Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Macam-Macam Agama di Dunia Beserta Sejarah dan Ciri Khasnya

Ada berbagai macam agama di dunia ini. Sebagian terus tumbuh berkembang dan memiliki banyak pengikut baru, sedang yang lainnya bisa dikatakan makin tidak populer.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menyajikan fakta tentang macam-macam agama yang dipeluk oleh umat manusia di berbagai penjuru dunia.

15 agama terbesar di dunia | catatanadi.com
Nama Agama di Dunia

Tujuan dari tulisan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan seputar agama-agama yang ada sehingga para pembaca bisa lebih arif menyadari betapa luas dunia ini. Selain itu kami berharap hal ini mampu meningkatkan semangat toleransi sehingga dunia akan menjadi jauh lebih baik.


Daftar Isi:

Kami tidak menyusun tulisan ini berdasarkan agama dengan jumlah pemeluk terbesar ataupun dari agama yang paling tua/awal. Kami menyusunnya secara random atau acak. 

Kristen (Penganut : 2.4 Miliar)


Ilustrasi salib Yesus di bukit Golgota | catatanadi.com
Simbol agama Kristen : salib

Kristen adalah agama yang berasal dari Timur Tengah, khususnya tanah Israel. Agama Kristen berpusat pada kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sehingga bersifat Monoteistik. 

Selain itu agama Kristen pada umumnya percaya bahwa Yesus adalah Anak Tuhan dan Sang Juru Selamat atau Mesias.

Kitab Suci umat Kristen disebut Bible atau Injil. Sedang dalam Bahasa Indonesia dinamakan Alkitab. Alkitab sudah diterjemahkan ke dalam banyak sekali Bahasa Nasional maupun bahasa lokal di nusantara. 

Pada umumnya pemeluk Kristen beribadah di Gereja, Kapel, Biara, Katedral ataupun pusat ibadah lainnya pada hari Minggu. 

Beberapa hari suci umat Kristen antara lain adalah Natal, Paskah, Kenaikan Isa Almasih, Pentakosta dan beberapa hari penting lainnya yang berkaitan dengan Para Santo/Santa maupun Orang Suci.
Agama Kristen mengenal Surga untuk orang yang percaya Yesus sebagai Penebus Dosa dan neraka bagi mereka yang melakukan banyak dosa. 

Agama Kristen mengalami penyiksaan, penindasan dan persekusi yang cukup hebat sepanjang masa. Mereka dianiaya orang Yahudi di Timur Tengah, Kerajaan Romawi di Eropa dan beberapa pemerintahan nasional yang tidak menyukai perkembangan agama Kristen.

Agama Kristen menyebar dari Jerusalem di Israel menuju Asia Kecil, Eropa dan Amerika. Kini hampir semua negara memiliki penganut Kristen, meskipun ada yang menganutnya dengan sembunyi-sembunyi. 

Agama Kristen merupakan agama terbesar di dunia. Basis pemeluknya terutama ada di Amerika Latin, Karibia, Amerika Utara, Eropa Barat, Eropa Timur, Skandinavia, Balkan, Australia, Pasifik, dan beberapa negara di kawasan Timur Tengah, Asia Tenggara serta Afrika. 

Agama Kristen memiliki tingkat keberagaman yang sangat tinggi. Ada berbagai mazhab dan aliran di dalam Agama Kristen, antara lain Lutheran, Katolik, Ortodoks, Anglikan, Mormonisme, Saksi Yehuwa, Reformed, Adventis, Babtis, Mennonite, dan masih banyak lagi. 

Untuk mengetahui beberapa fakta dan tulisan menarik seputar agama Kristen, silahkan berkunjung ke kategori Kristen yang ada di situs ini. 

Sebagian besar orang Kristen menganggap Yerusalem di negara Israel sebagai kota suci. Banyak orang berziarah ke beberapa tempat lainnya selain Israel, antara lain Perancis, Italia, Mesir, Lebanon atau Siria. 


