Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Ide Kegiatan Di Akhir Pekan

Jadi kondisinya negara kita sedang melakukan PPKM, khususnya di wilayah Jawa-Bali. Lantas kawula muda maupun kawula yang tidak muda lagi harus ngapain? Masak iya kerja terus, bahkan ketika weekend? Ga seru, khan? Nah, itu dia maka lahirlah postingan ini, yaitu 10 kegiatan seru di akhir pekan. 

Yuk cus langsung mulai kita bahas satu persatu, biar kamu-kamu semua punya waktu buat memilih dan mengeksekuinya, mana kegiatan yang bagus buat weekend.

Bersih-bersih Rumah

Ini rekomendasi pertama. Sapa tahu selama ini ada monster yang sembunyi di kolong tempat tidurmu karena sudah ratusan tahun kamu tidak pernah ngepel lantai. Ada ada vampire ganteng yang lagi ngendon di dalam lemari bajumu. Nah, ngeri kan? Makanya cobalah untuk mengisi waktu sambil bebersih.

Bisa juga tuh, kamu ternyata pake jasa Go-clean. Nah akhirnya kalau kamu ngebersihin sendiri, bisa lebih hemat kan.

Bisa juga ternyata setelah bebersih kamu sadar barang-barang yang ada di rumahmu kelewat banyak tapi ga berguna. Nah, kamu bisa tuh coba belajar hidup minimalis atau hidup sederhana. Catatan Adi juga pernah bikin curhatannya di Hidup Sederhana untuk Kehidupan yang Hakiki. Kali aja bisa menginspirasi. 

Membaca 

Yuk ah mulai membaca. Ada banyak jenis membaca sih, tapi kalau saya suka membaca untuk kesenangan atau reading for pleasure dalam mengisi waktu luang di akhir pekan. Kalau kamu gimana? 

Ada beberapa tips dalam membaca, seperti : 

  1. Pilih buku yang memang kamu sukai.
  2. Jangan paksakan untuk membaca habis sekaligus, nikmati saja.
  3. Membaca santai sambil ngeteh, ngopay atau nyamil gorengan.
Nah, bagus lagi kalau habis membaca kalian buat semacam review gitu, bisa di blog pribadi, Instagram, Twitter atau Goodreads. Pasti seru, cobain deh. 

Menulis Blog

Menulis blog bisa menjadi hal yang luar biasa seru. Belum punya blog? Ayo bikin. Gampang kok. Baca panduannya di cara mudah membuat blog. Selain itu kalau bingung mau nulis apa, jangan khawatir kamu bisa cari inspirasi di postingan Catatan Adi tentang ide menulis blog

Kenapa menulis blog adalah kegiatan seru di akhir pekan? Karena : 

  • Bisa jadi self-healing.
  • Bisa menjaga diri agar tetap produktif.
  • Bisa menjadikan kamu lebih kreatif.
  • Bisa menambah teman dengan cara blogwalking

Memasak

Siapa tahu ternyata kalian punya bakat masak ngalahin Gordon Ramsey atau Bobon Santoso. Keren kan. Cuma selama ini kalian sibuk ngantor atau gawe lainnya. Nah di masa seperti ini, weekend bisa jadi sarana untuk meningkatkan skill masak kalian. 

Ohya, katanya kalian bisa loh dapat uang dari menulis resep. Coba baca di daftar situs yang membayar kontributor. Semoga bermanfaat. Asal jangan kaya Sisca Kohl yang punya eksperimen aneh-aneh ya. 

Menonton Video Bermanfaat

Kalau menurut saya pribadi, video yang bikin gembira, senang, ketawa dan tambah wawasan, itulah video yang bermanfaat. Maklum sudah ga pernah nonton tivi sama sekali, jadi agak ragu kalau mau kasih saran nonton tipi. 

Bersosialisasi

Tahukah kalian kalau hubungan sosial bisa terdegradasi akhir-akhir ini. Untuk itu, penting rasanya menjaga agar pertemanan, kekeluargaan dan kekerabatan tetap langgeng, tanpa melanggar prokes yang sudah dibuat. Kalian bisa saling menyapa lewat Zoom atau Google Meet. Jangan ngafe atau ke warkop dulu, ntar disiram sama bapak-bapak yang lagi jaga pake mobil damkar, loh!

