Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Cerpen yang Menarik

Banyak orang gagal menjadi penulis, termasuk penulis cerpen. Kegagalan utama adalah karena mereka ingin menjadi cerpenis tetapi tidak mau menulis cerpen. 

Padahal ada banyak panduan menulis cerpen yang baik di internet maupun perpustakaan. Mungkin mereka telah membacanya tetapi tidak mau mengambil tindakan nyata : praktek dan langsung menulis cerita.

Dalam artikel ini, Penulis tidak akan bertele-tele. Catatan Adi akan mengajak Anda, calon penulis hebat masa depan, untuk memulai langkah nyata. Akan ada tutorial membuat cerpen yang sangat simpel dan mudah dipahami. Selanjutnya ada juga contoh-contoh cerpen yang bisa Anda nikmati. Siapa tahu jadi inspirasi.

cara menulis cerpen yang benar
cara menulis cerpen yang benar


Hakikat Cerpen

Membuat cerpen berbeda dengan menulis esai. Sebelum memulai mari insafi dulu apa itu cerpen? Cerpen adalah cerita pendek. Sependek apa? Tidak ada batasan minimal ataupun maksimal. Dan jangan biarkan apapun itu membatasi Anda.

Justru yang menjadi concern bagi Anda selaku calon penulis cerpen hebat adalah menyadari bahwa Anda akan menulis cerpen, bukan cerbung ataupun novel. Fokuslah pada satu ide pokok yang menarik dan memang bisa dikembangkan menjadi sebuah cerita.

Langkah Menulis Cerpen

Di bagian ini, Penulis akan membeberkan langkah menulis cerpen secara praktis menurut apa yang sudah dialami sendiri. Semoga bisa membantu Anda. 

Tentukan Premis

Ini adalah tahap pertama dari langkah menulis cerpen yang baik. Apa yang ingin Anda sampaikan? Jangan sampai cerpen Anda terasa mentah dan ngambang. Cerita yang ditulis harus punya gagasan yag kokoh dan ide pokok yang kuat. 

Itulah pentingnya menentukan premis, agar cerita tidak kabur sehingga pembaca bingung apa yang sebenarnya Anda ceritakan. 

Ada banyak contoh premis, misalnya : 

  • Seorang pria yang ditolak gadis pujaannya lalu bertransformasi jadi pengusaha sukses.
  • Konflik tajam antara mertua dan menantu perempuannya.
  • Perjuangan seorang anak dalam mencari pengakuan dari lingkungannya.
  • Alien yang turun ke bumi untuk kemudian berencana membuat koloni baru.
  • Kebohongan seorang artis yang tampak glamor tetapi sebenarnya hidup menderita.

Tentu daftar di atas hanyalah contoh. Anda harus menciptakan premis sendiri. Bisa berasal dari kehidupan nyata atau imajinasi liar di alam bawah sadar Anda. 

Buat Draft

Drafting sangat penting. Setelah menciptakan premis, sekarang saatnya menyusun draft. Siapakah tokoh utama dari cerita Anda? Siapa saja tokoh pendukung lainnya? Bagaimana cerita bermula? Akankah ini sebuah kisah dengan happy ending? Pertanyaan tersebut akan benar-benar membantu Anda menyusun alur dalam kisah yang ingin Anda ciptakan. 

Biarkan Kalimat Mengalir

Sekarang kembangkan. Biarkan imajinasi bekerja. Rangkailah kalimat menjadi paragraf, dan paragraf menjadi cerita. Jangan batasi diri Anda, tulis saja. 

Kalimat ini harus mengalir, seperti layaknya orang bercerita. Pastikan bahwa Anda tahu teknik menulis yang benar, setidaknya yang sudah diajarkan guru di sekolah. Jangan sampai membuat struktur kalimat yang membingungan atau alur yang meloncat dan sulit dipahami. 

Perkuat Drama

Drama adalah kenikmatan dalam hidup. Ada orang yang suka kisah dengan aroma pengkhianatan atau kesedihan luar biasa. Bumbui cerpen dengan drama. Jika sudah ada, yakinkan apakah masih bisa dikembangkan lagi atau tidak. 

Evaluasi Menyeluruh

Dalam tahap ini, Anda harus benar-benar rileks. Setelah cukup punya energi, coba nikmati sendiri karya Anda sebelum orang lain melakukannya.

Lakukan evaluasi menyeluruh. Pastikan tidak ada tipo atau logika yang aneh. Silahkan kurangi kalimat yang tidak penting. 

Contoh Cerpen yang Menarik

Perlu diketahui bahwa penilaian di sini sangat subyektif, sama seperti kenyataan bahwa semua orang bisa saja memiliki penilaian yang berbeda.

Untuk itu, ijinkan Penulis menyampaikan bahwa daftar contoh cerpen di bawah ini adalah cerita pendek yang menarik versi Catatan Adi. Tentu saja Anda berhak untuk memiliki pendapat yang berbeda. Tetapi alangkah baiknya jika pendapat itu muncul setelah membaca cerpennya.

Ben dan Senja

Ini adalah sebuah cerpen yang menceritakan tentang kegalauan seorang pria muda di tengah hiruk pikuk kehidupan metropolitan. Ia merasa sepi di tengah keramaian dan merindukan sesuatu yang sudah lama hilang darinya. Setiap hari, sebagai sebuah pelampiasan, ia melakukan ritual tertentu untuk mententramkan jiwanya yang mulai kosong.

Topik mengenai kehidupan kota yang sibuk dan dipenuhi hingar bingar hedonisme masih cukup menarik untuk diadaptasi menjadi sebuah cerita pendek yang menarik. Para penulis bisa mengambil sisi lain dari kehidupan manusia-manusia industri yang mungkin kurang ditangkap oleh pandangan mata awam pada umumnya. 

Pak Guru Juki

Seorang guru pada dasarnya adalah motivator sekaligus penyelamat generasi. Guru yang baik tak segan mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan para muridnya dari lubang kehancuran dan memberikan masa depan yang jauh lebih baik. Inilah cerita tentang perjuangan seorang pendidik dalam memaknai kehidupan.

Pak Guru Juki adalah sebuah cerpen pendidikan yang mengisahkan perubahan karakter seseorang seiring dengan pengalaman yang ia alami waktu demi waktu. Pertumbuhan karakter dan perubahan perangai juga merupakan hal yang bisa dieksplorasi menjadi karya yang menarik. Lebih dari itu, disamping menarik juga bisa menjadi sarana inspirasi bagi para pembaca. 

Sepasang Kekasih dari Jerman

Perang menciptakan malapetaka bagi kedua pihak. Kalah jadi abu menang jadi arang. Di samping itu, perang juga menimbulkan penderitaan berkepanjangan dan dendam kesumat yang sulit disembuhkan. Inilah cerpen mengenai perang dunia yang mengerikan sekaligus menyentuh hati.

Terinspirasi oleh ganasnya laga WW2 di Eropa, Sepasang Kekasih dari Jerman menampilkan sisi humanistik yang tercoreng, jiwa yang terluka dan hati yang menuntut pembalasan. Narasi semacam itu tentu saja sangat menarik untuk para pembaca, khususnya mereka penggemar cerita fiksi berbalut aksi-aksi laga nan dramatik. 

Hikayat Empat Generasi

Kerja keras adalah kunci kesuksesan. Hikayat Empat Generasi menceritakan bagaimana perjuangan seseorang yang berada di lingkaran yang menyuburkan kemiskinan. Ia menolak menyerah. Dan pada akhirnya kesuksesannya bisa membebaskan keturunannya dari ancaman hidup menderita karena kemiskinan akut. 

Ide tentang keluarga, perjuangan hidup dan pengkhianatan tak akan lekang oleh waktu. Para penulis masa depan akan muncul untuk mengolah topik itu menjadi cerpen melalui langkah menulis cerita pendek yang baik sehingga lahirlah kisah-kisah dramatis yang layak untuk dinikmati semua orang. 

Suatu Hari di Dennis' Kitchen

Semua orang punya kisah yang menarik. Sayangnya tak banyak yang mau mengumbarnya. Ada yang mau membaginya, banyak pula yang menyembunyikannya. Inilah cerpen tentang wajah-wajah mengenaskan di balik sosok-sosok yang terlihat gagah yang menjadi tolok ukur kesuksesan yang fana. 

Cerpen ini lahir dari kegalauan Penulis akan manusia yang memakai topeng sepanjang umur mereka. Menghabiskan waktu untuk menyelamatkan citra alih-alih menjadi diri sendiri dan menikmati hidup apa adanya. Kehidupan yang mulia ditukar dengan kenistaan yang melahirkan kisah-kisah sendu. 

Pasar Malam

Orang tua adalah sosok yang selalu berusaha memastikan anak-anaknya baik-baik saja dimanapun mereka berada. Pasar Malam adalah salah satu contoh cerpen misteri yang menceritakan bagaimana godaan bisa datang di mana saja kepada siapa saja.

Penulis pernah berada di suatu fase dimana mempertanyakan hal-hal mistis serta tertarik mengulas bagaimana mitos dan misteri hidup di tengah-tengah masyarakat. Akhirnya lahirlah Pasar Malam, salah satu contoh cerita misteri yang ada di blog ini. 

