.

    Setidaknya kini sudah menambah lagi seorang teman baik.

    Terima kasih pak, atas sharing pengalamannya.

    Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Pak Nuhid sudah manpir. Benar ini adalah pengalaman sekaligus pembelajaran yang cukup mahal. Semoga kita dijauhkan dari oknum semacam itu.

      Hapus
  2. Ya ampun jahat banget ya, memanfaatkan kemalangan orang, bukannya motor jadi baik tapi justru makin dirusak, asli ikut kesal baca ceritanya. Semoga next tidak ada kejadian seperti ini lagi ya Mas, dan syukurnya dipertemukan dengan orang baik ya.

    BalasHapus
  3. Semoga motornya selanjutnya baik-baik saja, ya Mas. Ikut kezel saya sama bengkel yang enggak bener kerjanya, bukannya nyelesaiin masalah malah nambah. Semoga Mas Adi dapat ganti rezeki yang berlimpah

    BalasHapus
  4. Duh semoga orang-orang jangan menipu saya kalau masalah motor, buta banget saya tuh masalah ginian. Cuman biasanya saya cerewet sih, bahkan kalau ke bengkel, saya tungguin tuh mas-mas yang benerin, sambil nanyaaaaa aja mulu.
    Mas ini apa?
    Mas itu apa?
    Itu gunanya apa?
    Ini gunanya apa?
    Semoga mas-mas di bengkel diberi kesabaran kalau ada customer kek saya, hahaha.

    Oh ya, tapi saya biasanya ke bengkel resmi sih, dan selalu cekrek cekrek kerjaan masnya, jadi mungkin karena itu, masnya susah kalau mau nipu, wkwkwkwk

    BalasHapus
  5. Saya bacanya sambil deg-degan Mas Adi. Betapa runut Mas Adi cerita dan mengurai masalah atas apa yang terjadi pada motor pribadi. Berasa banget sakitnya hati saat pas terkena musibah eh ditipu pulak. Jumlah uangnya juga gak main-main itu. Saya jadi ikutan geram kalau sudah dalam kondisi seperti itu.

    BalasHapus
  6. Asli nyebelin banget klo dpt pelayanan jasa seperti itu ! Memang dah jadi rahasia umum klo ada aja oknum bengkel yg 'nakal' malah pembayarannya jg bikin kantong jebol. Semoga jd pembelajaran dan ga akn terulang lagi hal demikian

    BalasHapus
  7. Super kezeeellll bangetttt klo ketemu orang kyk gini
    modusnya omaygaadd
    semogaaaaa ke depannya kita selalu dipertemukan dgn orang baik yahhh

    BalasHapus
  8. Salut, ka Adi masih masiiih banget berpikir positif dari setiap kejadian yang dialami.
    Semoga urusan mesin dan sparepart motor ini segera terselesaikan.
    Dan kendaraan kembali fit, bisa nyaman dikendarai dan aman, gak melukai diri sendiri ataupun orang lain.

    **aku pikir bagian kamprat ini curse "kampret"
    huhuhu..setelah kalimat ini muncul lagi di paragraf berikutnya, "Oh, ini bukan swearing"
    Maaff... maaff.. minim kosakata perbengkelan.

    BalasHapus
  9. Ngebayangin pasti keel banget ya kak.. niat hati masuk servis biar motor jadi bener ini malah nambah masalah.. harus pintar-pintar nyari bengkel kalo gini ceritanya

    BalasHapus
  10. Sedih banget kalau begini, sudah terkena masalah, masih teganya berbuat kaya begitu. Semoga kita dijauhkan dari orang kurang baik.

    BalasHapus
  11. Apakah kalau motor ditinggal servis jadinya begitu ya? Kayak mudah untuk dikerjai, ketimbang ditungguin servisnya?
    Jadi pembelajaran pastinya ya kak agar kedepannya lebih hati-hati lagi

    BalasHapus
  12. auto nanya om Google, vixion itu buatan mana
    Ternyata Yamaha Vixion, hehehe kudet banget saya ya?
    Soalnya saya punya sepeda motor buatan korea, hahahaha....
    Lupa gimana ceritanya, kok anak saya akhirnya kepincut beli motor itu
    Yang pasti spare parts nya susah dan mahal

    BalasHapus
  13. Masalah motornya semakin menjadi ya mas. Pasti ada rasa jengkel banget. Udah ngeluarin biaya, dibohongi pula. Pelajaran banget bagi saya ini. Memilih bengkel motor amanah untuk service rutin

    BalasHapus
  14. dalam bisnis jasa, sering kali ada yang cari keuntungan lewat nipu seperti itu akhirnya kita sebagai konsumen menjadi rugi.

    BalasHapus