Untuk mengetahui lebih lanjut tentang agama Kristen, silahkan baca beberapa referensi berikut :

Islam (Penganut : 1.9 Miliar) 

Foto Kabah di Mekah | catatanadi.com
Foto Ka'bah

Islam adalah agama terbesar  dunia setelah Kristen sekaligus agama dengan perkembangan paling pesat dalam kurun waktu seribu tahun terakhir. 

Pemeluk agama Islam disebut umat muslim. Agama Islam adalah agama yang berfokus pada kepasrahan penuh terhadap tuhan orang Islam yang disebut Allah melalui peraturan, syariat dan hukum yang diberikan melalui perantaraan Muhammad. 

Islam memiliki banyak nabi, namun yang paling utama adalah Muhammad. Nabi Muhammad adalah nabi terakhir dalam agama ini. 

Kitab suci umat Islam disebut Alquran. Selain Alquran, pada umumnya umat muslim juga berpegang pada hadist-hadist. 

Islam mengenal Syariat Islam. Ada beberapa negara di dunia yang bisa disebut sebagai negara Islam. Beberapa diantaranya adalah Arab Saudi, Iran, Uni Emirat Arab, Yordania, Malaysia, Qatar, dll. 
Islam berkembang dengan sangat pesat, khususnya ketika pasukan muslim berhasil menghancurkan Romawi Timur yang berada di Turki. 

Romawi Timur yang beragama Katolik Ortodoks kemudian dikuasai dan menjadi bagian dari kekhalifahan Islam. 

Selain itu Islam juga beberapa orang mengatakan Islam berkembang melalui perdagangan. Inilah faktor penyebaran agama Islam di Indonesia, Cina, dan Malaysia yaitu melalui hubungan dagang. 

Umat Islam percaya pada surga dan neraka. Mereka juga memiliki daftar malaikat beserta tugasnya masing-masing.

Basis Islam khususnya adalah di Timur Tengah, Afrika Utara, Afrika Dalam, Asia Tenggara, Asia Utara, Balkan dan Eropa Timur. 

Tempat ibadah umat Islam disebut mushala, masjid atau surau. Kota suci agama Islama adalah Mekah dan Medinah. Keduanya berada di negara Saudi Arabia. 

Islam terdiri dari beberapa mazhab dan aliran. Dua aliran yang paling populer adalah Islam Sunni dan Islam Syiah. Baca juga artikel tentang daftar negara berpenduduk Muslim lengkap terbesar di Dunia terbaru. 


Hindu (Penganut : 1.16 Miliar)

Patung Dewa Siwa berukuran besar | catatanadi.com
Siva, Dewa Hindu

Hindu adalah agama yang berasal dari India dan berpusat pada kitab suci Veda. Ada banyak sekali varian dan mazhab dalam agama Hindu.

Pada jaman dahulu, Hindu merupakan agama utama di seluruh anak benua India, Indocina, Indonesia dan wilayah lainnya. Meski demikian, kini Hinduisme juga menyebar ke berbagai penjuru dunia, seiring dengan penyebaran penganutnya serta makin banyaknya orang yang tertarik dengan ajarannya.

Ada banyak dewa dan dewi dalam agama Hindu. Banyak orang mengatakan Hindu adalah agama politeisme karena mengenal banyak dewa. Sebagian lagi menyebut Hindu merupakan agama monoteisme karena dewa-dewi tadi berasal atau merupakan pancaran dari Tuhan Yang Maha Esa. 

Hanya Kristen yang mampu menandingi tingkat keberagaman dalam Hindu. Umat Hindu mengenal banyak sekali dewa lokal serta filsafat setempat. Maka jangan heran jika Hindu Bali berbeda dengan Hindu di India. Atau Hindu di Srilanka berbeda dengan Hindu di Nepal. 

