Apa Itu Sosialisme? Ideologi Kiri yang Paling Seksi

Politik dan Ideologi - Sosialisme merupakan sebuah paham yang menitikberatkan pada keadilan bagi semua lapisan masyarakat, menolak sistem pasar bebas ala kapitalis serta dalam proporsi tertentu menginginkan peran negara yang lebih besar di bidang ekonomi, politik dan pelayanan umum.

Pengertian Sosialisme 

Sebagai sebuah paham yang cukup tua, sosialis hadir terlebih dahulu daripada kapitalis dan merupakan sebuah sistem yang pernah dianut oleh manusia di masa lalu. 

Sosialisme sendiri memiliki perjalanan panjang dalam peradaban umat manusia.

Sebelum era modern, manusia memenuhi kebutuhannya dengan cara berburu dan meramu. Mereka juga hidup secara berkelompok dan dengan struktur sosial yang sangat sederhana.

Dalam kondisi yang demikian, kapitalisme belum tercipta serta semua orang hidup secara komunal. Inilah yang oleh para pemikir kiri sering disebut sebagai era proto-komunisme.

Lalu kehidupan manusia berkembang memasuki masa feodalisme. Hal ini ditandai dengan munculnya kelas bangsawan yang menindas rakyat jelata. 

Permulaan masa kapitalisme ditandai dengan revolusi industri. Pada saat itu, lahirlah kelas borjuis yakni mereka yang berhasil mendapatkan keuntungan dari sistem kapitalisme tersebut. Seiring dengan terciptanya kelas borjuis, lahir pula kaum proletar yakni para buruh. 

Keadaan menjadi semakin tidak berpihak pada proletar ketika semua sumber daya alam dan produksi dikuasai sepenuhnya oleh para borjuis. Mereka kemudian menentukan harga barang, sistem pengupahan hingga mempengaruhi jalannya pemerintahan. Semua itu karena mereka memiliki kapital.

Berbagai pemberontakan kelas pekerja dan kesadaran untuk berserikat akhirnya membuat para pemimpin Eropa sadar adanya hal yang tidak beres di dalam kapitalisme tersebut. Sebagai antitesanya, muncullah ide tentang sosialisme.

Jikalau kapitalisme sangat membebaskan masyarakat untuk terlibat dalam pasar bebas, sosialisme menghendaki peran negara dan pemerintah dalam mengatur beberapa sumber daya untuk kemakmuran rakyat. Inilah inti daripada sosialisme.  

Sosialisme dan Komunisme

Apa perbedaan antara Sosialisme dan Komunisme? Catatan Adi sudah merangkumnya untuk Anda di bawah ini.

Seiring berjalannya waktu, kaum progresif (kiri jauh) membentuk Internasionalisme, sebuah badan internasional yang berisikan para pemikir dan pemimpin sosialis terkemuka di Eropa. Mereka ingin melangkah lebih jauh, yakni mewujudkan sebuah masyarakat komunis seutuhnya. 

Sosialisme dan komunisme sering beririsan karena memang keduanya memiliki sifat yang sama, yakni anti kapitalisme. Walau begitu, ada yang berpendapat jika sosialisme jauh lebih besar daripada komunisme itu sendiri. Karl Marx sendiri dalam menyusun ide-idenya juga mengambil banyak unsur sosialisme.

Sosial Demokrat

Sosial demokrat atau biasa disebut Sosdem merupakan varian dari sosialisme yang cukup moderat. Alih-alih menganjurkan revolusi, kaum sosdem percaya pada kekuataan politik elektoral.

Tujuan dari sosial demokrat adalah menciptakan sebuah negara kesejahteraan dimana cara-cara kapitalisme, liberalisme, dan pasar bebas masih dilakukan hanya dengan kontrol yang kuat dari negara.

Negara mengambil pajak yang tinggi dari rakyat dan mengembalikannya dalam bentuk pelayanan kesehatan, pendidikan, dana pensiun dan pembangunan infrastruktur yang sangat berkualitas.

Negara kesejahteraan adalah kombinasi terbaik dari sosialisme, sosial demokrat, kapitalisme dan liberalisme. Contoh dari negara kesejahteraan adalah Jerman, Islandia, Finlandia dan rumpun negara Nordik.

Sosial Demokrat di dalam negara kesejahteraan bisa bekerja dengan baik karena para pengambil kebijakannya adalah kumpulan orang cakap, cerdas, tegas, transparan serta visioner. Banyak penduduk dari seluruh dunia bermimpi bisa pindah ke negara-negara tersebut.

Sosialisme Kristen

Berbeda dengan agama lain, Kristen memiliki aura yang sama dengan semangat pembebasan. Banyak gerakan sosialis yang muncul dari teologi kekristenan. Mereka biasa disebut sebagai Kristen Sosialis atau Sosialisme Kristen.

Sosialisme Kristen berakar dari kepercayaan bahwa Yesus mengajarkan nilai-nilai kesetaraan, pembebasan dan kesejahteraan.

Sebagai bukti mereka menunjukkan fakta jika Tuhan Yesus memilih lahir di kandang domba bersama para gembala, bukan di istana megah atau dari golongan saudagar. Kotbah-kotbah Yesus memang sarat akan nilai-nillai anti-imperialisme, welas asih dan toleransi.

Walaupun memegang nilai-nilai Kristen, tetapi mereka sama sekali tidak berniat menjadikan hukum Injil sebagai dasar negara serta memaksa warga non-kristen membayar pajak. Hal inilah yang membuat gerakan sosialis Kristen berkembang pesat dan mendapat banyak simpati.

Beberapa partai berhaluan sosialisme Kristen antara lain : CSU di Jerman, CSV di Luxembourg dan Christlichsoziale Partei di Austria.

Simbol Sosialisme

Ada banyak sekali simbol untuk gerakan sosialisme. Beberapa diantaranya sering rancu dengan kaum komunis, antara lain : gerigi, kepalan tangan, bintang merah ataupun bendera merah.

Namun ada beberapa simbol yang sangat khas dimiliki kaum sosialis, yakni bunga mawar dan pohon.

Apa itu sosialisme? - catatanadi.com
Pengertian Sosialisme 


Partai-Partai Sosialis

Ada banyak partai beraliran sosialis di dunia. Mereka semua memiliki agenda dan corak yang berbeda satu sama lain.

Di Eropa, Partai Sosialis bersaing ketat dengan kelompok lliberal - konservatif. Sedang di negara berkembang seperti India dan Amerika Latin, Partai Sosialis berbagi simpatisan dengan partai-partai komunis dan kelompok kiri lainnya.

Di Indonesia juga sempat ada banyak partai politik bernuansa sosialis, dan yang terbesar adalah Partai Sosialis Indonesia (PSI)  yang dipimpin oleh Sutan Sjahrir.

Punya pendapat berbeda tentang sosialisme? Silahkan bagikan di kolom komentar. Baca juga berbagai artikel Catatan Adi lainnya tentang tema politik.

Referensi :

Das Kapital oleh Karl Marx dan Friedrich Engels.

Democratic Socialism : A Global Survey oleh Donald F. Busky

In Praise of Idleness oleh Bertrand Russel.

Encyclopedia Britannica : Socialism. 

0 Response to "Apa Itu Sosialisme? Ideologi Kiri yang Paling Seksi"

Post a Comment

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Tulisan Menarik Lainnya

    Artikel Populer

    Mau Kirim Artikel? Atau Tanya-Tanya? Boleh Kok

    Name

    Email *

    Message *

    Artikel Terbaru

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel