7 Tips Jadi Mahasiswa Sukses, Cepat Lulus dan Langsung Kerja

Apakah kamu ingin jadi mahasiswa sukses yang cepat wisuda dan jadi incaran perusahaan besar? Ternyata rahasianya gampang banget. Dalam kesempatan kali ini, kita dari Catatan Adi akan membeberkan rahasia cara mendapatkan IPK tinggi, memaksimalkan potensi sehingga bisa segera lulus plus langsung dapat pekerjaan yang diidamkan.

tips cepat lulus - catatan adi
Tips jadi mahasiswa sukses

Trus seperti apa tipsnya? Sabar dulu, pertama kamu harus mendefinisikan dahulu apa sih yang dimaksud sukses itu? Soalnya tanpa punya gambaran yang jelas mengenai sebuah kesuksesan, jalan yang ditempuh bakalan berliku plus bisa-bisa kamu mengalami kebingungan kaya anak gadis dilepas di pasar tradisional. 

Apa Sih Mahasiswa Sukses Itu? 

Kalau kamu belum punya gambaran jelas apa sih mahasiswa sukses itu, jangan khawatir Catatan Adi akan coba kasih sedikit penjelasannya.

Nah, kalau kamu udah jadi anak kampus, pastinya beda waktu masih pelajar SMA. Kamu sudah punya kedewasaan, hak untuk mandiri, dan tentu saja kewajiban bertanggung jawab atas apa yang terjadi dengan dirimu sendiri. 

Gambaran dari kita sih gampang kok. Mahasiswa sukses adalah mereka yang mendapatkan IPK bagus, mampu menguasai bidang yang dipelajari, bisa memaksimalkan potensi diri, memiliki jaringan yang cukup luas, dan punya visi yang jelas dan percaya diri. 

Ribet nggak sih? Ya kalo cuma dibayangi bakal ribet. Tapi coba liat infografis yang sudah kita buat pasti ga bingung lagi. 

Mahasiswa sukses - catatan adi
Mahasiswa Sukses

Enak, kan sekarang. Iya itu dia definisi dari sukses. Yuk kita bahas bareng-bareng biar kamu makin paham ya.

Mahasiswa sukses itu yang punya IPK bagus. Bukan harus cumlaude, tapi kalau bisa kenapa enggak. Lha kok fokus sama akademik sih? Jangan salah, perusahaan tidak punya waktu buat nyari calon pegawai yang skillful. Jadi mereka melakukan seleksi ya lewat ijasah dan transkrip nilai kamu. Makin bagus nilai makin baik. Jangan dengerin nasehat yang aneh-aneh ya, ntar kamu nyesel loh!

Mahasiswa sukses itu punya networking luas. Iya, bener, kalau mau sukses harus punya jaringan. Maksimalkan kesempatanmu di saat mahasiswa dengan cara mencari hubungan seluas-luasnya, baik kepada sesama teman, dosen, pengusaha, pejabat, bahkan profesi lain. Jangan batasi lingkaranmu. Makin banyak kamu kenal orang dengan latar belakang berbeda, makin luas wawasanmu.

Mahasiswa sukses itu mengusai bidang yang dipelajari. Kalau kamu anak IT ya harus paham jaringan. Kalau kuliah di jurusan jurnalistik ya harus pinter bikin artikel, nanya ke narasumber dan jago copywriting. Begitu juga kalau kamu studi di prodi yang lain. Jangan sampai ya anak sastra Inggris tetapi ga bisa ngomong pake Bahasa Inggris dengan baik. Atau lulusan keguruan tetapi cara ngajarnya jelek. Fokuslah ke bidang kamu dengan baik. Itu juga arti dari sebuah kesuksesan. 