Basis agama Hindu adalah di India, Nepal, Bhutan, Bali (Indonesia), Srilanka dan beberapa wilayah di Bangladesh maupun Myanmar. Meski demikian, mulai banyak orang Eropa dan Amerika yang tertarik terhadap ajaran Hindu. Lebih lengkapnya silahkan baca daftar negara dengan umat Hindu terbesar di dunia. 

Tempat ibadah orang Hindu adalah di Pura atau kuil. Mereka juga punya ruang atau tempat khusus di rumah masing-masing untuk melakukan puja. 

Umat Hindu identik dengan Dharma, Karma, yoga, reinkarnasi, dan pemujaan. Mereka sangat menghormati hewan sapi dan beberapa hewan lainnya. 

Hari raya umat Hindu antara lain adalah Diwali, Holi dan Navratri. Umat Hindu Bali juga merayakan Kuningan, Galungan dan Tahun Baru Saka. 

Kota suci umat Hindu antara lain adalah Benares, Ayodha, Kancipuram, Puri, Ujjain dan Dwarka. Beberapa kota di Srilanka juga dianggap penting bagi umat Hindu. 


Buddha (Penganut : 500 Juta)

Patung Buddha berukuran raksasa | catatanadi.com
Patung Buddha

Buddha adalah agama yang lahir dari ajaran Hinduisme. Tidak seperti agama Hindu, di Buddha tidak mengenal kasta atau pembagian strata sosial.

Agama Buddha berpusat pada pengajaran Siddharta Gautama. Jadi bisa dikatakan bahwa agama Buddha juga berasal dari India.

Meski berasal dari India, Buddha justru tersebar dan mengakar dengan baik di kalangan orang Cina, Jepang, Thai, Korea maupun Asia lainnya.
Kitab suci agama Buddha disebut Tripitaka. Meski demikian, beberapa mazhab Buddha juga memiliki kitab-kitab sucinya masing-masing. 

Negara yang banyak menganut agama Buddha antara lain adalah Korea Selatan, Jepang, Cina, Taiwan, Singapura, Kamboja, Thailand, Vietnam, Myanmar, Tibet dan Mongol. 

Beberapa orang menganggap Buddha adalah agama yang tidak mengenal tuhan namun berfokus pada ajaran moral. Sebagian lain tidak setuju dengan anggapan itu. 

Agama Buddha mengenal reinkarnasi sebagai perwujudan dari pemenuhan Dharma. Tujuan umat Buddha adalah Nibbana atau Nirvana, yakni terlepas dari perputaran reinkarnasi. 

Tempat ibadah umat Buddha disebut kuil, vihara, biara maupun kelenteng. Mereka terkadang berbagi tempat ibadah dengan penganut Taoisme dan Konghucu. 

Hari raya agama Buddha adalah Vesak atau Waisak. Sementara itu beberapa orang umat dari golongan Cina dan Cina Indonesia juga merayakan Lunar New Year atau Sinchia dengan bersembhayang di kuil maupun Vihara. 

Beberapa kota suci bagi umat Buddha antara lain adalah Lumbini, Kushinagar, Pivali, Sarnath, Bodhigaya, dan Nalanda. 

Sikh (Penganut : 26 Juta)

Foto penganut agama Sikh | catatanadi.com
Penganut Sikh

Sikh adalah agama yang berasal dari India dan memiliki kemiripan dengan Hinduisme. Banyak orang mengatakan Sikh adalah perpaduan antara Islam dan Hindu, namun beberapa pakar tidak sependapat dengan hal ini. 

Agama Sikh muncul di India pada sekitar abad 14. Pencetusnya bernama Guru Nanak yang juga dianggap setara dengan nabi utama Sikh. Kitab suci umat Sikh disebut Guru Granth Sahib. Tuhan orang Sikh disebut Waheguru. Sikh adalah agama monoteis. 