Atau kalian bisa mengalokasikan waktu dua sampai tiga jam khusus buat chattingan di Facebook, Instagram dan MIRC. Eh, MIRC masih ada nggak sih. Mungin udah kalah sama Whatsapp kali ya! 

Kalian juga bisa main media sosial, asal jangan lupa waktu buat keluarga dan malah jadi addicted ya, karena semua yang berlebihan itu kurang baik. Media sosial kan awalnya untuk mendekatkan yang jauh, bukan menjauhkan yang dekat. 

Olahraga Tipis-tipis

Iya tahu, kalian tidak bisa main badminton di balai desa atau ber-futsal ria di lapangan. Oke deh, tetap sehat ya. Caranya adalah olahraga tipis-tipis. Kalian bisa lari-lari kecil muterin kabupaten atau berenang di selat Madura. Canda, hehehe......

Cukup joging aja sama istri atau pacar. Pastikan pacarmu sendiri ya, jangan pacar orang lain, karena nanti bisa jadi soto kikil badanmu. 

Ohya, ngomong-ngomong tentang olahraga dan menjaga kesehatan tubuh, Catatan Adi juga punya panduannya lo, yakni di tips sederhana agar tubuh tetap sehat senantiasa. Dibaca, ya!

Istirahat Panjang 

Capek ya, muter-muter karena jalan disekat. Mau kerja di rumah tapi ga mungkin karena pekerjaan kamu adalah pekerjaan fisik. Yasudah kawan, mungkin weekend adalah anugerah semesta agar dirimu bisa berhenti sejenak. Beristirahat menikmati waktu-waktu indahmua yang selama ini tidak bisa kamu rasakan. Istirahatlah. Lemaskan pinggangmu letakkan punggungmu untuk kemudian siap berlari kembali, berkarya bagi negeri dan keluarga. Bahkan untuk jadi tulang punggung, kau harus istrirahat supaya tulangmu kuat. 

Kegiatan weekend
Weekend


Membuat Konten

Yuk ah kreatif. Masak cuma gitu-gitu doank. Kalau kamu nggak biasa curhat atau ngonten lewat blog, kamu tetap bisa melakukan yang lain kok. Misal membuat konten berbentuk foto, video pendek atau bahkan yang infografis. 

Kemana nantinya akan diunggah alias dipamerin? Oh, banyak juragan. Kamu bisa mencoba upload ke Instagram, Unsplash, Pinterest, dll. 

Eh tapi apa kalian sudah tahu bahwa ada banyak cara dapet duit lewat internet? Cara mendapatkan uang melalui smartphone atau hape saja bukan mustahil loh. Kamu bisa menjual konten-konten yang kamu buat. Baca aja di panduan menghasilkan uang modal Handphone. Andaikan artikel itu masih kurang, loncatlah ke tutorial dapat cuan dari internet

Mendekatkan Diri Pada Tuhan 

Nah, buat kamu yang ternyata penganut agama atau mengakui adanya Tuhan, maka opsi terakhir ini bisa dilakukan. Inget Tuhan jangan cuma waktu susah doang, terus ketika semua dalam keadaan baik-baik aja, lupa. Duh, jangan ya. Ga mau dikata durhaka kan, ya.

Ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan sesuai dengan agama atau jenis kepercayaanmu masing-masing, namun harus taat prokes ya, demi ga berurusan sama pihak yang berwenang. 

Kamu bisa sembhayang, meditasi, shalat, ataupun berefleksi. Bisa juga berkumpul terbatas dengan beberapa individu lainnya dalam skala kecil untuk melakukan kajian kepada Hadits, Alkitab, ataupun kitab suci lain yang kamu percayai. 

Sebenarnya ada satu jenis kegiatan yang juga termasuk mendekatkan diri pada Tuhan, yakni melakukan aksi sosial. Bukankah kalau kita menolong sesama manusia adalah hal yang membuat Tuhan senang? Nah, terserah kamu bagaimana kamu mewujudkannya, ya! 

_____

Itu dia 10 aktivitas buat weekend. Kamu pilih yang mana, nich? Tulis di kolom komentar ya! 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

1 komentar untuk "10 Ide Kegiatan Di Akhir Pekan"

  1. Sejak PPKM apalagi benar2 udah WFH, weekend sama weekday udah hampir ga ada beda mas hihihi, ga bisa kemana2, tiap hari juga di rumah aja hiks hiks hahaha.

    BalasHapus

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pilihan Hari Ini