Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

21 Tips Untuk Meningkatkan Produktivitas Anda Dalam Segala Bidang

Bagaimana cara meningkatkan produktivitas? Hal ini sering menjadi sebuah pertanyaan besar bagi semua orang. Menjadi lebih produktif dewasa ini bukanlah hanya pilihan, namun sudah menjadi sebuah keharusan mengingat ketatnya persaingan.

Dengan Anda menjadi lebih produktif, maka kesuksesan akan semakin dekat untuk diraih. Sebaliknya, jika tingkat produktivitas Anda menurun, bisa jadi banyak potensi dan kesempatan akan lewat dan lenyap begitu saja.

Lalu bagaimana cara meningkatkan produktivitas dengan cukup signifikan? Ada beberapa tips praktis yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas.

Kami sudah merangkumnya dalam artikel sederhana ini. Dengan 21 tips untuk meningkatkan produktivitas ini, kami harap peluang kesuksesan akan makin terbuka untuk Anda.

Cara Meningkatkan Produktivitas


1. Stop Bermain Game Online

Anda bukan seorang developer atau atlet e-sports? Baiklah, maka jangan bermain game online ketika bekerja kecuali dengan hal itu Anda bisa mendapatkan uang.

Bermain game online memang sebuah aktivitas yang sedang booming dan nampaknya generasi milenial ke bawah sangat menggandrunginya. Namun ingat, semua itu hanyalah sebagai selingan. Anda ingin menjadi insan produktif, bukan?

2. Stop Scrolling Media Sosial

Ini juga adalah salah satu aktifitas tidak berfaedah yang sering dilakukan. Terutama jika tujuan Anda tidak jelas. Percayalah, semua ini hanya membuang waktu Anda yang sangat berharga. Apapun pekerjaan Anda, scrolling media sosial terlalu sering, entah itu mengintip foto selebgram idaman atau memantau status facebook seseorang terus menerus tidak akan membuat Anda sukses.

3. Stop Bergunjing Dengan Teman Kerja Anda

Menggosipkan istri baru bos Anda? Memperbincangkan teman Anda yang dimutasi karena ketahuan korupsi? Atau sekedar menggobrol hal-hal remeh sepanjang waktu? Jika Anda kecanduan melakukan itu, maka hentikan secepat mungkin. Semua itu adalah tanda Anda bukan orang yang sukses.

4. Jangan Mendengarkan Musik Yang Terlampau Sentimentil

Musik memang memiliki sihir yang memukau. Ada beberapa lagu yang bisa meningkatkan mood kita, namun ada juga yang terlampau sentimentil hingga menghadirkan suasana yang kelewat sendu. Tentu hal ini harus Anda hindari.

Baca juga : Fashion Hijab Terbaik Tahun ini.

5. Jangan Mengemil

Mengemil memang menjadi salah satu kebiasaan mengasyikkan ketika bekerja. Namun jika Anda kecanduan akan hal ini, produktifitas bisa terganggu.

Pertama, mengemil berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Kedua, Anda akan terprogram untuk bekerja dengan maksimal asal ada sesuatu yang bisa dikudap. Tentu hal ini tidak baik, bukan?

6. Matikan TV

Ketika bekerja, sangat dianjurkan untuk mematikan TV. Hal ini sangat berkaitan dengan daya fokus Anda. Jangan sampai keberadaan TV justru menjadi distraktor bagi Anda.

7. Buat to-do-list

To do list adalah sebuah daftar kegiatan yang dibuat berdasarkan skala proiritas. Membuat to do list
akan memberikan Anda sebuah gambaran dari apa yang harus dilakukan terlebih dahulu. Ini adalah rahasia para insan produktif. Anda juga ingin menjadi lebih produktif seperti mereka bukan?

8. Hindari Rapat Yang Bertele-tele

Jikalau Anda diwajibkan memimpin sebuah rapat, jangan bertele-tele. Fokuslah pada poin-poin penting yang harus dibahas atau dilaksanakan. Jangan campur adukan rapat dengan mengobrol hal-hal yang tidak berfaedah.

9. Buat Instruksi Yang Singkat, Padat Dan Jelas

Pelajari cara membuat instruksi yang singkat, padat dan jelas pad anak buah Anda. Jangan suka mengulang-ngulang kata tertentu namun melewatkan beberapa hal penting lainnya.