Orang Sikh sangat mudah dikenali dari nama, properti dan asesoris yang mereka pakai, yakni berupa pedang dan ikat kepala. 

Ajaran Sikh mengutamakan keadilan, persamaan dan kebaikan. Seperti orang Hindu dan Buddha, mereka juga percaya pada reinkarnasi. 

Tempat ibadah umat Sikh adalah kuil dan Gurdwara. Namun sering orang Sikh juga bersembhayang di tempat ibadah umat Hindu. 

Sedang kota suci umat Sikh bernama Amritsar. Daerah yang paling banyak memiliki populasi penganut umat Sikh adalah Punjab, India. 

Khonghucu

Orang Konghucu
Umat Konghucu 

Khonghucu atau Khonfuse adalah suatu agama yang lahir dan berkembang di Cina lalu menyebar ke seluruh dunia. Agama Khonghucu merupakan perkembangan dari ajaran Konfusianisme dari sejak 2000 SM di daratan Cina

Tuhan Agama Khonghucu disebut Huang Ti. Nabi orang Khonghucu adalah Kongzi. Agama Khonghucu mempercayai adanya Tao/Dao yaitu sistem keteraturan yang mengatur alam semesta. Umat Khonghucu selalu berusaha untuk hidup selaras dengan Dao. 

Ada beberapa kitab suci agama Khonghucu, yakni Lun Yu, Chun Qiu, Yue Ji, Li Ji, Yi Jing, Shu Jing, dan Shi Jing. Tempat ibadah umat Khongucu adalah kuil, kelenteng dan Vihara Tri Dharma. Sempat dibatasi, kini Konghucu adalah salah satu dari enam agama yang diakui di Indonesia.

Pada umumnya Imlek dianggap sebagai hari perayaan suci umat Khonghucu, namun berdasarkan artikel dari Novi Basuki yang dimuat Historia, perayaan itu adalah sebuah selebrasi dari kaum tani di Cina kuno dan sudah berlangsung sejak lama jauh sebelum kelahiran nabi Kongzi.

Lebih lanjut, Novi Basuki yang adalah mahasiswa di Universitas Sun Yat Sen mengatakan bahwa Imlek bukan monopoli satu agama saja, melainkan sebuah perayaan tahun baru juga baru mereka yang bukan pemeluk Khonghucu. 

Jainisme (Penganut : 4.2 Juta)

Penganut agama Jain
Ritual umat Jainisme

Jain atau Jainisme adalah agama yang lahir dan berkembang di India. Agama ini mengutamakan dharma, perbuatan baik dan perdamaian. Kitab suci agama Jain adalah Siddhanta. Kuilnya terkenal indah dan berseni. Mereka terbiasa beribadat di kuil atau candi. 

Agama Jaina atau Jain punya simbol suci swastika. Ini adalah agama yang hadir lebih dahulu dari Buddha. Pencetusnya bernama Mahavira. Selain itu dalam Jain mengenal sosok Tirthankara. 

Jainisme tidak mengenal tuhan atau mahadewa secara personal dan menyembahnya. Mereka juga tidak menyembah dewa-dewa seperti orang Hindu menyembah dewa. 

Yahudi (Penganut : 15 Juta)

Foto orang Yahudi berdoa
Foto wanita Yahudi

Yahudi atau Yudaisme adalah agama yang berbasis pada ajaran para nabi Ibrani. Agama Yahudi mempunyai kitab suci yang disebut Taurat dan Talmud. Tempat ibadahnya bernama sinagog.

Agama Yahudi jauh lebih tua daripada Kristen dan Islam. Banyak nabi Yahudi yang juga ada di Kristen dan Islam. Tetapi banyak ajaran dan nabi/rasul Kristen serta Islam yang tidak ada di dalam agama Yahudi. 

Agama Yahudi dipeluk oleh orang Israel. Meski demikian, ada banyak penganut Yahudi yang tinggal di Amerika Serikat, Eropa dan Australia. Biasanya mereka berdarah Ibrani. 