Mahasiswa sukses itu punya visi yang jelas. Ini yang jarang dibahas oleh artikel lain dan beruntungnya kamu mengetahuinya dari kita, Catatan Adi sobat setia kamu setiap hari. Uhuk. Nah kalau kamu pingin mendapatkan kesuksesan, kamu butuh perencanaan. Dan sebelum itu kamu juga butuh visi! Selagi masih mahasiswa, buatlah skala prioritas dan planning yang bener. Apa yang kamu inginkan? Apakah ingin kerja di Google atau Bank Dunia? Ingin terjun di dunia politik? Mau jadi wirausaha? Atau meneruskan usaha bapak jadi petani kelapa sawit? 

Mahasiswa sukses itu yang punya skill plus-plus. Kok bisa? Karena pada dasarnya kamu nanti akan bersaing dengan sesama luusan sukses lainnya. Tunjukkan kamu punya kelebihan. Kembangkan beberapa soft skill penting seperti negosiasi, collaboration, ataupun public speaking. Ohya, kita kasih bocoran ya. Ini kan jaman digital, jadi kamu harus melek teknologi. Ga perlu expert sih tapi cukup mumpuni. 

Cara Menjadi Mahasiswa Sukses

Kita sudah bahas tentang definisi sukses, sekarang saatnya kita kasih kamu semua tips supaya bisa lulus dengan tepat waktu dan mendapatkan pekerjaan idaman. 

Belajar Tekun

Tentu saja kamu harus belajar. Kamu kan mahasiswa dan kewajiban utamamu adalah belajar, meningkatkan intelektualitas, kemampuan akademik dan pengetahuan. Apapun kesibukanmu nanti, entah itu bergabung dengan organ pergerakan, bikin bisnis tambak udang sama teman-teman atau pacaran, tetap jangan lupakan tujuanmu untuk berkuliah. Jadi ini rahasia pertama, belajarlah dengan tekun. Ketahui rahasia untuk menjadi pintar dengan efektif dan meningkatkan kemampuan akademis. 

Disiplin 

Jadilah disiplin. Jangan buang waktu dengan rebahan sepanjang hari, membolos kuliah atau bermain game online. Ingat, waktu tidak akan pernah kembali, jadi pergunakan itu dengan baik. Salah satunya adalah dengan terbiasa bersikap disiplin yang baik. Hal ini juga akan membangun karaktermu. 

Berkomunitas Dengan Benar

Kamu adalah 5 orang yang ada di sekitarmu. Jadi orang-orang yang menjadi teman dekatmu, sadar atau tidak, akan punya andil besar dalam mempengaruhi dirimu. Jadi berkomunitaslah dengan benar. Bangun networking dengan orang yang tepat. Hindari masalah. Akan lebih berguna jika kamu tergabung dengan lingkaran orang-orang yang punya visi bagus dan bisa membantumu meningkatkan skill, seperti English club, komunitas pecinta sejarah, tim paduan suara gereja, atau grup blogger di kotamu.

Selektif Mengambil Peluang

Memang benar kamu harus rajin meningkatkan skill dan mengambil kesempatan, tetapi jadilah selektif. Tidak semua lomba, organisasi atau penelitian harus kamu ikuti. Selektiflah. Pertimbangkan kemampuan dan kewajibanmu untuk mendapatkan nilai baik serta lulus tepat waktu. Pastikan bahwa kegiatan yang kamu pilih benar-benar menguntungkan bagimu. Ingat, uang kuliah tidak sedikit, kamerad! 

Berinvestasi

Ada dua jenis investasi, yakni yang melibatkan uang dan softskill. Jenis yang pertama seperti reksadana, emas, dan deposito. Kalau kamu bukan anak sultan dan belum punya banyak modal, cobalah yang paling kecil seperti menabung. Barangkali setelah wisuda kamu tidak ingin langsung kerja dengan orang tapi mencoba jadi pengusaha. Jenis yang kedua lebih kepada ilmu, seperti ikut kursus Bahasa Rusia, les piano atau berlangganan video tutorial berbayar. Tidak semua perlu kamu lakukan tetapi setidaknya pilihlah keterampilan yang paling menunjang karir dan bidang studimu.