10. Tulis Quotes Penyemangat

Apakah Anda memiliki beberapa quotes penting yang bisa senantiasa memotivasi Anda? Tuliskan semua itu di kertas dan tempel di tempat dimana Anda bisa membacanya.

11. Matikan Internet Jika Perlu

Jikalau memang ternyata internet lebih membuat Anda terkecoh dan tidak fokus, mengapa tidak mematikannya sejenak ketika bekerja? Jadilah pribadi yang produktif dan fokus dalam menuntaskan tugas Anda. Jadilah pengguna teknologi yang bijak.

12. Bangun Pagi

Bukan tanpa alasan banyak orang sukses ternyata selalu bangun pagi. Ketika Anda bangun lebih pagi, maka Anda memiliki lebih banyak waktu untuk bersiap menghadapi hari Anda. Bangun lebih pagi adalah sebuah tips sederhana menjaga kesehatan tubuh yang sering dilupakan orang.

13. Lakukan Olahraga Secara Teratur

Terlebih jika Anda adalah seorang pekerja keras, maka Anda juga harus mengalokasikan waktu untuk berolah raga. Olah raga rutin sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran Anda. Tidak perlu yang berat, cobalah untuk memilih yang ringan. Bersepeda adalah olahraga yang ringan, menyenangkan dan menyehatkan.

14. Jaga Kesehatan Mental

Jangan terlalu tenggelam dalam pekerjaan Anda, omongan orang atau kritikan atasan. Jika semua itu terlalu Anda pikirkan, maka kesehatan mental Anda taruhannya. Usahakan untuk selalu menyeimbangkan dan menjaga kesehatan mental dan jasmani. 

15. Konsumsi Makanan Bergizi

Mengkonsumsi makanan bergizi akan membantu tubuh Anda tetap fit. Alhasil tingkat produktifitas Anda akan meningkat. Kesehatan adalah hal yang penting dan semua itu dimulai dari apa yang Anda makan. Ini bisa juga menunjang kesehatan dan terhindar dari berbagai penyakit kronis semacam maag, ginjal, diabetes, dll. 

16. Bersihkan Meja Kerja Dengan Baik

Meja yang kotor, penuh dengan tumpukan kertas dan benda-benda lainnya akan membuat mood Anda berkurang. Hal ini akan mengganggu kinerja dan membuat produktivitas Anda rendah. Untuk itu penting selalu menata meja kerja Anda.

17. Lakukan Pengarsipan Dengan Benar

Apakah Anda sudah melakukan pengarsipan dengan benar? Arsip, entah itu dalam komputer maupun buku adalah sesuatu yang akan mempengaruhi kinerja Anda. Jika semuanya rapi maka Anda tidak perlu buang-buang waktu untuk mencari file yang Anda inginkan bukan?

18. Simpan Handphone 

Handphone Anda bisa jadi adalah distraktor terbesar. Dengan banyaknya aplikasi dan sosial media yang tersimpan disana, maka akan semakin mudah untuk membuat Anda menjadi insan yang tidak produktif. Maka tidak bisa tidak, batasi kebiasaan Anda dalam menggunakan handphone ketika bekerja. Selain itu ketahui cara merawat ponsel Anda dengan baik agar bisa terus menunjang produktivitas. 

19. Selalu Ukur Progress 

Sejauh apa tingkat produktifitas Anda. Bagaimana pencapaian Anda selama ini? Ya, Anda perlu untuk mengetahui semua itu. Selalu ukur pencapaian Anda dan analisalah semuanya itu.

20. Hindari Multitasking

Multitasking sangatlah buruk. Hindari kebiasaan ini. Jadilah fokus. Makin sering Anda mengerjakan banyak hal dalam satu waktu maka sebenarnya makin jauh dari kata produktif. Jadilah pekerja keras dan cerdas sekaligus.

21. Gunakan Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro sudah lama dikenal sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan produktifitas. Dalam metode ini, Anda akan dilatih untuk menjadi lebih fokus dalam mengerjakan suatu pekerjaan dengan interval waktu tertentu.

***

Itulah 21 tips untuk meningkatkan produktivitas Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan Anda bisa menjadi insan yang lebih produktif.

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Posting Komentar untuk "21 Tips Untuk Meningkatkan Produktivitas Anda Dalam Segala Bidang"