Yudaisme adalah salah satu dari nama-nama agama di dunia yang berkembang dan berakar dari budaya Arab-Semit. Bersama Kristianisme dan Islam, Yahudi sering disebut agama Abrahamik atau agama Timur Tengah. 

Agama Shinto (Penganut : 4 Juta)

Agama Shinto di Jepang
Kuil Shinto

Macam-macam agama di dunia juga bisa dibedakan menjadi agama lokal dan agama universal. Agama Shinto adalah suatu agama atau kepercayaan yang lahir dan berkembang di tengah masyarakat Jepang. 

Agama ini sangat kuno dan berkaitan dengan keselarasan antara manusia dengan alam semesta, khususnya hewan serta hutan dan gunung. 

Dalam bahasa Jepang, Shinto berarti adalah jalan menuju dewa. Dewa-dewa Shinto disebut Kami. Dewa atau Kami paling populer dan dianggap paling tinggi adalah Amaterasu alias Dewa Matahari.

Dulu, orang Jepang percaya Kaisar adalah keturunan Amaterasu. Tetapi semua perlahan berubah setelah Jepang dihancurkan tanpa ampun dan kini menjadi tunduk penuh kepada Amerika Serikat. Sejak saat itu pula pola keagaaman orang Jepang berubah. Kini mayoritas orang Jepang tidak beragama.

Selain Shinto, agama yang juga berkembang pesat di Jepang adalah Kristen dan Buddha. Shinto sendiri tidak mengenal dakwah, yakni mengajak orang untuk hijrah dan menjadi penganut Shinto. Agama ini lebih mirip sistem sosial dari tradisi Jepang dan sudah menyatu dengan masyarakat Jepang, walau mereka sekarang menuju sebuah negara ateis. 

Bahai (Penganut : 5 Juta)


Agama Bahai
Tempat Ibadah Bahai

Bahai adalah suatu ajaran agama yang muncul di Timur Tengah, khususnya Arab dan Persia. Agama ini lahir pada sekitar tahun 1863. 

Awal dari kelahiran Bahai adalah gerakan Bab. Salah satu penggeraknya adalah Bahaullah, salah seorang pejabat tinggi di pemerintahan Shiah Iran. 

Menurut pemahaman dan ajarannya, maka Bahai adalah agama monoteis dan berjuang untuk kesetaraan serta keselarasan umat manusia. 

Tempat ibadah Bahai disebut Masqirul Adhkar. Bahai juga mengenal ritual dan berdoa yang bisa dilakukan secara individu ataupun bersama-sama dalam waktu tertentu. 

Ada macam-macam agama di dunia yang berasal dari India dan Timur Tengah yang sayangnya banyak dari itu semua sudah punah atau tidak populer. Bahai adalah salah satu contohnya. 

Zoroastrian (Penganut : 2.6 Juta)

Simbol agama Zoroaster | catatanadi.com
Simbol Agama Zoroastrian

Zoroastrian adalah salah satu agama monoteis kuno yang lahir di Persia. Tuhan umat Zoroastrian disebut Ahura Mazda. Kitab suci umat Zoroastrian disebut Avesta. Nabi utamanya adalah Zoroaster. 

Zoroastrian erupakan salah satu dari macam-macam agama besar di dunia yang kini sedang mengalami keterpurukan. Dalam waktu seribu tahun terakhir, agama ini mengalami penurunan jumlah pengikut. 

Walau lahir di Iran, Zoroastrian justru berkembang di Amerika Serikat dan India. Ini karena pemerintah Iran tidak terlalu menyukai agama tradisional bangsa Persia tersebut.

Taoisme

Simbol agama Tao | catatanadi.com
Simbol Yin Yang

Asia kaya akan agama. Salah satu agama di dunia yang berasal dari Cina adalah Taoiosme. Meski demikian ada banyak orang yang menganggap Tao merupakan bagian dari kepercayaan tradisional Cina ataupun ajaran Khonghucu.