Membangun Personal Branding

Jangan pernah bikin ulah yang tidak perlu. Kamu harus membangun citra positifmu sedari dini. Buatlah akun di LinkedIn dan mulailah menulis konten bermanfaat. Pamerkan karyamu di upwork. Tulislah ceritamu di blog. Jawab berbagai pertanyaan yang kamu bisa di Quora. Semua itu akan memberikan sebuah branding yang bagus bagimu nantinya. HRD jaman now selain suka sama mereka yang wisuda tepat waktu, juga suka kepoin sosial media calon pegawai mereka soalnya.

Menjaga Kesehatan

Nah, jangan sampai ya kamu rajin belajar tetapi kemudian kena TBC. Atau sibuk bikin content trus terjangkit tipes dan GERD. Jaga kesehatan. Itu juga kunci kesuksesan yang sering dilupakan banyak orang. Percuma karir bagus tapi kesehatan buruk. Semua harus seimbang agar kamu juga bisa menikmati kerja kerasmu nanti. Ini juga bisa menjadi tips lulus tepat waktu, setidak-tidaknya wisuda tidak tertunda karena opname. 

Kesimpulan

Jadi apa nih kesimpulan yang bisa kita dapatkan dari artikel 7 cara menjadi mahasiswa sukses yang cepat lulus dan langsung kerja kali ini? Pertama kamu harus memiliki visi apa sih kesuksesan itu. Baru setelah kamu paham apa arti sukses, kamu bisa menentukan langkah selanjutnya untuk bisa mendapatkannya, yakni menjadi mahasiswa sukses. Jadilah pekerja cerdas yang efektif dan dibutuhkan banyak orang.

Call To Action

Hai, aku Adi, owner dari blog kecil ini. Apa kamu merasa tulisanku bermanfaat? Untuk mendukungku terus membuat content yang baik, kamu bisa berkontribusi dengan cara mematikan program adblocker (jika PC atau ponselmu memilikinya) untuk situs ini. 

Selain itu aku sangat berterima kasih jika kau mau membagikan artikel yang ada di sini agar makin banyak orang mendapatkan manfaatnya. Jika kamu tertarik, silahkan berlangganan semua konten di Catatan Adi melalui surel. 

Sekali lagi terima kasih sudah mampir dan membaca. 😼

6 Responses to "7 Tips Jadi Mahasiswa Sukses, Cepat Lulus dan Langsung Kerja"

  1. Disiplin, poin paling berat dalam hidup, apalagi mahasiswa yg msh sering suka jalan2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disiplin memang susah diterapkan. Catatan Adi banyak belajar dari mas Peter yang disiplin posting 2 artikel perminggu. 😃

      Delete
  2. Mantap jiwa min.

    Menjadi mahasiswa kita harus membuktikan bahwa ijazah bukan tanda kita pernh kuliah tapi tanda kita bisa mikir.

    Mikir bagaimana cara membangun relas,mikir bagaimana cara kita mengisi ilmu dengan pengalaman.

    Dan yang terpenting learning by doing.

    Jika itu dilakukan hasil akhir tidak pernh menghianati proses.

    Admin

    biropesona.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank gan Biro Pesona.
      Benar, sayang sekali banyak mahasiswa yg asal lulus tanpa mau benar-benar menguasai skill nih.
      Padahal tantangan ke depan makin besar.

      Delete
  3. wah, kalo kaya saya yang nggak kuliah gimana tuh mas adi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yee, gpp mbak. Tanpa kuliah aja mbak ya sudah jadi blogger sukses idaman para newbee. Justru mbak ni yg harus ditodong berbagi tips suksesnya.

      Delete

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Tulisan Menarik Lainnya

    Artikel Populer

    Mau Kirim Artikel? Atau Tanya-Tanya? Boleh Kok

    Name

    Email *

    Message *

    Artikel Terbaru

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel