Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Masakan Simpel Ala Catatan Adi untuk Kamu yang Ga Suka Ribet

Jadi aku bukan koki apalagi juri Master Chef, namun sebagai mantan anak rantau yang gitu deh, rasa-rasanya kemampuan memasak kumiliki secara alamiah. 

Nah, berhubung aku sedang bosan bikin artikel berat macam Sejarah Perang Dunia II ataupun Daftar Aneka Masalah di Dunia Pendidikan Indonesia, kali ini aku berpikir buat bikin konten tentang masakan. 

Entah keracunan sempol goreng atau tahu bulat, pokoknya aku pengen berbagi pengalamanku yang sebenarnya tidak menarik-menarik amat sih. 

resep masakan enak dan simpel
Resep enak dan simpel


Oke, apa indikator sehingga masakan itu masuk daftar ini? 

  • Bahan-bahannya simpel.
  • Cara bikinnya ga ribet.
  • Enak menurutku pribadi.
  • Cocok dinikmati kapanpun, baik tanggal tua atapun muda.
Nah itu dia indikatornya. Penting sekali sih bikin penafian kaya gitu, supaya pembaca budiman tidak berencana membuat demo karena nasi padang ataupun karedok tidak masuk hitungan. 

1. Nasi Telor 

Ini adalah masakan favoritku. Ente cuma butuh nasi sama telor. Bahan pendamping adalah garam, bawang merah, bawang putih dan kecap kalo ada. Bisa diganti saos ataupun sambal botol. 

Caranya, bikin nasi di magic jar. Lalu kocok telur beserta irisan bawang merah, bawang putih dan garam. Goreng. Rasa-rasanya semua orang baik cowok-cewek wajib menguasai skill satu ini, mengingat siapapun bisa terjebak dalam kelangkaan bahan pangan. 

2. Nasi Goreng Ala Catatan Adi

Walau ga seenak mamang nasgor ber-HT, tapi patut dicoba. Caranya adalah beli bumbu di toko sebelah, goreng nasi. Taburkan bumbu tadi. Jangan lupa kasih telor sama sosis kalau ada. Kalau ada dan ga males, saya kadang juga tambahi bayam liar yang tumbuh di kebon emak. 

Nah, tips selanjutnya buat nasinya supaya garing ya. Tetap tambahi micin dan garam sesuai selera. Itulah inti kehidupan. Micin dan garam. 

Mau tahu selengkapnya cara membuat nasi goreng enak ala kang gerobakan? Baca resep detailnya di sini

3. Bakmi Jawa Ala Catatan Adi

Sama, beli bumbu instan di toko mamang Ujang. Rendam mi dalam baskom berisi air agar boraks dan formalin hilang lemes. 

Panaskan wajan. Tuang minyak. Goreng telor dan orek sampai hancur kaya hidup kita yang ancur. Kasih sayuran dong biar bergizi. Bisa kobis atau sawi. Masukkan bakmi yang sudah letoy tadi. Kasih bumbu instan. Sajikan dengan sosis, bakso atau irisan ayam jika punya. 

4. Tempe Goreng Tepung Sambel Kecap

Bisa goreng tempe, khan? Nah ini sebelum digoreng kita balur pake tepung. Beli aja yang sudah ada bumbunya jadi hemat waktu. Terus beli juga sambel kecapnya. Goreng telur, eh tempe sambil nanak nasi. Ga sampai setengah jam, tempe sudah pindah ke dalam perut. 

5. Ayam Geprek 

Ada dua cara. Pertama ambil hape terus pesen ayam geprek terdekat. Cara kedua, siapkan ayam. Balur dengan tepung. Goreng. Terus ambil ulekan. Ulek cabe, garam dan bawang. Bejek-bejek juga ayamnya, tapi jangan sampai hancur. Ya, sekitar 40% lah tingkat penggeprekannya. Sajikan di atas nasi hangat sambil nonton tetangga berisik karena ribut sama suaminya. Duh, enaknya. 

6. Martabak Bihun

Kalau orang biasa pasti bikin kulit martabaknya, kalau Catatan Adi cukup beli saja. Kalau perlu beli sekalian martabak bihunnya. Canda bihun!

Jadi beli kulit martabak di Pasar Atom. Pasar lain boleh. Goreng bihun seperti biasa. Panduannya ada di belakang kemasan, ikuti saja, jangan aneh-aneh entar ga jadi. 

Trus sendok bihun ke dalam kulit martabak dan bungkus. Ingat, ini di dapur bukan di diskotek, jadi yang dibungkus adalah bihun bukan FWB atau anak orang. Goreng deh. Jangan goreng sambil ngemil yang sudah jadi, nanti kerjamu sia-sia. Makanlah kalau sudah jadi semua. Nyomot satu dua boleh sih. 

Makannya langsung apa pakai nasi, bang? Terserah, tapi pakai tangan lebih afdol. 

7. Ikan Sarden Nasi Panas 

Sudah bisa menduga? Benar! Beli sarden kalengan. Goreng. Tambahi bawang bombai dari India dan garam dikit. Micin jangan lupa biar pinter kaya orang Jepang. Terus tuang di atas nasi hangat. Nikmati sambil dengerin tetangga gibah karena kita bisa beli sepeda baru. Padahal sepeda dikasih Pak Jokowi karena berhasil jawab kuis nama-nama menteri Kabinet Kerja yang gonta-ganti menurut aliansi partai-partai maupun eceran. Canda kuis! 

8. Tempe-Tahu Sambel Kosek

Orang Indonesia seyogyanya bisa goreng tempe tahu karena itulah bahan pangan warisan nenek moyang sejak jaman larang pangan. 

Oke, goreng seperti biasa. Jangan lupa dibaluri di air yang sudah diberi bumbu instan. Pokoknya yang instan aja daripada nanti ga enak rasanya. 

Terus buat sambelnya. Bahannya cuma cabe sisa mungut dari pasar, garam dan bawang putih. Uleg sekuat tenaga. Jadi deh. 

9. Sayur Sop Telor Asin

Beli paketan sayur sop di warung Jeng Yatmi. Biasanya ga sampe 5 rebu. Rebus semua. Biasa, tambahi bumbu. Ini sih gampang, Royco sama garam udah cukup. Terus beli telor asin dari Burkina Faso atau Bolivia. Nikmati sambil lihat Gordon Ramsay masak wagyu. 

10. Nasi Campur Tanggal Tua

Masak nasi. Masak Mi. Masak semua bahan protein yang ada: telor ceplok, ikan pindang, tempe, tahu, atau daging kalau ada. Ingat, kalau ada. Ini tanggal tua soalnya. Terus makan semua dalam satu piring sambil yakin lima tahun lagi kita bakal jadi orang kaya

___

Oke, segitu dulu gaes, ceritaku hari ini. Kalau kalian gimana? Ada resep rahasia leluhur yang ingin kalian bagi? Jangan lupa teruskan membaca artikel lainnya, seperti cara mendapatkan passive income agar kamu bisa kaya Hotman Paris atau Raffi Ahmad. 

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Posting Komentar untuk "10 Masakan Simpel Ala Catatan Adi untuk Kamu yang Ga Suka Ribet"