Dalam bahasa Cina, agama Tao disebut Dao Jiao. Umurnya sekrang sudah mencapai 7000 tahun dan tentu saja penganutnya kebanyakan orang Tiongkok. 

Jika meminjam kacamata orang Muslim, Kristen atau Yahudi, maka akan sangat sulit untuk menjawab pertanyaan siapa Tuhan agama Tao. Ini karena ajaran Tao bersifat panduan untuk menyelenggarakan pemerintahan yang baik, menjunjung tinggi budi pekerti dan sifat welas asih.

Tao sendiri adalah sumber dari segala sesuatu. Sedang nabi utamanya adalah Lao Zi dan Wang Di. Kitab utamanya adalah Daodejing. Salah satu konsep dalam Tao yang cukup terkenal adalah Yin dan Yang. 

Druze 

Belajar agama Druze | catatanadi.com
Umat Druze

Salah satu agama yang lahir di era modern adalah Druze. Agama Druze lahir dan berkembang di sekitar wilayah Lebanon, Palestina, Iran, Siria, Irak, dan lainnya. 

Banyak yang menganggap Druze masih berkaitan dengan Islam, khususnya Islam Syiah. Hal ini sebenarnya juga tidak mudah untuk dibuktikan.

Pendiri agama Druze adalah Muhammad Ad-darazi. Muhammad Ad-darazi bisa dikatakan adalah nabi agama Druze. menetapkan berbagai ajaran dan ketetapan bagi umat Druze. 

Kitab suci umat Druze adalah Al-hikmah. Orang Druze juga beribadah di kuil mereka sendiri. Di Lebanon, Israel dan Siria, Druze memiliki posisi politis yang cukup penting. 

Yazidi

Foto Seorang Wanita Yazidi | catatanadi.com
Wanita Yazidi

Salah satu agama paling tua di dunia adalah Yazidi. Meski demikian, bisa dikatakan agama ini mengalami perkembangan yang dinamis dan dipengaruhi oleh berbagai ajaran lain disekitarnya, seperti agama Dewi Mihtra, agama orang asli Arab, Zoroastrian hingga Islam.

Yazidi percaya pada satu Tuhan dan membuatnya menjadi salah satu agama monoteis yang cukup terpelihara meskipun diwariskan secara oral. 

Sosok penting dalam agama Yazidi adalah Tawusi Melek yaitu malaikat utama dan yang paling kuat. Pengikut Agama Yazidi sebagian atau bahkan seluruhnya adalah orang Kurdi, meski mayoritas Kurdi merupakan pemeluk Sunni. 

Druid

Komunitas penganut Druid modern | catatanadi.com
Ritual Druid

Druid adalah agama kuno yang dipeluk oleh orang-orang pribumi Eropa sebelum kedatangan Agam Kristen. Druid bisa dikatakan adalah agama rakyat Keltik dan bangsa-bangsa sekitarnya. 

Agama asli orang Eropa adalah Druid, Mitologi Yunani, agama paganisme Hun, Mitologi Viking dan Agama Slavia. Mengingat agama ini sudah sangat lama vakum maka bukanlah hal yang mengherankan jika semua orang kesulitan mendefinisikan ulang Druid, termasuk para aktivis Druid yang mulai bermunculan.

Ada beberapa versi Druid, yakni Druid monoteis yang percaya pada Roh Agung sebagai Tuhan Yang Maha Kuasa dan melampaui para dewa.

Druid Politeis percaya pada banyak dewa dan banyak Tuhan. Druid Pagan percaya Tuhan tidak berwujud personal melainkan melebur pada unsur-unsur semesta. 

Karena kerumitan ini, maka orang akhirnya menganggap Druid bukanlagi agama seperti yang dianut nenek moyang orang Inggris dan Irlandia dahulu, melainkan adalah sebuah jalan kebajikan atau cara hidup. 