Drama untuk Kakek 

Peristiwa tragis di tahun 1965 menyisakan kegetiran yang harus ditanggung seumur hidup oleh para korban yang menerima ketidak-adilan. Mereka terus hidup dengan keputus-asaan dan luka batin yang tetap menganga. Ada kalanya luka ini diwariskan kepada generasi selanjutnya.

Menyadari bahwa ada topik-topik tertentu berfondasikan pada peristiwa sejarah yang bisa dikembangkan, Penulis mencoba bereksperimen. Tema peristiwa yang memilukan bagi kemanusiaan ini akhirnya menginspirasi lahirnya cerpen berjudul Drama untuk Kakek.

Bukan Salah Ibu Mengandung

Anak bertingkah orang tua kena getahnya. Namun bagaimana jika tingkah polah anak yang kurang ajar lagi tercela tersebut ternyata hanyalah produk dari orang tuanya sendiri? Lantas siapakah yang patut disalahkan?

Cerita ini terinspirasi dari sebuah cerpen di suatu koran yang menceritakan tentang anak bengal yang terus dibantu oleh orang tuanya. Kejahatan dan keculasan ada di sini. Semuanya dinarasikan secara menarik untuk menjadi sarana bercermin, apakah kita juga pernah bertindak hal serupa?

Kongres Hutan

Dunia sudah menjadi tempat yang mengerikan. Hewan-hewan tidak tinggal diam. Mereka berunding apa yang harus dilakukan, pergi atau melawan takdir mereka. Inilah cerita tentang perjuangan kelompok yang ditindas oleh kekuasaan. 

Penulis kembali bereksperimen. Dalam Kongres Hutan, para tokoh utama bukanlah manusia, melainkan hewan-hewan yang mengadopsi cara berpikir, bertindak dan memiliki latar belakang menarik seperti halnya manusia. Inilah cerpen mengenai isu sosial dan ekologi yang cukup menarik untuk dinikmati. 

Dikejar Hantu 

Seorang wanita dihantui oleh sosok tak terlihat yang mulai mengacaukan kehidupannya. Ia akhirnya justru mengalami titik balik yang luar biasa dimana ini mengubah dirinya menjadi sosok yang baru. Apa yang sebenarnya terjadi?

Kembali menampilkan contoh cerpen horor, Dikejar Hantu memang menyajikan kisah-kisah di luar nalar. Inilah cerpen misteri yang menampilkan bagaimana dendam masa lalu bisa saja mengejar siapapun hingga nyaris menimbulkan korban. 

Tentu masih banyak cerpen lain yang jauh lebih menarik dan berkelas dari contoh-contoh cerita pendek di atas. Katakan saja dua cerpen dari Dee Lestari yang berjudul Ricco de Coro dan Filosofi Kopi. Keduanya menampilkan narasi yang berbeda namun sama-sama memuat banyak hal mulia mengenai pentingnya menghargai kehidupan.

Cerpen Maaf dari Putu Wijaya juga bisa dimasukkan ke dalam deretan cerpen Indonesia terbaik yang layak untuk terus diapresiasi.

Satu lagi yang perlu untuk diingat adalah Robohnya Surau Kami karya A.A Navis yang menjadi salah satu karya sastra klasik Indonesia. Kandungan makna dan kenikmatan alur menjadi nilai lebih dari kisah ini.

Semua di atas bisa menjadi inspirasi bagus dalam meningkatkan wawasan sekaligus menciptakan tulisan yang bermutu. Menghibur tetapi tetap punya nilai yang mulia untuk dibagikan. 

Segera Tulis Kisah Anda Sendiri

Jangan buang waktu. Nyalakan komputer, seduh kopi, duduk manis dan segeralah beraksi. Tuangkan ide-ide dalam draf yang terstruktur. Ceritakan hal yang menarik, konyol, dramatis, menegangkan ataupun menakutkan. Apapun yang ada di dalam kepala Anda. Jangan biarkan rasa malas membuat Anda gagal jadi calon penulis hebat selanjutnya. 

Menulis itu menghasilkan tulisan. Bukan kisah-kisah tidak jelas di dalam otak yang hanya bisa dinikmati oleh penciptanya sendiri.

Bahkan tahukah sekarang jika Anda bisa menulis cerpen untuk web dan mendapatkan penghasilan. Ada 37 web yang menerima tulisan dari kontributor. Bukankah ini hal yang sangat nikmat, yakni hobi dan dibayar? Segera asah kemampuan Anda dan jadilah penulis sukses. 

Adi
Adi Saya adalah seorang penulis dan blogger yang sudah mendalami dunia blog sejak 2010. Saya menulis tentang banyak hal, seperti games, teknologi, filsafat, pendidikan, politik, fashion, olahraga, buku, kuliner, dll. Pernah mengikuti berbagai pelatihan dan kursus dari NGO maupun pemerintah.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Cerpen yang Menarik"