Kesimpulan 

Dunia yang begitu luas ini dihuni oleh berbagai orang dari aneka latar belakang. Daftar agama di atas tentu tidak mencakup nama-nama agama di seluruh dunia, khususnya agama minor seperti Kejawen, Dao Dao ataupun Shamanisme. Terlebih banyak agama yang kemudian 'turun kasta' menjadi hanya mitos dan dongeng.

Perkembangan selanjutnya, justru jumlah ateis meningkat pesat dalam kurun waktu 100 tahun terakhir ini. Perkembangan manusia yang tidak lagi percaya dengan agama juga meningkat. Mereka biasa disebut agnostik. 

Apa perbedaan ateis dan agnostik? Benarkah ateis dan agnostik juga berkembang pesat di Timur Tengah? Anda bisa membacanya pada artikel-artikel berikut : 

Terima kasih sudah membaca. Silahkan tinggalkan opini dan pendapat Anda di kolom komentar. Kami akan dengan senang membacanya. 

Bacaan Pilihan : 

Sumber Gambar : 

  • Berbagai agama oleh @8moments dari unsplash.
  • Salib Yesus di Golgotha oleh dancingtogod.com
  • Kabah di Mekah oleh aa.com.tr
  • Patung Dewa Siwa oleh simple.wikipedia.org
  • Patung Buddha oleh indiatimes.com
  • Penganut Sikh oleh sikhnet.com
  • Seorang Wanita Tionghoa oleh Dreamstime
  • Umat Jain Sedang Berdoa oleh Darululoomtt
  • Wanita Yahudi Beribadah di Tembok Ratapan oleh My Jewish Learning 
  • Kuil Shinto di Jepang oleh Japan Today
  • Salah satu kuil Bahai di Oak Park oleh Opbahai.org
  • Simbol Zoroaster oleh learnreligions.com
  • Simbol ajaran tao oleh Taoism China
  • Seorang Bocah Druze dan Gurunya oleh The Spirit of the Scripture.
  • Wanita Yazidi oleh Middle East Eye
  • Komunitas Druid Modern oleh Reuters

Referensi : 

  • The History of Christianity oleh Britannica.com
  • The Fall of the Roman Empire and the Rise of Islam oleh The Guardian
  • What is Islam? oleh ISBCC
  • Hinduism : Origin, Facts and Believes oleh History.com
  • Do Buddhist Believe in God oleh Urbandharma.com
  • Asal-usul Agama Kaum Sikh oleh Deutsche Welle
  • Mengenal Agama Sikh, Perpaduan Islam dan Hindu oleh Lontar.Id
  • Benarkah Khonghucu Memerintahkan Merayakan Imlek, oleh Historia
  • Sejarah Agama Khonghucu oleh Matakin.or.id
  • Judaism : Founder, Beliefs and Facts oleh History.com
  • Shinto oleh Japan-guide.com
  • What Bahai's Believe oleh Bahai.org
  • Zoroastrianism oleh ancient.eu
  • Sejarah Agama Tao oleh Tionghoa.info
  • Druze oleh IFCJ.Org
  • Who Are The Yazidis oleh National Geographic. 
  • Druid Beliefs and Religion Druidry.org

Call to action : 

Semoga dengan membaca artikel ini maka semangat kita untuk mempertebal rasa toleransi dan persatuan semakin baik. Silahkan bagikan ke media sosial atau aplikasi pesan. Dengan demikian Anda turut membantu situs Catatan Adi agar terus berkembang. 

Semoga selalu sukses. Baca juga macam-macam kepercayaan dan agama asli Indonesia. Terima kasih sudah membaca tulisan tentang macam macam agama di dunia beserta ciri khasnya ini. 
Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Posting Komentar untuk "Macam-Macam Agama di Dunia Beserta Sejarah dan Ciri Khasnya"